Investasi Jangka Panjang Menguntungkan untuk Finansial Masa Depan

Saungfrimware.id Banyak orang lebih memilih melakukan investasi jangka panjang, terutama bagi investor pemula. Metode menabung jenis ini cocok bagi kamu yang tidak terburu-buru ingin mencairkannya dan tidak masalah bila menunggu dalam kurun waktu cukup lama.

Biasanya dana yang dijadikan investasi sifatnya tidak terpakai. Maksudnya dana yang disisihkan setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Jadi, tidak menghambat terpenuhinya kebutuhan pokok saat dana tersebut digunakan untuk investasi.

Ada berbagai jenis investasi berjangka waktu panjang sebagaimana akan dibahas pada uraian berikut. Tapi sebelum itu, pahami terlebih dahulu pengertian dan tujuan dari jenis investasi satu ini.

Memahami Sekilas Tentang Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang merupakan sebuah produk investasi yang dilakukan dengan cara menanamkan aset atau modal dalam kurun waktu lama. Biasanya pencairan dilakukan sesudah lebih dari satu tahun.

Terkait pencarian menyesuaikan dengan jangka waktu yang sudah disepakati bila jenis instrumennya melibatkan pihak lain. Sedangkan bila diri sendiri yang menjadi pemegang penuh, biasanya menyesuaikan dengan target atau tujuan.

Sesuai dengan istilahnya, jenis menabung satu ini cocok untuk metode menyimpan dana masa mendatang. Hal ini karena keuntungan yang bisa diperoleh baru terasa dan dapat dinikmati sesudah bertahun-tahun disimpan.

Berbagai Tujuan Melakukan Investasi Berjenis Jangka Panjang

Setiap individu, saat melakukan investasi jangka panjang memiliki tujuan berbeda-beda. Tapi secara umum, seseorang yang menyisihkan dananya untuk investasi jenis panjang, mempunyai beberapa tujuan ini:

  1. Dijadikan dana simpanan khusus yang mampu memberikan keuntungan.
  2. Menginginkan profit atau keuntungan dalam jumlah besar.
  3. Mendapatkan keuntungan secara konsisten.
  4. Sebagai upaya mengendalikan perusahaan dengan adanya kepemilikan modal.
  5. Mendapatkan pendapatan pasif pada kurun waktu tertentu, seperti deviden, bunga, royalti maupun dana sewa.
  6. Mengalokasikan dana untuk kebutuhan khusus di masa mendatang, seperti pendidikan, pensiun serta pernikahan.
  7. Untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya berkelanjutan dalam kurun waktu panjang.
  8. Bagi pemilik bisnis, ada yang menjadikannya sebagai aset supaya ketersediaan bahan baku produksi selalu terjamin.
Baca Juga  Pentingnya Skala Prioritas Keuangan dalam Kehidupan Sehari-hari

Inilah Beberapa Jenis Investasi Jenis Jangka Panjang Penting Diketahui

Bagi kamu yang berminat melakukan investasi dalam jangka waktu panjang, ketahui terlebih dahulu beberapa jenisnya. Hal ini akan membantu memudahkan dalam memilih instrumen terbaik. Inilah beberapa jenisnya yang penting diketahui:

  1. Properti

Jenis investasi jangka panjang pertama adalah properti. Seperti kita tahu bangunan dan tanah dari tahun ke tahun selalu mengalami pertambahan harga dengan nilai cukup tinggi. Kisaran persentase peningkatannya mencapai 20% setiap tahun.

Tapi memang untuk memiliki aset properti kamu memerlukan dana tidak sedikit alias membutuhkan modal besar. Untuk membelinya, perlu budget ratusan juta bahkan miliaran. Dengan modal besar, sebanding dengan keuntungan yang diperoleh juga besar.

  1. Emas

Salah satu instrumen yang banyak dijadikan pilihan dan umum ditemui di masyarakat adalah emas. Menabung dalam bentuk emas sudah populer sejak dulu bahkan hingga sekarang.

Harga emas cenderung stabil, sehingga menguntungkan untuk penyimpanan jangka waktu panjang. Akan semakin mahal harga emas seiring dengan semakin tingginya tingkat inflasi. Dibandingkan properti, harga emas jauh lebih terjangkau.

  1. Reksa Dana

Jenis investasi jangka panjang berikutnya yang sekarang ini sedang marak digunakan adalah reksa dana. Sistem reksa dana, investor menyetorkan modal sejumlah tertentu. Nantinya setoran modal ini akan dikelola oleh pihak manajer investasi.

Instrumen dalam reksa dana biasanya mencakup pasar uang, obligasi, saham dan lain-lain. Reksa dana cocok dijadikan pilihan bagi pemula karena para investor penanam modal tidak perlu bingung mengelolanya secara mandiri.

Mengenai jangka waktu reksa dana supaya memperoleh keuntungan optimal bervariasi, ada yang pendek, menengah hingga panjang. Terkait jangka waktu ini menyesuaikan dengan produk yang dibeli.

Baca Juga  Instrumen Investasi Paling Aman untuk Pegawai Gaji UMR

Reksa dana pendapatan tetap memiliki kurun waktu 1 hingga 3 tahun. Sedangkan jangka waktu paling lama adalah varian saham, yaitu sekitar 5 tahun. Untuk reksa dana campuran, jangka waktunya 3 hingga 5 tahun.

  1. Saham

Jenis investasi jangka panjang yang dari dulu sampai sekarang masih marak dijadikan opsi bagi para investor yaitu saham. Saham merupakan surat berharga sebagai bukti kepemilikan aset atau perusahaan yang mengeluarkan saham bagi pemilik modal.

Saham memiliki banyak peminat, terutama investor yang sudah berpengalaman di bidangnya karena memberikan profit lebih besar dibandingkan jenis instrumen lainnya. Potensi mendapatkan keuntungan memang tinggi, tapi risiko kerugiannya juga tinggi.

  1. Tabungan Berjangka

Mungkin masih jarang orang tertarik dengan tabungan berjangka. Padahal instrumen satu ini juga menawarkan keuntungan dengan jumlah lumayan. Caranya, kamu menabung selama jangka waktu tertentu secara rutin.

Sesudah jatuh waktu tempo, kamu baru bisa mencarikan dana tabungan tersebut dan menikmati profit sejumlah sesuai kesepakatan. Dibandingkan jenis tabungan lain, bunga yang ditawarkan oleh instrumen satu ini cukup tinggi.

  1. Obligasi

Jenis investasi jangka panjang terakhir bisa dijadikan alternatif pilihan adalah obligasi. Obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan pemilik utang untuk kemudian diperjual balikan kepada masyarakat.

Masyarakat dimaksud dalam hal ini yaitu pihak pemberi piutang atau pinjaman. Jadi, nantinya mereka akan berperan sebagai pemegang obligasi. Terkait jangka waktu obligasi mulai dari 1 hingga 10 tahun.

Obligasi in memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak, yakni perusahaan dan investornya. Perusahaan berpeluang mendapatkan modal untuk meningkatkan bisnis dari piutang. Sedangkan investor menjadikannya sebagai instrumen menguntungkan.

Beragam Tips Investasi Berjangka Waktu Panjang Agar Mendapatkan Keuntungan Optimal

Supaya investasi jangka panjang yang dilakukan memperoleh keuntungan optimal, tidak bisa di eksekusi dengan sembarangan. Inilah beragam tips bisa kamu coba terapkan supaya penanaman modal menghasilkan keuntungan optimal:

  1. Memahami Instrumen yang Akan Dipilih
Baca Juga  Pentingnya Investasi Jangka Pendek bagi Para Pegawai UMR

Sebelum membeli, pahami dengan baik karakteristik instrumen investasi yang akan dipilih. Mulai dari sistem profit yang diterapkan, risiko kerugian, legalitas, pengelolaan dana dan informasi penting lainnya sebagai bahan pertimbangan.

Pastikan bahwa instrumen yang kamu pilih memang terpercaya dan sudah diawasi oleh lembaga pemerintah. Hal ini mengingat semakin lama semakin banyak tawaran investasi bodong bermunculan.

  1. Bersabar

Tips selanjutnya, diharapkan untuk bersabar karena investasi jenis ini jangka waktunya panjang. Kamu tidak bisa mencarikan dalam kurun waktu dekat bila menginginkan keuntungan besar. Bila dicarikan dalam waktu dekat, berpotensi menimbulkan kerugian.

  1. Memahami Kondisi serta Kebutuhan Pribadi

Ketika melakukan investasi jangka panjang, pahami kondisi serta kebutuhan pribadi terlebih dahulu. Jangan sampai karena hanya ingin mengikuti trend, mengabaikan terpenuhinya kebutuhan pokok beserta dana darurat.

Anggarkan atau alokasikan dana khusus untuk investasi sesudah seluruh kebutuhan pokok terpenuhi dengan baik. Sebaiknya pilih jenis instrumen menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan, bukan sekadar asal pilih.

  1. Memakai Strategi

Tips terakhir, gunakan strategi dalam pengelolaan dana supaya menghasilkan keuntungan maksimal. Mengenai strategi menyesuaikan dengan target dan tujuan investasi. Dalam hal ini pengetahuan penting dimiliki, bila perlu kamu bisa berkonsultasi dengan ahlinya.

Bagi kamu yang tertarik melakukan investasi berjangka waktu panjang, jangan asal langsung membuat keputusan, pertimbangkan berbagai aspek. Sebab, walaupun investasi jangka panjang memberikan keuntungan besar, kebutuhan pokok sehari-hari tetap penting diutamakan.

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment