Instrumen Investasi Paling Aman untuk Pegawai Gaji UMR

Saungfrimware.id Di internet cukup banyak dibahas apa saja instrumen investasi paling aman namun terlalu luas sifatnya. Kami di sini akan menjelaskan secara spesifik apa saja yang cocok bagi mereka dengan pendapatan minimum daerah.

Sehingga nantinya Kamu tetap bisa melakukan investasi untuk masa depan meskipun gaji pas-pasan. Pada kesempatan ini kami memberikan empat opsi paling tepat yaitu deposito, reksadana, emas,dan bluechip.

Keempat instrumen tersebut sudah terbukti paling aman dan tepat bagi para pemula dan juga minim modal. Jadi jangan khawatir dengan mengikuti informasi dari kami nanti Kamu bisa melakukannya sendiri.

Baca Juga : Trik Manajemen Keuangan Bisnis atau Usaha Paling Sukses

Tidak terlalu sulit sebenarnya ketika hendak mengawali berinvestasi pada beberapa instrumen tadi. Kita hanya perlu tahu lebih dalam sehingga mampu mempersiapkan rencana anggarannya secara optimal.

Karena salah satu aspek paling penting sebelum kita berinvestasi adalah mengetahui instrumennya. Tanpa mengenali sebuah aset tentu akan sulit mengetahui seperti apa keuntungan yang bisa kita ambil.

Deposito Jadi Opsi Investasi Paling Aman

Sebenarnya deposito adalah salah satu jenis yang paling tidak optimal digunakan berinvestasi. Namun mengapa masuk dalam list dan ulasan ini alasannya adalah melatih manajemen keuangan secara tepat.

Jadi ini merupakan sebuah bentuk tabungan berjangka yang membuat kita tidak bisa seenaknya mengambil uang. Dengan begitu akan terbentuk mental bahwa nominal yang diinvestasikan memang tidak bisa seenaknya dicairkan.

Bagi para pemula yang belum pernah melakukan investasi sama sekali kami sarankan mencoba deposito dulu. Memang hasilnya tidak seberapa namun dalam satu sampai dua tahun akan cukup mengubah mentalitas keuangan.

Sebagai salah satu instrumen investasi paling aman memang kita tidak akan pernah rugi ketika menggunakan deposito. Kecuali jika negaranya hancur dan bank negara rusak kemungkinan ini bisa rugi.

Ketika situasinya normal seperti kehidupan beberapa dekade terakhir ini dapat kita lihat fluktuasi dalam deposito relatif stagnan. Adapun perubahan hanya nol koma sekian persen saja sehingga dampaknya insignifikan.

Baca Juga  Ketahui Cara Hapus Baground Foto Secara Online dengan Mudah

Dari segi gain sendiri dalam satu tahun paling efektif kita hanya bisa mengambil untung sekitar delapan persen. Memang tergantung pada bank digunakan menyimpan tabungan depositonya.

Namun secara umum delapan persen adalah keuntungan kita setiap tahun terhitung dari nominalnya. Misalnya kita menyimpan uang sepuluh juta maka keuntungan setiap tahunnya adalah delapan ratus ribu.

Jadi jika ada teman Kamu yang berkata dengan deposit bisa dapat setiap bulan berapa puluh ribu. Kita hitung saja berapa nominal ditabungkan pada rekening tersebut, semakin banyak tentu bulanannya juga menggiurkan.

Oleh karena itu tidak ada salahnya menggunakan deposito sebagai opsi investasi paling aman. Terutama jika Kamu sebelumnya belum pernah sama sekali melakukan investasi jangka panjang.

Investasi Paling Aman dan Menguntungkan Ambil Reksadana

Banyak orang tidak mengetahui apa sebenarnya reksadana sehingga malas menjadikannya instrumen ketika berinvestasi. Pada dasarnya reksadana adalah sebuah pengelolaan uang milik masyarakat umum.

Semua uang tersebut kemudian ditampung oleh seorang pengelola profesional untuk kemudian disebarkan pada beberapa aset. Tentu saja profil risiko aset tempat menanam modal juga cukup moderat.

Sehingga masih masuk kriteria investasi paling aman bagi para investor pendatang baru. Di era modern seperti sekarang ada banyak platform yang mendukung aktivitas reksadana bagi setiap orang.

Bahkan sudah ada aplikasi android yang dapat kita gunakan sebagai salah satu platformnya. Oleh karena itu opsi ini dapat dijadikan referensi paling mudah dengan keuntungan lebih besar dari deposito.

Dalam satu tahun biasanya ketika kita bermain reksadana bisa memperoleh profit antara sembilan sampai dua belas persen. Tentu saja nominal tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan deposito.

Bahkan jika Kamu merasa sedikit liar silahkan ambil reksadana pasar uang yang hasilnya lebih besar lagi. Jadi dalam satu tahun seseorang bisa mendapatkan keuntungan belasan persen dari modal awalnya.

Baca Juga  Tips Mudah Menabung untuk Karyawan Gaji UMR

Reksadana sendiri menjadi salah satu investasi paling aman dilakukan oleh siapa saja. Jadi Kamu bisa bebas mencoba tanpa khawatir kehilangan dana terlalu dalam sehingga mengakibatkan kebangkrutan.

Sekarang pengawasan dalam pengelolaan reksadana sudah lebih ketat sehingga tidak seperti pada tahun dua ribuan dulu. Sekarang hanya para broker profesional dan bersertifikat saja boleh mengelolanya.

Hal tersebut tentu saja dapat menjamin para penanam modal untuk memperoleh keuntungan secara konsisten. Signifikan mungkin tidak terlalu namun konsistensinya relatif bagus dilakukan.

Apakah Emas Masih Menjadi Instrumen Investasi Paling Aman

Banyak orang selalu merekomendasikan emas dalam berinvestasi karena paling aman. Namun apakah sekarang masih sama seperti itu atau justru harus menghindari instrumen ini terutama bagi investor dana rendah.

Sebenarnya ketika kita berbicara terkait emas sebagai instrumen investasi paling aman tentu saja benar. Namun masalahnya adalah lambatnya pertumbuhan dana dan tendensi terjadi penurunan harga juga sering terjadi.

Belum lagi kita harus menentukan waktu kapan membeli emas pada saat harga paling rendah. Jika dijadikan instrumen jangka panjang sepuluh tahun lebih tentu saja bagus karena nilainya sangat stabil.

Namun ketika Kamu ingin mulai menuai hasilnya dalam lima sampai delapan tahun sepertinya ini belum terlalu terasa. Oleh karena itu lihat dulu seperti apa kebutuhannya apakah untuk pensiun atau sekedar ingin mencari profit.

Memang pertimbangannya cukup dalam ketika kita ingin mengawali berinvestasi menggunakan emas. Karena dalam lima sampai sepuluh tahun lagi belum tentu terjadi lonjakan nilai setinggi seratus persen.

Ketika kita melihat dua dekade sebelumnya memang terjadi lonjakan tajam harga jual emas menjadi dua kali lipat. Namun sekarang grafik harga sudah menunjukkan stabilitas sehingga belum tentu bisa mendapatkan profit besar.

Apabila hanya menjadikannya sebagai investasi paling aman tentu ini adalah opsi paling tepat. Emas masih kuat melawan nilai inflasi pasar sehingga optimal digunakan menjaga value dari sebuah kekayaan.

Baca Juga  Cara Mencari Penghasilan Tambahan di Luar Pekerjaan

Namun ketika kita menginginkan value tersebut naik sayang sekali emas bukan opsi paling bijak. Lebih baik gunakan reksadana atau deposito saja karena pertambahan nilainya relatif signifikan.

Emas dalam kurun waktu satu tahun belum tentu bisa memberikan keuntungan bagi kita. Bahkan jika membeli hanya sedikit kemungkinan beberapa tahun awal akan mengalami penurunan harga.

Meraup Untung dari Investasi Paling Aman Menggunakan Saham Blue Chip

Salah satu keuntungan menjadi warga negara Indonesia adalah kita memiliki cukup banyak opsi blue chip. Ini adalah saham yang nilainya memang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Jika begitu bukankah akan banyak orang berburu blue chip sebagai instrumen pilihannya. Tentu saja tidak, karena perlu Kamu ketahui kenaikan dari blue chip ini tidak setinggi bayangan banyak orang.

Secara umum value dari saham blue chip ini biasanya hanya sekitar dua sampai dua setengah kali dari deposit. Ingat menaikkan value sebuah saham setiap tahun itu bukan perkara mudah.

Jadi bisa konsisten naik antara lima sampai belasan persen setiap tahun saja sudah cukup bagus. Kami sarankan para pemula menggunakan saham blue chip sebagai opsi berinvestasinya.

Karena potensi kerugian kita memang sangat rendah disini dan bisa dijadikan sebagai referensi pembelajaran. Seperti apa pergerakan pasar dan bagaimana harus merespon gerakan tersebut.

Saham blue chip sendiri biasanya identik dengan perusahaan besar di Indonesia yang mampu memonopoli keuangan. Jadi kita bisa yakin bahwa value dari korporasi tersebut setiap tahun memang selalu naik.

Untuk kebutuhan lima sampai sepuluh tahun saham blue chip menjadi salah satu opsi paling tepat. Jadi jangan bingung lagi mencari instrumen investasi paling aman referensi tadi dapat menjadi referensi tepat.

Leave a Comment