Mengenal Tentang Aplikasi Facebook Watch Beserta Fiturnya

Aplikasi Facebook Watch merupakan salah satu bagian dari Facebook. Ya, Facebook Watch ini menampilkan beberapa video-video pendek yang dibuat dan didistribusikan oleh para konten kreator. Sekilas, Facebook Watch ini mirip dengan tampilan pada aplikasi Youtube Short.

Hanya saja, letak perbedaannya ada pada fitur yang disediakan oleh developer aplikasi. Dan perlu kamu ketahui, para konten kreator ini bisa mendapatkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan pada video Facebook Watch.

Baca Juga : Ini Dia Aplikasi Skincare Terbaik, Cewek Wajib Tahu!

Jadi, kamu bisa memonetisasi akun Facebook dengan adana fitur Watch tersebut. Akan tetapi, ada beberapa syarat untuk bisa memonetisasi akun Facebook Watch. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara memonetisasi akun Facebook Watch hingga berhasil memperoleh pendapatan.

Dan kemudian, kamu juga perlu memahami apa saja fitur-fitur yang tersedia di Facebook Watch. Dengan begitu, maka kamu bisa menjadi seorang konten kreator handal dengan pendapatan tertinggi di Facebook Watch.

Mengenal Tentang Aplikasi Facebook Watch

Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Lebih dari 10 juta pengguna aktif ini mengoperasikan aplikasi Facebook setiap harinya. Dan kini, banyak panel-panel tambahan yang disediakan oleh aplikasi Facebook.

Salah satunya adalah aplikasi Facebook Watch. Ya, Facebook Watch ini merupakan salah satu panel yang dikembangkan untuk dapat bersaing dengan aplikasi kompetitor, seperti Youtube maupun TikTok.

Facebook Watch merupakan salah satu panel yang berisikan tentang konten video dari para konten kreator. Konten kreator yang kreatif akan memproduksi serta membagikan video kepada para pengguna.

Setelah itu, pengguna bisa memberikan tanggapan berupa menyukai video, menanggapi dengan berkomentar, serta membagikan tayangan video kepada pengguna lainnya. Oleh karena itu, Facebook Watch menjadi salah satu panel yang banyak diminati oleh pengguna.

Baca Juga  Cara Menambahkan Aplikasi di Indihome dengan Mudah

Nah, perlu kamu ketahui bahwa setiap member memiliki kesempatan untuk menjadi konten kreator Facebook Watch. Hanya saja, ada beberapa syarat serta ketentuan untuk bisa memonetisasi akun Facebook Watch hingga menghasilkan profit bagi para konten kreator.

Apabila kamu tidak memenuhi persyaratan dari Facebook, maka akun milik pribadi tidak dapat dimonetisasi. Dan kamu tidak mendapatkan profit dari penghasilan tayangan video di Facebook Watch.

Mengenal Fitur yang Tersedia di Aplikasi Facebook Watch

Setelah bergabung menjadi konten kreator, maka kamu bisa mengetahui apa saja fitur yang disediakan oleh pihak developer. Tentu saja, fitur-fitur yang tersedia pada Facebook Watch ini dapat memudahkan seorang konten kreator dalam memproduksi video.

Dan kemudian, kamu bisa membagikan video yang diproduksi ke berbagai halaman Facebook. Oleh karena itu, ini dia beragam fitur yang bisa diakses oleh para konten kreator di Aplikasi Facebook Watch. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Fitur Produksi Video

Fitur yang pertama adalah memproduksi video. Jadi, para konten kreator bisa membuat dan mengedit video melalui fitur tersebut. Tak perlu khawatir, fitur ini bisa kamu akses secara gratis.

  1. Fitur Monetisasi

Fitur yang kedua yakni monetisasi. Fitur ini berupa pemberitahuan bahwa akun Facebook milik pribadi telah memenuhi syarat atau tidak untuk dimonetisasi. Jika telah memenuhi syarat, maka kamu bisa memonetisasi tiap video yang diupload. Dan kamu bisa mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan.

  1. Fitur Insight Video

Fitur yang ketiga yaitu insight video. Fitur ini berisikan tentang data analisis video konten yang telah diupload pada aplikasi Facebook Watch. Artinya, para konten kreator bisa mendapatkan hasil dari video yang diunggah.

Umumnya, fitur ini berisikan tentang berapa lama konten video dilihat oleh pengguna. Berapa banyak komentar dari pengguna, hingga rata-rata usia pengguna yang melihat konten video dari konten kreator.

  1. Fitur Kelayakan Kreator
Baca Juga  6. 5 Cara Keluar dari Mode Aman Xiaomi Tanpa Perlu ke Tukang Service

Dan fitur yang keempat adalah kelayakan kreator dalam membuat konten video di Facebook Watch. Fitur ini menyajikan informasi bahwa kam bisa menggunakan fitur kolaborasi dengan sesama kreator maupun fitur monetisasi.

Apabila terdapat pelanggaran, maka fitur kelayakan kreator akan memberitahukan kepada kamu tentang peraturan yang dilanggar. Dan kamu bisa mengajukan banding kepada pihak Facebook agar fitur monetisasi dapat digunakan kembali.

Syarat dan Ketentuan untuk Monetisasi di Aplikasi Facebook Watch

Setiap konten kreator memang tidak serta merta dapat memonetisasi akun Facebook Watch. Sebab, Facebook selaku pemilik aplikasi menerapkan syarat untuk dapat memonetisasi akun Facebook Watch. Sehingga, para konten kreator wajib mematuhi syarat dan ketentuannya.

Jika tidak, maka akun Facebook Watch milik pribadi tidak bisa menghasilkan profit dari tayangan iklan video. Oleh sebab itu, ketahui apa saja syarat serta ketentuan yang berlaku agar akun bisa dimonetisasi pada aplikasi Facebook Watch.

Syarat dan ketentuan yang pertama, setidaknya kamu harus memiliki akun halaman dengan minimal pengikut sekitar 10.000 pengguna aktif. Syarat ini bersifat wajib dan mutlak. Jika tidak, maka kamu belum dapat memonetisasi akun Facebook.

Syarat dan ketentuan yang kedua, kamu harus membuat konten setidaknya 5 video dalam satu bulan. Jadi, kamu harus memproduksi video di Facebook Watch secara rutin agar akun bisa sesegera mungkin dapat dimonetisasi.

Syarat dan ketentuan yang ketiga, kamu harus mencapai 600.000 menit tayangan dalam 2 bulan ke depan. 600.000 menit tayangan ini termasuk video on demand, siaran langsung dari Facebook, serta video yang kamu kelola dari Facebook Bussiness Creator.

Syarat dan ketentuan yang keempat, pastikan wilayah tempat tinggal kamu masuk dalam cakupan aplikasi Facebook. Jika tidak, maka akun Facebook Watch juga tidak dapat dimonetisasi.

Baca Juga  Ini Dia Aplikasi Skincare Terbaik, Cewek Wajib Tahu!

Syarat dan ketentuan yang kelima, pastikan kamu tidak membagikan konten video yang berbau pornografi dan isu SARA. Jika melanggar, maka Facebook akan menutup akun kamu secara permanen. Jadi, kamu harus berhati-hati dalam memproduksi konten video untuk Facebook watch.

Keuntungan Menjadi Konten Kreator di Aplikasi Facebook Watch

Tercatat, ada beragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi seorang konten kreator di Facebook Watch. Sehingga, semakin hari semakin banyak member yang bergabung menjadi seorang konten kreator.

Keuntungan pertama yang bisa kamu rasakan sebagai konten kreator di Facebook Watch adalah mendapatkan profit dengan adanya iklan yang tayang pada video kamu buat. Ya, setiap iklan yang tampil pada video akan dibayar per tayangan.

Besaran profit juga tergantung CPM serta banyaknya viewers video. Semakin banyak yang melihat iklan pada video kamu, maka kamu bisa mendapatkan banyak profit dari aplikasi Facebook Watch.

Keuntungan yang kedua, kamu bisa saling berinteraksi dengan sesama konten kreator. Sehingga, kamu dapat belajar bagaimana cara monetisasi Facebook Watch dengan cepat dan aman.

Oleh karena itu, kamu dipersilahkan untuk bergabung dengan grup khusus yang berisikan sesama konten kreator Facebook Watch. Keuntungan yang ketiga, kamu bisa menggunakan fitur siaran langsung untuk meningkatkan jam tayang.

Ya, setiap konten kreator bisa menggunakan fitur siaran langsung guna mencapai syarat untuk monetisasi akun Facebook Watch. Jadi, kamu bisa melakukan siaran langsung gaming atau apapun sesuai dengan tema halaman Facebook yang dikelola.

Facebook Watch merupakan salah satu panel terbaru dari Facebook. Facebook Watch berisikan beberapa video dari konten kreator. Jadi, kamu bisa menjadi konten kreator dari aplikasi Facebook Watch untuk mendapat profit dari tayangan iklan.

Leave a Comment