Cara Menambahkan Aplikasi di Indihome dengan Mudah


Memiliki penerima sinyal dari Indihome, ternyata tidak hanya terbatas untuk menonton televisi lokal saja. Pengguna bisa juga menambahkan banyak aplikasi, misalnya menambahkan channel Youtube atau Play Store. Cara menambahkan aplikasi di Indihome pun sangat mudah, dan pasti bisa dilakukan oleh siapapun.

Cara Install Aplikasi di Indihome

Jika ingin menggunakan banyak aplikasi, tentu saja pengguna harus menginstalnya dulu ke Indihome. Tak perlu repot, karena langkah-langkahnya sangat mudah. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Download Aptoide

Tahap pertama yang dilakukan sebagai cara menambahkan aplikasi di indihome adalah dengan mengunduh aplikasi bernama Aptoide. Pengunduhan bisa dilakukan di mana pun, namun simpan file unduhan tersebut ke dalam flash disk.

File di dalam flashdisk tersebut nantinya yang akan digunakan untuk mengunduh berbagai aplikasi yang bisa dipasang di Indihome. Maka, pastikan unduhan Aptoide sudah selesai sempurna, sehingga proses berikutnya akan berjalan lancar.

2. Masuk Media Center

Sambungkan flashdisk ke port USB di STB Indihome, lalu nyalakan STB-nya. Akan ada beberapa waktu STB tersebut booting untuk masuk Useetv. Tekan “home” di remote dan masuk ke menu. Pada tampilan menu tersebut, pilih Media Center.

Media center ini akan menampilkan berbagai pilihan untuk pengguna, salah satunya adalah “APK”. Klik menu tersebut, atau jika belum menemukan, ketik menggunakan remote pada bagian pencarian. Selanjutnya, lakukan instalasi aplikasi Aptoide sampai terpasang sempurna.

3. Akses My Apps

Apabila proses pemasangan Aptoide sudah selesai, pengguna bisa kembali ke menu “home”. Bisa dilakukan dengan menggunakan tombol “back” di remote, atau menggunakan mouse dengan klik kanan dan pilih menu My Apps.

Pengguna akan melihat berbagai aplikasi yang ada sudah terpasang di Indihome sebagai bawaan STB. Misalnya iflix, Usee Travel, Use App Store, atau Edukids. Akses aplikasi Aptoide di My Apps, namun sebelumnya pastikan STB Indihome terkoneksi dengan jaringan internet yang baik. Koneksi internet STB ini harus menggunakan kabel LAN, tidak bisa menggunakan akses lainnya.

4. Install Aplikasi

Setelah Aptoide terpasang dan terbuka di My Apps, langkah berikutnya adalah ketikkan di kolom pencarian aplikasi yang akan diinstall atau ditambahkan di Indihome. Melalui cara ini, maka pengguna bisa menambahkan aplikasi apapun yang diinginkan ke STB Indihome, dan menikmatinya kapan pun.

Aplikasi Aptoide yang dipakai sebagai perantara download ini sebenarnya akan berfungsi sebagai Play Store di dalam smartphone. Aptoide memungkinkan pengguna menjelajah berbagai konten dan menemukan channel-channel keren secara gratis.

Syarat Menginstall Aplikasi Indihome

Menambahkan aplikasi ke Indihome memang mudah. Namun demikian, pengguna harus mengetahui dan memenuhi beberapa syarat berikut ini:

1. Koneksi Internet Lancar

Syarat pertama agar Indihome bisa ditambahkan berbagai aplikasi adalah koneksi internet. Pengguna harus menghubungkan STB Indihome dengan kabel LAN untuk mengakses internet. Gunakan paket internet yang bisa terakses oleh TV dan pastikan berjalan dengan jaringan yang baik.

2. Kapasitas STB Mencukupi

STB juga memiliki ruang simpan yang terbatas, layaknya RAM pada smartphone. Maka dari itu, sebelum memasang berbagai aplikasi, pastikan masih ada ruang yang mencukupi pada STB. Jika tidak, maka aplikasi juga tidak akan bisa terpasang dan dijalankan.

3. Biaya Aplikasi

Beberapa aplikasi seperti Vidio menerapkan biaya tersendiri yang dibebankan kepada pelanggan Indihome di luar paket bulanan. Maka sebelum menginstall aplikasi, pastikan semua ketentuan terkait aplikasi tersebut sudah dipahami, termasuk biaya yang harus dibayar tiap bulannya.

Mudahnya cara menambahkan aplikasi di indihome harus dibarengi dengan pemahaman tentang ketentuan yang berlaku. Terutama, terkait dengan biaya tambahan yang mungkin dibebankan kepada pengguna.