Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyebab dan Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Untuk Semua Provider

Ulasan ini akan menjelaskan mengenai cara mengaktifkan kartu yang terblokir dan dikarenakan beberapa sebab. Terkadang hal tersebut bisa terjadi karena pengguna lalai dan tidak sadar bahwa nomor terblokir. Sehingga tidak dapat menerima pesan atau melakukan panggilan ke nomor lain. Untuk itu, simaklah uraian di bawah ini agar lebih memahami.

cara mengaktifkan kartu yang terblokir

Ini Penyebab Kartu Terblokir

Sebelum mengetahui cara mengaktifkannya, alangkah baiknya jika tahu lebih dulu apa yang menjadi penyebabnya. Sehingga nantinya masalah ini tidak akan terulang kembali. Pada uraian ini diberikan tiga hal yang sering kali membuat pengguna tidak dapat menikmati layanan dari kartu:

1. Tidak Melakukan Registrasi

Sejak tahun 2018 pemerintah mengeluarkan peraturan bahwa semua kartu SIM dari provider apapun wajib melakukan registrasi. Proses tersebut dilakukan dengan mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan beserta Kartu Keluarga. Jika hal ini tidak dipatuhi, maka pengguna harus menerima risiko kalau SIM Card-nya terblokir.

2. Keliru Memasukkan PIN

Suka menggunakan PIN sebagai langkah keamanan? Mungkin menjadi langkah tepat sebagai bentuk perlindungan data diri. Tapi jika lupa, justru menjadi bumerang bagi penggunanya. Karena kalau memasukkan nomor PIN sebanyak tiga kali dan keliru semua, maka secara otomatis pihak provider akan memblokir kartu tersebut.

3. Melewati Masa Tenggang

Penyebab ketiga ini dikhususkan bagi yang malas melakukan pengisian pulsa untuk nomornya hingga masa aktif kartu habis. Lalu setelahnya akan diberikan masa tenggang selama satu bulan sebagai jarak yang diberikan. Tapi jika sampai habis masa tersebut tidak juga mengisi ulang, maka kartu tidak dapat digunakan lagi alias terblokir.

Begini Cara Mengaktifkannya dengan Mudah

Setelah membaca tiga penyebab yang sudah dijelaskan, sekarang adalah saatnya mengetahui cara mengaktifkan kartu yang terblokir. Setiap penyebab memiliki langkah masing-masing sebagai tips mengatasinya. Berikut ini akan diulas dengan jelas cara-cara tersebut:

1. Mengaktifkan Kartu Terblokir Karena Tidak Registrasi

Jika kartu terblokir disebabkan karena tidak melakukan registrasi, maka ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Pertama, kunjungilah pusat layanan dari provider yang digunakan. Pihak operator sudah memiliki kantor di setiap masing-masing daerah. Datangilah dan utarakan masalah yang dialami. Pengguna akan diberikan bantuan berikut arahan yang perlu dilakukan.

Lalu yang kedua, cara mengaktifkannya juga bisa dilakukan hanya di rumah saja bagi yang sedang malas keluar. Cukup lakukan pengaduan kepada pihak operator dengan menghubungi call center yang ada. Sama seperti ketika datang ke pusat layanan, di sini pun juga akan diberikan arahan. Sehingga kartu dapat difungsikan kembali.

2. Mengaktifkan Kartu Terblokir Karena Salah Memasukkan PIN

Namun jika kartu terblokir karena lupa PIN, maka ada satu cara mudah untuk mengaktifkannya. Yaitu melihat deretan nomor PUK yang berada di kerangka SIM Card saat membeli pertama kali. Atau juga bisa melihatnya melalui aplikasi provider masing-masing. Dan carilah menu “Lihat PUK” di sana. Nomor tersebut terdiri dari 19 angka.

3. Mengaktifkan Kartu Terblokir Karena Lewat Masa Tenggang

Untuk penyebab terakhir ini, langkah mengatasinya tidak dapat dilakukan sendiri. Para pengguna harus datang ke kantor pusat pelayanan dari provider yang dipakai. Bawalah kartu dan utarakan masalah. Lalu selanjutnya ikuti semua arahan yang diberikan oleh petugas supaya kartu dapat digunakan kembali. Biasanya, ada biaya administrasi yang dikenakan.

Itulah cara mengaktifkan kartu yang terblokir untuk semua jenis provider. Sudah dijelaskan pula tiga hal yang menyebabkan masalah itu terjadi. Sebaiknya, perhatikan kembali hal-hal tersebut supaya tetap bisa menggunakan semua layanan dari SIM Card.