Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6. 5 Cara Keluar dari Mode Aman Xiaomi Tanpa Perlu ke Tukang Service

Bingung tiba-tiba ada notifikasi Mode Aman dan tidak tahu bagaimana menghilangkannya? Berikut ini diberikan 5 cara keluar dari Mode Aman Xiaomi secara mudah. Safe Mode merupakan salah satu hal yang lumrah muncul ketika ada sistem yang corrupt. Bisa diakibatkan oleh aplikasi pihak ketiga atau ada tombol yang tidak sengaja terpencet. Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

cara keluar dari mode aman xiaomi

1. Me-restart Handphone

Ketika ada pemberitahuan Mode Aman di pojok bawah, tidak usah panik. Sebenarnya hal ini menguntungkan karena sistem di perangkat bisa terlindungi. Tapi saat berada di mode tersebut, beberapa aplikasi tidak bisa dijalankan. Khususnya aplikasi yang dikelola oleh pihak ketiga. Cara pertama untuk keluar dari Safe Mode yaitu dengan me-restart handphone.

Bukanlah hal asing lagi, bahwa Restart menjadi solusi utama ketika ada kinerja yang kurang baik dalam perangkat. Cara me-restart smartphone android Xiaomi sangat mudah. Yaitu dengan menekan tombol power beberapa saat, sama seperti ketika ingin mematikannya. Tapi di sini memilih menu Restart. Tunggu ponsel mati lalu menyala kembali dengan sendirinya.

2. Melepas Baterai

Ketika cara pertama gagal dan masih tetap berada di dalam Mode Aman, maka cobalah langkah yang kedua ini. Lepaslah baterai dari socket di bagian belakang. Tapi cara ini dikhususkan bagi smartphone Xiaomi yang belum memakai baterai tanam dan masih bisa dilepas. Karena kalau sudah menggunakan baterai tanam, sulit melakukan langkah ini.

Terlebih dahulu, nonaktifkan ponsel dengan menekan lama tombol power. Lalu pilih Daya Mati. Setelah memastikannya benar-benar mati, maka bisa melepas casing belakang handphone. Jangan langsung mencabut baterai, tapi tunggu dulu proses cooling down. Setelah mencabutnya, coba diamkan beberapa menit lalu pasang kembali.

3. Memeriksa Aplikasi yang Corrupt

Safe Mode bisa muncul disebabkan karena adanya aplikasi yang corrupt sehingga membuat sistem tidak bekerja. Apalagi kalau handphone tersebut sudah pernah di-root. Semakin besar risiko kerusakannya. Jadi, cara keluar dari Mode Aman Xiaomi yang selanjutnya ini dengan mengecek aplikasi tersebut. Jika memang bermasalah, sebaiknya langsung saja copot pemasangan.

Pada handphone Xiaomi, aplikasi dapat dicek melalui Google Play Store. Pergilah ke menu Kelola Aplikasi dan Perangkat, lalu lihat di bagian Terinstal. Dalam menu tersebut akan terlihat aplikasi mana sajakah yang rusak dan menyebabkan masuk ke Mode Aman. Jika sudah menemukannya, langsung tekan Uninstall. Setelahnya, mulai ulang kembali perangkat.

4. Membersihkan Cache

Cache merupakan kumpulan berkas yang muncul seiring berjalannya sistem. Mungkin saja file tersebut ada yang tidak cocok dan membuat ponsel masuk ke Mode Aman. Untuk mengatasinya, bersihkan Cache dalam menu Recovery. Matikan dengan menekan volume bawah bersamaan tombol power terlebih dahulu. Setelah berada di menu Recovery, tinggal pilih Clear Cache.

5. Mereset Perangkat

Me-reset perangkat berarti mengembalikannya ke setelan pabrik. Cara ini menjadi solusi dari masalah, termasuk untuk keluar dari Mode Aman. Tapi semua data yang ada akan hilang. Pada HP Xiaomi, caranya yaitu pergi ke Setelan. Pilih menu Cadangkan & Setel Ulang. Gulir layar ke bawah dan tekan Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Itulah 5 cara keluar dari Mode Aman Xiaomi. Cukup mudah bukan? Safe Mode memang tidak terjadi secara permanen dan bisa diatasi dengan langkah-langkah yang diuraikan pada penjelasan di atas. Agar tidak mendapat notifikasi seperti ini lagi, sebaiknya jangan menginstal aplikasi yang tidak dikenal. Selain itu, harus hati-hati saat memencet tombol tertentu.