Aplikasi Online Canva, Fitur dan Cara Menggunakannya

Saungfirmware.id Cukup banyak orang menggunakan aplikasi online Canva karena kemudahan dalam memakainya, selain itu juga bisa diakses secara gratis. Perangkat lunak satu ini sangat membantu untuk kamu yang membutuhkan konten visual dengan desain menarik.

Perangkat lunak ini sendiri juga memiliki cukup banyak kelebihan dibandingkan aplikasi grafis yang lainnya. Tidak mengherankan jika sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan Canva, baik pelajar, para pembuat konten, maupun pemilik usaha.

Selain mudah, kamu juga bisa menggunakan beragam fitur menarik ketika menggunakan aplikasi online Canva. Ragamnya fitur di dalamnya akan membuat hasil desainmu lebih unik dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Aplikasi Online Twitter, Kekurangan dan Kelebihannya

Sebenarnya, berbagai fitur di dalamnya dapat digunakan dengan mudah. Meski demikian, ada baiknya kamu memahami lebih dahulu mengenai seluk beluk aplikasinya agar lebih mudah ketika menggunakannya.

Apa Itu Aplikasi Online Canva?

Aplikasi Canva merupakan salah satu software desain grafis yang mudah digunakan, termasuk oleh pemula. Bukan hanya itu saja, perangkat ini juga dapat diakses menggunakan dekstop maupun mobile sehingga lebih praktis.

Canva sendiri memiliki dua versi, yaitu gratis dan upgrade premium atau versi berbayar. Kedua versinya memiliki beberapa perbedaan. Walaupun begitu, kamu tetap bisa menggunakan beragam fitur di dalamnya tanpa harus membeli versi premium.

Canva Pro yang berbayar memungkinkan membuat desain dengan beragam ilustrasi dengan lebih mudah, cepat, dan simple. Meskipun versi gratis sudah menyediakan banyak sekali fitur, namun kamu akan mendapat lebih banyak pilihan jika upgrade premium.

Sebagai salah satu software yang banyak digunakan, aplikasi online Canva dapat digunakan untuk beragam keperluan. Misalnya saja untuk membuat poster untuk iklan produk, jasa, maupun beragam acara dengan lebih mudah namun tetap menarik.

Kamu juga bisa membuat logo yang menjadi salah satu hal penting untuk branding bisnis. Bukan hanya logo saja, aplikasinya juga bisa untuk membuat desain kemasan produk mulai dari bentuk botol hingga kotak karton.

Baca Juga  Cara Menambah Followers Tiktok Dijamin Ampuh!

Jika kamu seorang blogger, maka aplikasi online Canva juga akan membantu membuat featured image blog. Dengan desain yang cantik, maka pengunjung akan lebih betah membaca dan membuka blog milikmu.

Selain blog, kamu juha bisa membuat konten media sosial lebih menarik perhatian netizen. Apalagi penggunaannya sangat mudah sehingga cocok digunakan ketika akan mengunggah di berbagai media sosial.

Kamu seorang Youtuber? Perangkat lunak ini juga bisa membantu membuat thumbnail atau gambar yang mewakili video yang diunggah. Thumbnail tidak harus berupa cuplikan video, namun harus tetap menarik dan unik agar ditonton banyak orang.

Berikut Kelebihan Aplikasi Online Canva

Ada banyak sekali kelebihan ketika kamu menggunakan aplikasi Canva. Salah satunya adalah kemudahan aksesnya yang bisa diakses melalui web Canva.com atau diunduh menggunakan PC maupun smartphone.

Tampilan antar muka perangkat lunak grafis ini juga sangat sederhana sehingga pemula tidak akan bingung ketika menggunakannya. Tamplate yang tersedia juga sangat banyak, jadi kamu hanya tinggal mengeditnya saja dengan lebih cepat.

Menariknya, template di dalamnya terus bertambah setiap hari dengan bertambahnya jumlah pengguna. Mengedit template atau kostumisasi juga sangat mudah karena hanya tinggal menyeret elemen sesuai keinginan.

Selain template, aplikasi online Canva juga kaya fitur seperti background, foto, juga gambar baik gratis maupun premium. Kamu juga bisa mengunggah foto, video, dokumen PDF, juga memilih font, bagan, logo, dan elemen lainnya.

Kamu juga bisa menghapus background pada gambar, logo, maupun ilustrasi, bahkan sekarang ada fitur remover background video. Penghapus latar belakang ini bisa bekerja otomatis hanya dengan satu kali klik saja.

Baca Juga  6 Cara Menghilangkan Malware di Android dengan Mudah

Jika perangkat milikmu sudah kehabisan ruang penyimpanan, kamu tetap tidak perlu merasa khawatir. Hal ini karena perangkat lunak ini tidak membutuhkan ruang penyimpanan khusus, kamu hanya perlu mengakses web dan cloud.

Aplikasi online Canva akan menyimpan desain yang sudah dibuat secara otomatis. Jadi tidak perlu khawatir jika tiba-tiba mati lampu atau kuota internet habis, sebab desain yang sudah dibuat tidak akan hilang.

Kelebihan terakhir ini mungkin tidak banyak orang menyadari, sebab kamu bisa menghasilkan uang dengan menggunakan perangkat lunak satu ini. Jika usiamu lebih dari 18 tahun, kamu bisa membuat template dan elemen yang akan dibayar bergantung lisensi yang disematkan.

Kenali Fitur Aplikasi Online Canva

Selain mengenal aplikasi Canva dan beragam kelebihannya, kamu juga perlu mengetahui fitur-fiturnya. Dengan begitu, kamu akan mengerti perbedaan fitur software grafis satu ini dengan lainnya.

Fitur pertama adalah tersedia 250.000+ template yang bisa digunakan secara gratis, bahkan akan lebih banyak lagi jika upgrade premium. Walaupun kamu bisa membuat desain sendiri dari nol, namun template ini sangat membantu mempercepat proses kreasimu.

Selanjutnya ada fitur kostumisasi teks untuk membuat slide presentasi, dokumen, maupun beragam media cetak lainnya. Kamu bisa menulis di kotak teks yang tersedia, kemudian tinggal mengganti jenis font, ukuran teks, maupun format lain sesuai keinginan.

Bukan hanya itu, terdapat juga berbagai desain tulisan yang bisa kamu kostumisasi sesuka hati. Fitur ini tentu saja sangat membantu dalam menghemat waktu ketika akan membuat poster maupun kartu ucapan.

Aplikasi online canva menyediakan icon dan ilustrasi yang sangat banyak untuk menambah unik desai grafik buatanmu. Versi gratisnya saja memiliki variasi icon maupun ilustrasi yang sangat banyak dalam berbagai tema.

Ada cukup banyak pilihan background atau latar belakang sehingga desain grafis buatanmu tidak akan terlihat membosankan. Ada cukup banyak pilihan gambar maupun gradien warna yang selanjutnya bisa diedit seperti mengatur kontras, intensitas warna, vignette, dan lainnya.

Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Tidak Merespons

Kamu bisa menyimpan kreasi yang dibuat sehingga dapat mengubah kembali desainnya ketika dibutuhkan lagi. Jika kamu menggunakan versi gratis, maka mendapatkan kapasitas 5GB sementara upgrade premium bisa mendapatkan penyimpanan hingga 100GB.

Meski begitu, kamu juga bisa langsung mengunduh hasil desainmu jika sudah selesai membuatnya. Jadi, ruang 5GB yang disediakan bisa untuk menyimpan template-template paling sering digunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi Online Canva

Penting untuk mengetahui cara menggunakan aplikasi Canva, apalagi jika kamu masih baru pertama mencobanya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun terlebih dahulu dengan sign up menggunakan Google, Facebook, maupun E-mail.

 Setelah akun selesai dibuat, kamu tinggal membuat desain pertama dengan klik tombol bertuliskan ‘create a design’. Selanjutnya pilih jenis konten visual yang ingin kamu buat misalnya banner atau featured image blog.

Setelah masuk dalam halaman editor, kamu tinggal memilih background template atau membuat dari nol. Edit background yang sudah dipilih dan pastikan tidak terlalu mencolok sehingga teks tetap dapat terbaca.

Tambahkan teks sesuai kebutuhan secara manual dengan klik menu ‘Text’. Kamu juga bisa menggunakan template yang ada pada aplikasi online canva dan menggantinya agar lebih praktis.

Terakhir, kamu hanya perlu mengunduhnya atau membagikan hasil desain ke platform lain. Caranya hanya dengan klik tombol ‘download’, pilih format fle seperti PNG, JPG, atau PDF, lalu klik tombol dengan warna biru.

Desain grafis memang sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan konten kreator, pemilik bisnis, dan lainnya. Desain grafis dapat dibuat secara praktis dengan menggunakan aplikasi online Canva yang mudah bahkan untuk pemula.

Leave a Comment