Aplikasi KAI Access Bisa untuk Pesan Makanan di Gerbong!

Aplikasi KAI Access membawa banyak kemudahan bagi para pengguna layanan transportasi umum Kereta Api Indonesia. Aplikasi yang diluncurkan pada 4 September 2014 tersebut semakin berkembang fitur yang terus bertambah.

Awalnya KAI Access dikhususkan untuk pemesanan kereta api jarak jauh dan menengah saja. Namun kini dapat digunakan untuk pemesanan tiket kereta api lokal, perubahan nomor kursi, jadwal keberangkatan, hingga pembatasan pemesanan.

Lambat laun, kini para pengguna KAI Access dapat menikmati berbagai keunggulan dari fitur-fitur yang ditawarkan. Untuk mengenal lebih jauh tentang KAI Access, simak pembahasan kami berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Aplikasi KAI Access

KAI Access adalah aplikasi dari pihak Kereta Api Indonesia untuk membantu pelanggan dalam mengakses pemesanan tiket kereta maupun layanan lainnya. Aplikasi KAI Access dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store.

Aplikasi ini memberikan banyak manfaat bagi para pelanggan setianya. Mulai dari tiket yang lebih murah, kemudahan pemesanan, layanan khusus member Premium, serta inovasi-inovasi terbaru lainnya.

Sebenarnya tidak ada salahnya jika ingin memesan tiket KA melalui loket pemesanan secara langsung. Namun kamu harus rela mengantre dengan orang lain dan ada kemungkinan tidak dapat memilih kursi penumpang.

Sedangkan jika menggunakan aplikasi KAI Access, kamu tidak perlu mengantre dahulu. Jika dibandingkan dengan aplikasi pemesan tiket kereta lainnya, KAI Access tidak menarik biaya administrasi atau biaya tambahan.

Kemudahan metode pembayaran semakin dilancarkan dengan adanya chanel KAI Pay, QRIS, direct debit, LinkAja!, serta jenis pembayaran lainnya. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu melakukan pembayaran dengan berpindah aplikasi terlebih dahulu.

Jika mendaftarkan akun menjadi Premium Member, maka benefit berupa layanan khusus akan kamu dapatkan. Misalnya melakukan transaksi tiket Kereta Api jarak jauh komersial di luar Kereta Api PSO dan Lokal.

Baca Juga  Firmware Pac Samsung C3520I Bahasa Indonesia | Fix No Text Tested

Pemesanan tersebut nantinya akan mendapatkan Railpoint kemudian dapat ditukar dengan tiket KA komersial jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun ini tidak berlaku untuk KA Priority atau Luxury dan reduksi.

Jika tertarik, kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu melalui aplikasi KAI Access. Kemudian lakukan upgrade Member Basic dengan cara melengkapi data-data yang diperlukan dan nikmati seluruh layanan khusus tersebut.

Baca Juga : Adobe Photoshop Sketch MOD APK 2.2.308 ( Premium ) Latest 2020

Fitur-fitur Unggulan dalam Aplikasi KAI Access

Kemajuan teknologi membawa kemudahan untuk melakukan segala sesuatu melalui aplikasi saja, tidak terkecuali di bidang transportasi. KAI Access menjadi andalan para penumpang kereta api karena menawarkan banyak fitur sebagai berikut.

  1. Pesan Tiket KA Lokal

Kini pelanggan dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk memesan tiket KA lokal atau jarak dekat. Pelanggan akan semakin dimudahkan melalui fitur ini karena bisa digunakan untuk kegiatan commuting sehari-hari.

  1. Informasi Layanan KAI Group

Fitur aplikasi KAI Access selanjutnya adalah akses informasi layanan KAI Group. Misalnya KAI Logistik terkait pemesanan barang, KRL, hingga PT. Reska Multi Usaha selaku anak perusahaan yang menyediakan hidangan di kereta.

  1. Connecting Train

Fitur connecting train ini memudahkan penumpang yang ingin mencari kereta jika relasi perjalanan yang diinginkan tidak mempunyai akses kereta langsung. Biasanya berlaku untuk kota tujuan yang mengharuskan penumpangnya transit terlebih dahulu.

Selain itu bisa digunakan jika jadwal kereta langsung yang disediakan tidak sesuai dengan keinginan. Atau juga untuk mencari kereta jika tiket kereta langsung khusus relasi yang diinginkan telah habis.

  1. E-Boarding Pass, Ubah Jadwal, Pembatalan Keberangkatan

Fitur e-boarding pass pada aplikasi KAI Access memudahkan penumpang agar tidak perlu antre mencetak boarding pass di stasiun. Kamu bisa mulai mengaktifkannya sejak 2 jam sebelum jadwal keberangkatan KA pesanan.

Baca Juga  Cara Cek Saldo e-Toll - Gampang dan Praktis Chuaks!

Fitur ubah jadwal dapat digunakan jika penumpang ingin mengganti hari jadwal keberangkatan kereta api. Sementara fitur pembatalan dimanfaatkan apabila penumpang ingin membatalkan tiket dan bisa direfund dengan potongan sebesar 25%.

  1. KAIPay

Agar tidak perlu pindah ke aplikasi lain, KAI Access menyediakan KAIPay untuk melakukan transaksi pembayaran. KAIPay sendiri juga bisa dipakai untuk membayar produk maupun layanan dalam aplikasi KAI Access.

  1. Top Up dan Bayar Tagihan

Benefit menggunakan KAI Access adalah dapat melakukan top up pulsa maupun paket data hingga membayar token listrik. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika kehabisan kuota selama perjalanan.

  1. First Mile dan Last Mile

First Mile maupun Last Mile bisa dimanfaatkan untuk membantu pengguna yang akan melanjutkan perjalanan setelah naik KA. Misalnya menggunakan bus ataupun taksi dari stasiun maupun sebaliknya.

  1. Layanan Asuransi Tambahan

Fitur selanjutnya pada aplikasi KAI Access adalah mendapatkan perlindungan tambahan selama perjalanan dengan KA. Terlepas dari benefit ini, sebaiknya penumpang juga tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan dirinya.

  1. Program Loyalitas Railpoint

Setiap transaksi pembayaran tiket ternyata bisa mendapatkan poin untuk ditukarkan menjadi tiket kereta api. Benefit ini bisa dirasakan oleh pengguna KAI Access yang terdagftar sebagai member Railpoint.

  1. Entertainment on Board

Entertainment on Board adalah fitur terbaru di mana pengguna dapat menikmati hiburan. Kamu bisa mengaksesnya melalui jaringan wifi khusus selama perjalanan. Namun sekarang masih dapat dinikmati oleh pengguna Android saja.

Langkah-Langkah Memesan Tiket Kereta Api Lewat KAI Access

Jika kamu baru pertama kali menggunakan aplikasi KAI Access, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk pemesanan tiket kereta api. Pastikan sudah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

  1. Masuk aplikasi menggunakan akun yang sudah dibuat.
  2. Pilih antara pemesanan tiket KA antar kota atau KA lokal sesuai kebutuhan.
  3. Pilih stasiun asal sekaligus stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, serta jumlah penumpang yang akan berangkat.
  4. Tekan “Cari” agar muncul daftar kereta dengan jadwal keberangkatan berbeda-beda, kemudian pilihlah sesuai keinginan.
  5. Klik jadwal tersebut untuk melanjutkan pemesanan.
  6. Isi data diri pemesan maupun penumpang.
  7. Tekan “Pilih Kursi” untuk memilih kursi penumpang lalu klik “Simpan”
  8. Tekan “Bayar Sekarang” dan pilih metode pembayaran sesuai keinginan.
  9. Setelah sukses, pengguna aplikasi KAI Access akan mendapatkan kode booking yang nantinya dapat discan di stasiun keberangkatan.
Baca Juga  Keuntungan Investasi di Ajaib yang Harus Diketahui Para Investor

Langkah-Langkah Memesan Makanan di Kereta Lewat KAI Access

KAI Access juga bekerja sama dengan anak perusahaannya PT. Reska Multi Usaha. Selama perjalanan, penumpang dapat memesanan makanan atau minuman menggunakan aplikasi ini, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka KAI Access, pilih menu “Railfood”
  2. Klik kode booking ataupun tiket perjalananmu.
  3. Terdapat berbagai detail menu pada gambar yang tersedia. Pilih sesuai keinginan.
  4. Tekan ikon “Pesan” kemudian akan muncul rincian pemesanan.
  5. Tekan “Bayar Sekarang” untuk melanjutkan pada metode pembayaran.
  6. Pengguna akan masuk ke laman status pembayaran. Segeralah membayar tagihan pembayaran tersebut sebelum melewati tenggat waktu.
  7. Setelah sukses, pengguna akan mendapatkan detail pesanan hidangan/
  8. Tunggu hingga petugas KA mengantarkan makanan atau minuman sesuai pesananmu ke tempat duduk langsung.

Sebagai transportasi yang aman dan efisien, KAI terus memudahkan masyarakat melalui berbagai inovasi berbasis digital. Segala fitur dan kemudahan pemesanan tiket kereta api dapat kamu temukan melalui aplikasi KAI Access.

Leave a Comment