Ketahui Beragam Cara Mengubah TV Biasa Jadi Smart TV

Ketahui Beragam Cara Mengubah TV Biasa Jadi Smart TV - Pesatnya perkembangan teknologi telah membuat banyak hal di sekitar kita berubah dan dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan manusia. Salah satunya adalah kebutuhan kita akan hiburan yang praktis dan cepat, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.



Jika dulu ketika ingin mendengarkan musik sambil jalan-jalan harus membawa beberapa jenis kaset dan Walkman di dalam tas, kini hanya perlu membawa smartphone karena sudah bisa mendengarkan lagu dalam format digital. Begitu juga dengan televisi. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang cara mudah untuk Mengubah TV biasa jadi smart TV.

Selain bentuknya yang sudah berubah dari cembung menjadi layar datar, fitur yang ditawarkan juga berkembang, mulai dari teknologi VCR (Video Cassette Recorder) untuk merekam siaran televisi, koneksi ke TV kabel untuk menonton acara dari luar negeri, hingga smart TV yang menyediakan dapat terhubung ke internet. Lantas, apa yang membuat smart TV terlihat lebih istimewa dari TV konvensional pada umumnya?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, TV jenis ini dapat dihubungkan ke koneksi internet menggunakan modem WiFi terbaik untuk smart TV sehingga Anda dapat menjelajahi dunia maya melalui situs internet, bermain game online, dan streaming video seperti komputer. Dengan fitur-fitur canggih ini, tidak mengherankan jika banyak yang memutuskan untuk beralih dari TV biasa ke TV pintar.

Beragam Cara Mengubah TV Biasa Jadi Smart TV

Sayangnya, karena kelebihan tersebut, harga TV ini relatif lebih mahal dari TV konvensional dan terasa cukup berat bagi sebagian orang. Nah, jika Anda salah satu yang ingin merasakan fitur canggih dari smart TV namun terkendala masalah biaya, berikut cara mengubah TV biasa menjadi smart TV tanpa perlu membeli TV baru. Tonton sampai habis, ya!

Pastikan TV Anda Memiliki Port HDMI

Setelah menentukan TV box yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, pastikan TV Anda memiliki port HDMI atau High-Definition Multimedia Interface yang nantinya akan dihubungkan dengan perangkat TV box. Teknologi HDMI sendiri biasanya terdapat pada perangkat elektronik seperti proyektor atau pemutar DVD dengan fungsi menyalurkan sinyal audio dan video berkualitas tinggi dari perangkat lain ke layar TV.

Pasang Streaming Stick

Salah satu cara untuk mengubah TV biasa Anda menjadi TV pintar adalah dengan memasang streaming stick ke koneksi HDMI di TV. Stik streaming adalah pemutar media portabel ramah anggaran yang kira-kira seukuran USB, sehingga tidak memakan banyak ruang dan Anda bahkan dapat membawanya saat bepergian. Meski begitu, ruang penyimpanan pada streaming stick juga biasanya terbatas dan prosesor tidak bekerja secepat TV box.

Pilih Smart Media Player Sesuai Keinginan

Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengubah TV biasa menjadi smart TV adalah dengan memasang smart media player atau sering disebut TV box. Perangkat ini merupakan perangkat keras yang memiliki sistem operasi mirip dengan smartphone sehingga bisa digunakan untuk streaming film hingga bermain game.

Seperti halnya smartphone, TV box yang tersedia di pasaran kini juga semakin beragam. Anda bisa menyesuaikan jenisnya dengan kebutuhan Anda dan keluarga dengan melihat semua kelebihan dan kekurangannya sebagai perbandingan.

Sambungkan TV Box Menggunakan Sambungan HDMI

Saatnya menyambungkan pemutar media pintar pilihan Anda ke TV di rumah dan lihat apakah TV Anda dapat menangkap dan mendeteksi sinyal perangkat dengan benar. Pastikan kabel HDMI yang Anda gunakan sesuai dengan petunjuk pemasangan, oke? Jika Anda menggunakan kabel yang salah, TV Anda akan gagal membaca kotak TV yang akan Anda colokkan.

Demikian ulasan tentang Ketahui Beragam Cara Mengubah TV Biasa Jadi Smart TV semoga bermanfaat.