Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Bikin Thumbnail YouTube dengan Mudah dan Kreatif

cara bikin thumbnail youtube

Jika ingin menjadi seorang pembuat konten yang cukup populer di platform, maka ada beberapa hal yang penting seperti bagian thumbnail. Tidak heran jika semakin ke sini semakin banyak pula yang mencari informasi mengenai cara bikin thumbnail YouTube yang menarik penonton. Apalagi bagian tersebut nantinya akan ditampilkan di awal terlebih dahulu.

Sebenarnya untuk membuat bagian thumbnail yang dinilai tepat sasaran dan sesuai dengan rencana yang dimiliki, maka diperlukan ketelitian dari pengguna. Selain itu, ada beberapa hal pula yang harus dipertimbangkan secara matang sejak awal sehingga hasilnya dapat maksimal dan memberikan keuntungan. Sebaiknya simak beberapa cara di bawah ini untuk mempermudah prosesnya:

1. Menentukan Jenis Tools

Hal pertama yang harus dilakukan sejak awal oleh setiap pembuat konten di YouTube adalah menentukan tools yang nantinya akan dipakai. Apalagi jenis aplikasi yang nantinya dijadikan sebagai pilihan perlu diseusaikan dengan tipe laptop atau perangkat yang akan digunakan ketika membuat. Jangan lupa pula untuk menentukan aplikasi yang sesuai dengan kemampuan.

2. Memilih Foto yang Ekspresif

Kemudian ada juga hal yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui terlebih dahulu sehingga proses pembuatannya menjadi lebih mudah. Kali ini, setiap pembuat konten di platform YouTube hanya perlu menentukan pilihan pada foto yang dinilai memang tepat sesuai tema. Jangan ketinggalan juga untuk memanfatakan foto dengan wajah yang ekspresif.

3. Menambahkan Latar Belakang

Selain beberapa panduan yang sudah dijelaskan di atas, ada pula cara bikin thumbnail YouTube  yang perlu dilakukan dahulu sejak awal. Setiap pembuat konten nantinya sebaiknya memiliki pilihan untuk berbagai jenis latar belakang yang bisa digunakan sembari menyesuaikan dengan foto sebelumnya. Namun pstikan untuk menggunakan latar belakang dengan warna yang selaras.

4. Melengkapi dengan Teks

Jangan sampai ketinggalan untuk dipertimbangkan pula, jenis thumbnail yang menarik di YouTube adalah yang menggunakan beberapa teks untuk memperindah tampilannya. Namun sebenarnya beberapa teks yang nantinya akan ditambahkan di konsep yang disusun juga bisa menunjukkan kesan pertama dari para penonton. Sebaiknya pilih jenis teks yang isinya sesuai dengan karakter masing-masing.

5. Mencoba Efek Stiker

Untuk jenis cara bikin thumbnail YouTube  yang berikutnya ini juga dapat dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi yang terbaik untuk dicoba. Kali ini, setiap orang dapat menentukan pilihan untuk berbagai efek stiker yang sudah disediakan sesuai dengan selera dan keinginan. Namun pastikan bahwa jenis efek yang dipakai memang tidak berlebihan.

6. Mengunduh Hasil Kreasi

Setelah berhasil menyusun konsep dari thumbnail yang diinginkan pada berbagai aplikasi yang sudah dipilih sebelumnya, maka jangan lupakan cara ini. Hasil konsep terebut harus diunduh terlebih dahulu dari jenis aplikasi tersebut agar nantinya dapat ditempatkan pada tempat yang disediakan YouTube. Selain itu, jangan lupa menentukan besaran resolusi untuk gambar tersebut.

7. Mengunggah ke YouTube

Gambar untuk thumbnail yang sudah dibuat dengan berbagai kreasi yang diinginkan dan diunduh nantinya hanya perlu diunduh ke akun YouTube. Setiap pengguna juga tidak perlu merasa gelisah karena proses pengunggahan gambar tersebut tidak akan menghabiskan durasi yang lama dan menyesuaikan. Ditambah lagi, lihat dahulu apakah gambar tersebut terpasang dengan baik.

Uraian yang menjelaskan mengenai beberapa jenis cara bikin thumbnail YouTube  secara detail di atas dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, setiap pembuat konten di platform YouTube terutama yang pertama kali mencoba sebaiknya juga memperhatikan tentang tulisan yang digunakan. Jangan sampai ketinggalan pula untuk mempertimbangkan pilihan foto yang dipakai.