Pilihan Investasi untuk Pelajar SMP yang Bermanfaat di Masa Depan


Belajar berinvestasi sejak dini bukan lagi menjadi hal yang tabu dan berbahaya. Bahkan jika dicermati, ada juga investasi untuk pelajar SMP yang bisa digunakan juga untuk menata masa depan. Bukan sekadar materi, karena investasi bagi anak muda usia sekolah ternyata sangat beragam. Tentu saja, semuanya memiliki sisi positif yang baik untuk masa depan.

1. Emas Mini

Melihat potensi investasi logam mulia dan segala kemudahannya, maka emas bisa menjadi pilihan investasi untuk pelajar SMP. Sudah banyak diketahui bahwa berinvestasi emas saat ini tidak harus membeli melalui gerai, melainkan bisa menggunakan platform jual beli online.

Hal ini tentu menjadi alasan yang memudahkan pelajar di tingkat SMP untuk belajar berinvestasi. Jika membeli melalui gerai, tentu harganya akan sangat mahal karena nilai minimal yang harus dibeli. Harga 1 gram emas saat ini sudah mencapai ratusan ribu bahkan hampir menyentuh angka 1 juta rupiah.

Nilai tersebut tentu sangat tinggi untuk pelajar SMP. Namun jika membeli melalui platform online, siswa SMP bahkan bisa menabung emas setiap bulan, bahkan setiap hari. Tentu saja, karena nilai minimal untuk investasi emas bisa dimulai dari harga 5 ribu rupiah saja.

Dengan demikian, usia pelajar sudah bisa memanfaatkan platform online ini untuk berinvestasi logam mulia. Pelajar pun bisa mulai belajar menabung dan mengamankan nilai uangnya di masa depan.

2. Pendidikan

Ada hal penting terkait investasi yang terkadang diabaikan. Hal itu adalah pendidikan, yang memang seharusnya diperuntukkan bagi kaum pelajar. Anak-anak di usia sekolah memang sudah seharusnya memaksimalkan waktunya untuk belajar.

Belajar dalam hal ini bukan hanya di bangku sekolah atau pendidikan formal, tetapi mempelajari banyak hal di usia muda adalah salah satu investasi yang berharga. Pendidikan saat ini sudah jauh berkembang, dan tidak terbatas pada lingkungan fisik sekolah saja.

Pendidikan bisa didapatkan melalui organisasi ekstra, kelompok bermain di luar sekolah, komunitas hobi dan lain sebagainya. Maka, bentuk investasi pendidikan adalah modal bagi anak usia sekolah untuk memanfaatkan potensinya.

3. Keterampilan

Selain pendidikan, anak juga butuh mengasah keterampilan. Tujuannya adalah, untuk melengkapi soft skill yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak dan masa depan yang berdaya juang. Beberapa investasi keterampilan yang bisa diasah sejak usia sekolah adalah kemampuan berpikir kritis.

Investasi keterampilan terkadang memang diabaikan, dan cenderung baru dipersiapkan ketika usia seseorang menginjak remaja, bahkan ketika hendak melamar pekerjaan. Padahal, butuh waktu yang tidak sebentar untuk mencapai level mahir dari sebuah keterampilan. Apalagi, jika keterampilan tersebut menjadi kualifikasi khusus sebuah perusahaan untuk menerima SDM.

4. Reksadana

Investasi berikutnya yang bisa dicoba oleh anak usia sekolah menengah adalah reksadana. Tak jauh berbeda dengan investasi emas, kini sudah merebak aplikasi-aplikasi yang memfasilitasi investasi ini melalui smartphone. Pelajar hanya tinggal mengunduh aplikasi yang ada, dan belajar melakukan investasi menggunakan sedikit modal.

Namun demikian, ada hal penting yang harus digarisbawahi dari investasi menggunakan aplikasi online. Pelajar, apalagi siswa SMP, harus memilih dengan cermat aplikasi yang terdaftar di OJK. Hal itu supaya keamanan bertransaksi tetap terjaga, dan pelajar tidak kehilangan modal investasinya dengan percuma.

Berbagai investasi untuk pelajar SMP ternyata cukup beragam. Namun demikian, dari ragam investasi yang ditawarkan tersebut, hal yang paling penting adalah fokus pada pendidikan dan mengasah keterampilan melalui organisasi di sekolah. Selain memang waktunya, hal tersebut juga lebih bermanfaat alih-alih memilih investasi yang sifatnya finansial.