Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Cara Ganti Region Playstore yang Sangat Gampang dan Cepat

Setiap akun Play Store mempunyai pengaturan negara, atau Region sesuai tempat tinggalnya. Biasanya pengaturan Region ini sudah bawaan dari Playstorenya. Lalu bagaimana jika pengguna berpindah negara dan ingin mengubahnya? Tidak usah risau, berikut cara ganti region Playstore yang sangat gampang dan cepat:

cara ganti region playstore

1. Membuka Pengaturan di Playstore

Pertama pengguna harus membuka pengaturan Play Store. Caranya masuk ke Playstore, lalu pencet tanda tiga garis yang berada di atas halaman utama Playstore. Setelah itu pilih Email yang akan diganti Region nya. Jika pengguna hanya menggunakan satu Email, maka secara otomatis Email tersebut yang akan diubah Region nya.

2. Buka Menu Metode Pembayaran

Membuka menu Metode Pembayaran menjadi cara ganti Region Playstore berikutnya. Menu Metode Pembayaran ini bisa ditemukan dalam pengaturan, di bawah menu akun. Masuk ke menu tersebut, lalu pencet opsi Setelan pembayaran lain. Setelah menekan menu tersebut, pengguna akan dibawa ke peramban Hp, seperti Chrome atau peramban lainnya.

Pada halaman tersebut, pengguna akan ditampilkan metode pembayaran Go Pay. Setelah melihat tampilan tersebut, pencet tanda tiga garis yang berada di atas halaman, untuk masuk ke Setelan.

3. Pencet Opsi Profil Pembayaran

Berikutnya pencet opsi Profil Pembayaran, yang ada di menu Setelan. Pada menu Profil Pembayaran, ada opsi Negara/Kawasan, pencet opsi tersebut. Lalu pengguna akan mendapat tampilan berupa izin, yang bertuliskan Buat profil pembayaran baru. Pencet opsi Lanjutkan untuk ke tahap berikutnya.

4. Pilih Region atau Negara

Selanjutnya pilih Region atau negara yang diinginkan, atau sesuai tempat tinggal pengguna. Untuk memilih Region, pengguna harus masuk ke menu Negara/Kawasan. Setelah memilih negara yang diinginkan, pencet opsi Lanjutkan.

Berikutnya pengguna akan diminta untuk mengisi alamat serta nama yang baru, sesuai Negara yang dituju. Isi semua alamat serta nama dengan benar, supaya data bisa diverifikasi oleh pihak Playstore. Setelah mengisi semua data dengan benar, selanjutnya pencet opsi Kirim.

5. Mendapatkan Pesan Verifikasi

Terakhir pengguna akan mendapatkan pesan verifikasi. Sebelum mendapat pesan itu, pengguna akan mendapat sebuah pemberitahuan tentang profil pembayaran baru sudah dibuat. Pencet opsi Lihat Profil yang ada di pemberitahuan tersebut, lalu pengguna akan dikirimkan informasi. Informasi tersebut berisi tentang verifikasi data, yang telah diubah pengguna.

6. Region Playstore Resmi Berubah

Setelah mendapatkan pesan verifikasi, itu artinya Region Playstore pengguna telah resmi berubah. Perlu diingat bahwa pengguna tidak bisa seenaknya mengganti Region atau negara, di akun Playstore. Pasalnya pihak Playstore memberi batasan perubahan Region, yakni satu tahun sekali. Jadi jika pengguna menggantinya tahun ini, maka harus menunggu satu tahun jika ingin mengubah lagi.

Jadi sangat disarankan untuk mengganti Region, bila memang benar-benar penting. Jika pengguna terpaksa harus mengganti Region dalam waktu dekat, pengguna bisa memanfaatkan VPN. Caranya hampir mirip seperti cara di atas, hanya saja pengguna harus mengunduh VPN terlebih dahulu. VPN yang digunakan bisa VPN apa saja, sesuai kemauan pengguna.

Setelah mengunduh VPN, pengguna hanya perlu melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu. Selanjutnya pengguna hanya perlu mengikuti cara di atas, hingga mendapatkan verifikasi. Region Playstore pun telah berpindah, dan semua perkembangan data akun mengikuti Region yang dipilih.

Tidak sulit bukan buat mengganti Region Playstore? Pengguna hanya perlu mengikuti cara ganti Region Playstore diatas. Jika ingin mengubah Region dalam waktu berdekatan, cukup gunakan VPN. Namun harus diketahui, bahwa mengakses Playstore dari VPN juga ada batasannya. Jadi pengguna harus berhati-hati.