Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Hapus Database Aplikasi agar Tidak Memenuhi Ruang Penyimpanan

Foto, dokumen, dan data merupakan beberapa hal yang keberadaannya cukup penting karena kini telah memasuki era teknologi. Terlebih lagi data yang seringkali berhubungan dengan hal penting seseorang mulai dari biodata hingga riwayat hidup. Untuk itu, kini banyak pengguna bertanya bagaimana cara hapus database aplikasi yang tidak lagi akan digunakan atau ingin dihapus.


Hal ini juga disebut juga dengan hapus data yang dapat dilakukan melalui sistem operasi pada smartphone yang dimiliki tanpa perlu tambahan aplikasi. Ditambah cara yang akan dilakukan ini dapat mengembalikan memori yang tersita akibat pemasangan aplikasi tersebut. Ketahui langsung cara hapus database dengan mengikuti pembahasan berikut ini yang menjelaskan beberapa langkah, yaitu:

1. Menghapus Akun Profil Pada Aplikasi

Biasanya sebelum menggunakan sebuah aplikasi akan ada sign up atau proses pendaftaran sebagai database yang akan disimpan oleh aplikasi. Ketika pengguna merasa tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut, maka sebelum uninstall harus menghapus akun dahulu. Secara umum cara untuk menghapus akun biasanya sama meskipun pada beberapa aplikasi berbeda tampilannya.

Caranya adalah mengunjungi menu profil kemudian klik foto profil atau detail informasi yang ada pada aplikasi tersebut. Kemudian cari tulisan "hapus akun" yang akan menghapus data informasi yang terdapat pada aplikasi.

2. Mengunjungi Menu Pengaturan Pada Smartphone

Langkah selanjutnya pada cara hapus database pada aplikasi adalah mengunjungi menu pengaturan yang ada pada aplikasi bawaan smartphone. Biasanya pada pengaturan disimbolkan dengan simbol roda atau gir berwarna abu-abu. Kunjungi aplikasi tersebut, kemudian pengguna akan melihat berbagai menu yang tersedia untuk mengoperasikan smartphone.

3. Memilih Apps atau Application

Setelah menemukan pengaturan, cari dan scroll aplikasi atau Apps yang merupakan salah satu menu dalam pengaturan atau setting. Perlu diketahui juga bahwa penamaan menu ini biasanya berbeda satu sama lain pada smartphone. Misalnya pada ada beberapa smartphone memiliki nama menu aplikasi, Apps, application, pengaturan aplikasi, setting application, dan sebagainya.

4. Menghapus Cache dan Data

Sebenarnya cara ini sebagai langkah untuk memastikan bahwa sisa aplikasi yang akan dihapus nantinya dapat terhapus dengan sempurna. Langkah ini merupakan cara lanjutan setelah menemukan menu aplikasi atau Apps pada pengaturan. Di dalamnya akan muncul berbagai aplikasi yang telah terpasang di smartphone melalui Play Store atau aplikasi bawaan dari pabrik.

Langkah ini menuntut ketelitian yang tinggi karena harus dapat menemukan aplikasi yang ingin dihapus data dan cache yang dimiliki. Cara lain yang dapat membantu pengguna untuk menemukan aplikasi yang dicari adalah dengan menggunakan fitur search bar. Pilih aplikasi yang diinginkan dan klik clear data and cache kemudian tunggu prosesnya hingga penyimpanan aplikasi kosong.

Sebenarnya fungsi menghapus data pada aplikasi tidak terlalu diperlukan sebab pengguna telah menghapus akun pada aplikasi. Akan tetapi, langkah ini untuk memastikan keamanan dan menghapus sisa sampah yang mungkin tertinggal jika hanya uninstall saja. 

5. Melakukan Uninstall Pada Aplikasi

Langkah terakhir untuk menyelesaikan tahap menghapus database pada aplikasi adalah melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Caranya dengan menekan aplikasi selama tiga detik kemudian pilih hapus atau uninstall. Cara lain yang dapat dilakukan apabila kesulitan mencarinya adalah dengan mengunjungi Play Store kemudian search aplikasi dan klik uninstall.

Itulah beberapa langkah sebagai cara hapus database aplikasi yang sangat mudah untuk diikuti dan dilakukan setiap tahapnya. Pastikan ikuti caranya secara runtut, mungkin beberapa hal dalam langkah tersebut terdapat sedikit perbedaan pada setiap smartphone. Sampai disini dahulu pembahasan mengenai cara menghapus data aplikasi pada smartphone yang mudah dilakukan.