Review TOR Browser Android Mesin Pencari Paling Aman

Saungfirmware.id Pada kesempatan ini kami akan membahas TOR browser android yang diklaim paling aman digunakan para penggunanya. Apa saja fiturnya sampai bagaimana kita bisa mengoptimalkan penggunaan agar private browsing dapat terlaksana.

Jadi secara kasar ini memang tidak jauh berbeda dengan aplikasi pencari lainnya yang bisa kita unduh di playstore. Namun ada beberapa tendensi seperti keamanan dan privasi yang ditingkatkan pada aplikasinya.

Oleh karena itu mari kita jelajahi lebih dalam seperti apa sebenarnya aplikasinya ketika digunakan. Apakah hanya sekedar memberikan keamanan saja tanpa adanya fleksibilitas penggunaan atau justru sesuai ekspektasi pengguna.

Di era yang serba digital seperti sekarang privasi pengguna memang sering dianggap barang sepele. Padahal ada banyak tindakan kriminal dapat dilakukan dengan mengetahui data penggunaan seseorang.

Jadi Kamu jangan sampai menganggap remeh aspek seperti ini karena nanti akan membahayakan diri. Sehingga tindakan preventif dasar seperti menggunakan browser yang private dapat menjadi opsinya.

Baca Juga : Aplikasi Translate Inggris Indonesia Terbaik untuk Dipakai

Kenali Lebih dalam Apa Saja Fitur TOR Browser Android

Langsung saja akan kami jelaskan apa saja fitur yang tidak ditemui pada peralatan pencari lainnya. Jadi Kamu bisa melihat apakah memang fitur ini dapat menjadi leverage untuk menggunakannya atau tidak.

1.     VPN

TOR browser android sudah ada built in VPN yang tertanam dalam aplikasinya. Sehingga kita tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan penjelajahan secara private.

Dari segi fungsional VPN disini tidak beda jauh dengan lainnya hanya saja sedikit lebih cepat. Sehingga fleksibilitas penggunaan pada sinyal buruk tidak terlalu mengganggu pengguna.

2.     Firewall

TOR mungkin satu-satunya browser di android yang memiliki fitur firewall secara default. Sehingga aplikasinya dapat mencegah data dari luar bisa masuk ke dalam sistem tanpa approval.

Ini tentu saja membuat keamanannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan opsi lainnya. Sehingga para pengguna tentu saja akan merasa aman karena serangan dari luar dapat kita mitigasi lebih dulu.

Baca Juga  7 Aplikasi Penghitung Kalori Saat Olahraga dari Android dan iOS

3.     Onion encryption

Salah satu alasan orang menggunakan TOR browser android adalah memanfaatkan onion encryption. Ini adalah bentuk enkripsi yang memungkinkan kita mengakses situs berbasis onion.

Situs dengan basis onion ini memang tidak bisa kita buka seperti mengakses website biasa. Tanpa menggunakan TOR seseorang tidak dapat masuk ke dalam situsnya meskipun tahu apa alamatnya.

4.    Anti tracker

Salah satu alasan menggunakan aplikasi ini adalah menghindari tracking dari pihak ketiga. Jadi kita bisa berselancar bebas di internet tanpa ada orang lain tahu apa kegiatannya.

Sebenarnya masih banyak fitur lain namun juga umum ditemui pada browser biasa sehingga tidak kami sebutkan. Keempat poin tersebut merupakan selling point bagi para pengguna agar tertarik memakainya.

Keunggulan TOR Browser Android Dibandingkan Lainnya

Jika kita membandingkannya dengan browser android mayoritas dari playstore ada beberapa keunggulan. Langsung saja berikut akan kami jelaskan apa saja keunggulannya sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai acuan.

1.     Bisa mengatur proxy sendiri

Keunggulan paling penting dari aspek secrecy sebuah mesin adalah bisa mengatur proxy sendiri. Bagi kebanyakan pengguna entry level hal seperti ini tentu saja jarang terpikirkan.

Karena secara default semua browser pasti menggunakan proxy umum di mana kerahasiaannya tidak terjaga. Belum lagi kita juga tidak tahu seperti apa kualitas privasi dari setiap proxy tersebut.

Sehingga masalah keamanan ketika kita melakukan browsing dari serangan luar memang rentan. Jika pakai TOR browser android kita bisa mudah mengatur proxy mana paling aman untuk dipakai.

2.     VPN bisa digunakan

Kebanyakan browser yang ada built in VPN biasanya hanya gimmick dan tidak berdampak apapun. Contohnya dari opera, brave, atau lainnya tetap saja tidak bisa menembus sensor ISP dalam negeri.

Jika kita menggunakan TOR VPN memang benar bisa digunakan untuk menembus sensor ISP dalam negeri. Jadi ini memang bisa digunakan dan bukan hanya sekedar gimmick memperlambat koneksi saja.

Baca Juga  5 Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Di Android Tanpa Ribet

3.     Ada enkripsi end to end

Tahukah Kamu bahwa history penjelajahan yang dilakukan setiap hari pada berbagai browser itu datanya disimpan. Ketika kita pakai TOR browser android digunakan enkripsi end to end.

Jadi hanya pengguna saja yang tahu apa akses dilakukan ketika menggunakan perangkat lunak tersebut. Pihak TOR tidak menyimpan data penjelajahan sehingga menjamin privasi penggunanya.

Dengan mengetahui ketiga keunggulan tersebut tentu saja kita bisa menjadikannya sebuah pertimbangan. Apabila Kamu memang peduli pada privasi dalam perambahan maka ini perlu dijadikan salah satu opsi.

Kekurangan dari TOR Browser Android

Kami bukan sales marketing dari TOR jadi akan dijelaskan juga apa saja kekurangan perangkat lunak ini. Berikut adalah beberapa kekurangan yang bisa kita rasakan ketika menggunakan aplikasinya.

1.     Koneksi lambat

Secara default kita akan menggunakan enkripsi berlapis ketika berselancar menggunakan TOR browser android. Jadi bagi para pengguna awam jelas ini tidak worth it digunakan.

Harus dilakukan beberapa tweaking agar nanti aplikasinya mampu memberikan performa terbaik. Hal seperti itu belum tentu bisa dilakukan oleh kebanyakan pengguna awam dalam negeri.

2.     UI di bawah standar

Kami tidak mengatakan bahwa UI dari aplikasi TOR ini jelek hanya saja butuh banyak improvement. Tampilannya sangat hambar apabila dijadikan daily drive untuk kebutuhan sehari-hari.

Pengguna akan cepat bosan karena UI terlalu hambar dan tidak ada pemanis sama sekali. Ini seperti kita menggunakan perangkat lunak dari satu atau dua dekade lalu, membosankan.

3.     Pengaturan rumit

Bagi para pengguna awam yang mencoba TOR browser android kebanyakan merasa kesulitan dengan setting. Memang pengaturannya sangat rumit bagi para pengguna kelas entry level.

Jika kita ingin daily driver yang cepat dan fleksibel tentu ini bukan menjadi opsi paling bijak. Oleh karena itu di dalam negeri sedikit sekali orang memakainya karena kurang fleksibel.

Baca Juga  Mengenal Tentang Aplikasi Facebook Watch Beserta Fiturnya

Dengan mengetahui ketiga kekurangan tersebut sekarang Kamu tahu bagaimana potensinya. Apakah ini memang cocok untuk memenuhi kebutuhan atau hanya sekedar gimmick saja dan kurang praktikal.

Cara Menggunakan TOR Browser Android

Pada segmen ini akan kami jelaskan bagaimana cara menggunakan browsernya guna melihat potensi maksimal. Jika kita pakai secara default seperti kebanyakan perambahan lainnya bisa saja.

Namun ada beberapa optimasi yang jarang dijelaskan di internet tentang penggunaannya secara optimal. Berikut ini adalah beberapa advance method yang dapat Kamu gunakan untuk memaksimalkan potensinya.

1.     Pengaturan proxy

Sebagai catatan di mana kita bisa menemukan secured proxy bisa beli, mencari di github, atau forum lainnya. Jadi disana pengguna bisa memilih sendiri akan menggunakan pengaturan proxy mana paling cocok untuk device.

  • Masuk ke menu
  • Advance
  • Proxy setting
  • Masukkan proxy sesuai keinginan
  • Tekan test run
  • Jika sesuai ekspektasi tekan apply

2.     Pengaturan VPN

Kita dapat mengatur sendiri seperti apa pengaturan VPN untuk menemukan privasi paling tepat. Berikut akan kami jelaskan pengaturannya sehingga bisa mengintegrasi menggunakan berbagai layanan.

  • Masuk menu
  • Advance
  • VPN setting
  • Input kredensial dari layanan VPN yang Kamu gunakan (proton, express, nord, dan sebagainya)
  • Tekan test run
  • Cek kompatibilitasnya di Indonesia dengan mencoba mengakses situs yang disensor
  • Jika bisa digunakan lakukan speed testing dibawah test run
  • Apabila sudah sesuai keinginan tekan apply

Kedua pengaturan seperti itu memang tidak pernah kita temukan pada aplikasi peramban lainnya. Jadi ini adalah metode agar penggunaan TOR bisa lebih optimal dan tidak terasa lambat.

Apabila pengguna sudah tahu bagaimana cara menggunakannya secara optimal tentu pemakaian akan semakin fleksibel. Memang TOR browser android ini sedikit sulit pengaturannya namun bisa memberikan keamanan dan privasi maksimal.

Leave a Comment