3 Cara Mengecilkan Aplikasi di HP VIVO, Paling Mudah

Saungfirmware.idCara Mengecilkan Aplikasi di HP VIVO-Di era yang semakin digital saat ini, penggunaan smartphone menjadi hal yang sangat penting dan hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari sekedar berkirim pesan, mengecek email hingga bermain game, semuanya bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone.

Namun, ketika semakin banyak aplikasi yang terinstal di smartphone, maka ruang penyimpanan perangkat bisa cepat terisi dan mempengaruhi kinerja perangkat itu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memperkecil ukuran aplikasi di ponsel Vivo agar kinerja perangkat tetap optimal.

Ukuran aplikasi di ponsel Vivo bisa menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi pengguna yang memiliki kapasitas penyimpanan terbatas. Semakin banyak aplikasi yang diinstall maka semakin besar pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Belum lagi, jika ukuran aplikasi terlalu besar, sumber daya pada perangkat akan terpakai lebih banyak, seperti baterai dan RAM.

Memperkecil ukuran aplikasi di ponsel Vivo Anda dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kinerja perangkat Anda, sekaligus memberikan lebih banyak ruang penyimpanan untuk data dan aplikasi terpenting Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir ruang penyimpanan cepat terisi dan kinerja perangkat melambat.

Cara pertama adalah dengan mengakses menu pengaturan. Pengguna Vivo pada menu pengaturan dapat memperkecil ukuran aplikasi dan mengubahnya sesuai keinginan pengguna.

Vivo telah menyediakan fitur-fitur khusus yang bisa Anda terapkan sendiri untuk mengubahnya. Untuk mengakses menu ini sendiri, cukup masuk ke menu pengaturan tanpa memerlukan akses root atau sejenisnya.

  • Buka Pengaturan HP Vivo
  • Gulir dan pilih Layar kunci, Layar beranda, dan menu Wallpaper
  • Kemudian pilih menu pengaturan layar Beranda
  • Lanjutkan untuk memilih menu ukuran ikon
  • Silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda
Baca Juga  Mengatasi Imei dan Baseband Null Lenovo A6000 Lengkap

Gunakan pengaturan layar beranda

Cara mengecilkan ikon aplikasi di hp Vivo yang pertama adalah kamu bisa menggunakan pengaturan home screen, di dalam pengaturan tersebut terdapat menu untuk mengatur besar kecilnya ikon aplikasi.

Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua ponsel Vivo memiliki fitur tersebut sehingga tidak semuanya memiliki fitur tersebut. Silakan ikuti saja dia. Jika iya, berarti perangkat Vivo Anda sudah mendukungnya. Jika belum, Anda bisa menggunakan cara kedua.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah membuka aplikasi pengaturan ponsel Vivo.
  • Selanjutnya, silakan gulir ke bawah dan pilih opsi Layar kunci, Layar beranda, dan Wallpaper.
  • Anda sekarang akan diarahkan ke menu berikut, di sini silakan pilih menu Pengaturan Layar Beranda.
  • Setelah itu Anda akan melihat beberapa layar menu, untuk memperkecil ikon aplikasi di ponsel Vivo Anda, pilih opsi ukuran ikon.
  • Silakan pilih ukuran kecil di sini, maka ikon aplikasi akan berubah menjadi ukuran kecil.

Gunakan fitur mode pengembang ( Developer mode)

Cara mengecilkan ikon aplikasi di HP Vivo selanjutnya adalah Anda dapat menggunakan fitur mode pengembang, jadi dengan menggunakan fitur ini Anda juga dapat mengecilkan ikon aplikasi.

Baca Juga  Bypass Anti Theft Blackberry Z3 Tested

Jadi, sebelum memulai, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur mode pengembang di ponsel Vivo Anda, jika tidak maka fitur tersebut tidak akan ada.

Berikut cara mengaktifkan Mode Pengembang Ponsel Vivo:

  • Buka Pengaturan ponsel Vivo Anda.
  • Kemudian pilih menu “Tentang ponsel”.
  • Pada daftar nomor versi, tekan 7 kali dan opsi pengembang (Mode Pengembang) akan diaktifkan.

Setelah berhasil mengaktifkan opsi pengembang, kini Anda bisa memulai cara mengecilkan ikon aplikasi di ponsel Vivo Anda, berikut caranya:

  • Buka pengaturan ponsel Vivo Anda.
  • Kemudian gulir ke bawah untuk memilih opsi Pengaturan tambahan.
  • Di sini pilih menu opsi pengembang, dan akan muncul beberapa opsi menu.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi Lebar Minimum.
  • Harap ubah ukurannya untuk memperkecil ikon aplikasi.

Biasanya semakin besar ukurannya maka ikon aplikasinya akan semakin kecil, namun sebaliknya semakin kecil ukurannya maka ikon aplikasinya akan semakin besar, jadi tentukan sesuai selera anda.

Vivo sendiri secara khusus memperkenalkan fitur ini untuk seluruh ponsel Vivo. Baik ponsel lama maupun baru bisa menggunakan opsi yang sama untuk menyesuaikan ukuran aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Ukuran aplikasi bergantung pada jumlah fitur dan konten yang disediakan dalam aplikasi. Semakin banyak fitur dan konten yang tersedia, semakin besar aplikasinya. Ada beberapa aplikasi yang ukurannya sangat besar, seperti aplikasi gaming atau aplikasi multimedia, yang memerlukan ruang penyimpanan pada perangkatnya sangat besar.

Baca Juga  Cara Ganti Kode Akses BCA Mobile Dengan Mudah dan Cepat

Bagi pengguna HP Vivo, penting untuk memahami ukuran aplikasi karena dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Semakin banyak aplikasi yang diinstall maka semakin besar pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Selain itu, semakin besar aplikasinya, semakin banyak sumber daya yang digunakan pada perangkat Anda, seperti baterai dan RAM.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna HP Vivo untuk mengetahui ukuran aplikasi yang diinstal pada perangkat, terutama jika perangkat memiliki kapasitas penyimpanan terbatas. Dengan mengetahui ukuran aplikasi, pengguna dapat melakukan tindakan untuk memperkecil ukuran aplikasi yang tidak diinginkan, sehingga kinerja perangkat tetap optimal dan ruang penyimpanan tidak cepat penuh.

Mengurangi ukuran aplikasi di ponsel Vivo Anda merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kinerja perangkat tetap optimal dan menyediakan ruang penyimpanan yang cukup untuk data dan aplikasi terpenting Anda. Ada berbagai cara untuk mengurangi ukuran aplikasi, seperti menghapus aplikasi yang tidak digunakan, memindahkan aplikasi ke kartu SD, menggunakan aplikasi kompresor file, atau menggunakan aplikasi untuk memantau ukuran aplikasi.

Namun, sebelum melakukan tindakan apa pun untuk memperkecil ukuran aplikasi, sebaiknya pengguna terlebih dahulu memahami ukuran aplikasi dan cara memeriksanya di ponsel Vivo. Oleh karena itu, pengguna dapat memilih tindakan yang tepat dan efektif untuk mengurangi ukuran aplikasi yang tidak diinginkan.

Leave a Comment