Aplikasi Online Twitter, Kekurangan dan Kelebihannya

Saungfirmware.id Aplikasi online Twitter merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan banyak artis-artis dunia juga memiliki akun dan memanfaatkan media sosial ini untuk berbagai hal.

Media sosial ini memang memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk berbagi dan mendapatkan informasi. Kamu bisa mendapatkan berita-berita terbaru baik serius maupun receh melalui postingan para pengguna.

Bukan hanya itu saja, aplikasi online Twitter juga memiliki berbagai fitur menarik sehingga tetap memiliki banyak sekali peminat sampai sekarang. Fitur-fitur ini juga terus berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan sebagian besar penggunanya.

Baca Juga : Firmware Lenovo A369i ROW S201 Tested

Seperti platform media sosial lainnya, medsos satu ini juga memiliki banyak kelebihan yang terus bertambah seiring berjalannya waktu. Meski demikian, tetap saja ada beberapa kekurangan jika dibandingkan platform lainnya.

Sejarah dari Aplikasi Online Twitter

Aplikasi online Twitter digagas pertama kali oleh Jack Dorsey, merupakan mahasiswa Universitas New York ketika melakukan diskusi di salah satu acara perusahaan podcast Odeo. Ketika itu, Jack menggagas penggunaan pesan singkat untuk komunikasi.

Diungkapkan Evan Williams, kemudian Noah Glass, proyek dari gagasan itu pada awalnya bernama twttr. Flickr dam kode SMS Amerika berjumlah lima digit menjadi inspirasi pengembangan proyeknya,

Awal pengembangan platform medsos ini pada tanggal 21 Maret 2006, Jack Dorsey membuat pesan singkat pertama kalinya dengan tulisan ‘just setting up mu twttr’ pukul 9:50 PM. Definisi Twitter sendiri adalah ‘chirps from birds’ atau celotehan burung.

Pertama kali dalam penggunaannya, aplikasi Twitter hanya ditujukan untuk kebutuhan internal karyawan Odeo. Setelahnya, platform tersebut baru dikenalkan ke publik pada 5 Juli 2006.

Platform ini ternyata mendapat perhatian positif dari publik, sehingga pada Oktober 2006 Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone, maupun staf Odeo membuat perusahaan baru. Semua aset Odeo.com dan Twitter.com kemudian diakuisisi oleh investor maupun pemegang saham.

Baca Juga  Cara Pinjam Uang di Akulaku - Yuk Ikuti Langkah-langkahnya!

Platform media sosial ini mencapai titik popularitas di tahun 2007 ketika menyelenggarakan SXSWi (Konferemsi South by Southwest Interactive). Ketia acaranya berlangsung, pengguna meningkat dari 20 ribu tweet per hati menjadi 60 ribu tweet tiap harinya.

Aplikasi online Twitter kemudian semakin berkembang dan mengikuti kebutuhan para penggunanya. Misalnya, pada awalnya maksimal tweet adalah 140 karakter, namun bertambah jumlahnya menjadi 280 karakter sejak 7 November 2017.

Pada platform ini, pengguna terdaftar dapat menulis, membagikan, serta menyukai postingan baik di situs web maupun perangkat smartphone. Sementara bagi yang tidak terdaftar hanya dapat membaca tweet pengguna lain.

Fitur dari Aplikasi Online Twitter

Ada cukup banyak fitur paling umum yang ada pada aplikasi online Twitter. Jika kamu baru saja akan mendaftar akun, maka ada baiknya mengetahui fitur-fitur dasar berikut agar nantinya lebih mudah ketika menggunakannya.

Fitur pertama adalah kicauan atau tweet, digunakan pengguna untuk membagi tulisan, foto, video, dan juga gif ke publik. Tweet yang dibagikan akan bisa dilihat oleh pengguna terdaftar maupun tidak, namun kamu bisa mengatur batasan hanya bagi pada pengikut tertentu.

Selanjutnya ada follow, followers, dan unfollowing yang berfungsi agar kamu bisa saling terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna lain secara real-time. Kamu juga bisa melakukan pemblokiran jika ada akun yang dianggap menganggu atau tidak disukai.

Hastag atau tagar merupakan frasa yang diawali dengan tanda pagar (#). Penggunaan simbol tersebut sangat penting untuk mengawali topik bahasan atau mengidentifikasi brand tertentu. Topik dengan hastag tinggi jika bisa menjadi trending topik di platform ini.

Ketika menggunakan aplikasi online Twitter, kamu akan membuat akun dengan nama pengguna atau username dengan awalan ‘@’. Gunanya adalah mengidentifikasi akun agar dapat membedakan dengan lainnya.

Baca Juga  Aplikasi Online Canva, Fitur dan Cara Menggunakannya

Selanjutnya adalah retweet merupakan istilah untuk membagikan ulang kiriman yang sebelumnya pernah dibuat. Kamu bisa membagikan ulang kiriman sendiri maupun akun lain untuk dibagikan pada pengikut atau followers.

Trending topic merupakan salah satu fitur andalan di mana kamu bisa mendapatkan beragam berita dan isu hangat yang banyak dibicarakan. Dalam perkembangannya, fitur ini telah mengalami banyak perubahan untuk menghindari manipulasi tren yang terjadi.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur tampilan yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Ada tiga pilihan warna yaitu bawaan, temaram, dan lampu mati. Selain itu, kamu juga bisa merubah warna dan tampilan huruf agar lebih nyaman ketika menggunakannya.

Berikut Kelebihan Aplikasi Online Twitter

Ada cukup banyak kelebihan aplikasi Twitter jika dibandingkan platform media sosial lainnya, hal itulah yang membuat peminatnya masih sangat banyak. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh salah satu platform media sosial ini.

Kelebihan pertama, aplikasi ini menjadi salah satu platform media sosial untuk berinteraksi dan saling bertukar informasi. Nantinya kiriman yang kamu bagi baik tulisan, foto, atau video dapat dikomentari sesuai topik bahasan yang terjadi.

Media sosial ini juga bisa dijadikan sebagai hiburan yang seru dan menyenangkan. Apalagi kamu bisa mengirimkan beragam momen seru. Meskipun karakter tulisan dibatasi, namun kamu tetap bisa membagi motivasi maupun pesan inspiratif.

Jika ingin mendapatkan informasi terbaru dan sedang hangat, maka aplikasi online Twitter menjadi pilihan terbaik. Meski demikian, kamu juga harus berhat-hati sebab bisa jadi berita tersebut hanya hoax.

Keterbatasan karakter memang bukan menjadi alasan pengguna aplikasinya membagikan tweet. Bahkan ini menjadi tantangan meningkatkan kemampuan menulis secara singkat, padat, namun tetap berpengaruh.

Baca Juga  Catat Cara Investasi Saham BCA Untuk Mempersiapkan Masa Depan

Kamu juga bisa mempengaruhi dan menggerakkan massa menggunakan media sosial satu ini. Meski demikian, kesadaran penggunanya perlu diperhatikan serta ditingkatkan agar tetap mengirimkan hal-hal positif.

Ini Dia Kekurangan Aplikasi Online Twitter

Seperti halnya medsos lain, aplikasi Twitter juga memiliki beberapa kekurangan. Meski demikian, bukan berarti berbagai kekurangan tersebut membuat jumlah peminatnya menjadi berkurang.

Kekurangan pertama, media sosial ini tidak memiliki tambahan permainan sebab penggunaannya memang didominasi oleh remaja hingga dewasa. Permainan di sini bisa beruba filter foto maupun video yang lucu dan menghibur.

Kekurangan inilah yang membuat anak-anak cenderung memilih medsos lainnya. Misalnya saja Facecook dengan beragam gamenya, atau Instagram yang memiliki beragam filter foto maupun video lucu.

Aplikasi online Twitter juga cukup rumit, apalagi jika kamu baru pertama kali mencobanya. Hal ini karena adanya cukup banyak istilah yang khas, misalnya tweet, retweet. Mention, favorite, dan lainnya.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pesan kiriman di media sosial ini terbatas. Meskipun meningkatkan kemampuan menulis kamu, namun hal ini juga menjadi kekurangan terutama bagi pengguna yang gemar menulis kiriman panjang.

Twitter juga kurang cocok untuk pebisnis dan penjual, sebab ada pembatasan hastag yang sangat penting untuk strategi marketing. Saingan jual juga sangat berat, kecuali jika kamu menggunakan Twitter Ads.

Jumlah kiriman foto yang dapat diunggah juga terbatas, yaitu hanya 4 buah saja tiap postingan. Hal ini juga menjadi kendala bagi sebagian orang yang ingin mengirimkan foto dalam jumlah banyak.

Ada cukup banyak media sosial yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu yang banyak di minati adalah aplikasi online Twitter karena memiliki fitur-fitur dan kelebihan dibandingkan media sosial lain.

Leave a Comment