Inilah Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Gratis Terbaik

Saungfirmware.id Mau baca novel tidak perlu ribet karena ada aplikasi baca novel gratis yang bisa kamu download. Aplikasi-aplikasi ini menyediakan beragam bacaan menarik yang dapat menemani waktu senggangmu.

Era digital membuat novel bentuk fisik semakin jarang tersentuh. Hal ini dikarenakan kehadiran aplikasi baca novel, sehingga sensasi membaca menjadi lebih praktis. Tidak perlu lagi membolak-balik halaman, cukup menggeser layar.

Baca Juga : Aplikasi Jual Beli Mobil yang Aman dan Terpercaya

Diantaranya merupakan aplikasi resmi karya anak bangsa. Kamu dapat mendownload novel sastra berbagai macam genre secara gratis. Ketersediaan novel digital bisa membuatmu semakin nyaman membaca tanpa harus menenteng buku fisik.

Beberapa Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Gratis

Berikut ini ada beberapa aplikasi untuk baca novel yang bisa kamu coba secara gratis. Di antaranya adalah :

  • Wattpad

Sebagian penikmat cerita pasti memiliki cita-cita untuk menerbitkan buku sendiri. Platform Wattpad mampu mewujudkan hal tersebut. Wattpad merupakan wadah bagi penulis dan pembaca di mana masing-masing dapat berinteraksi langsung.

Tidak seperti aplikasi baca lainnya, Wattpad mempersilakan pembaca untuk menulis karya sendiri secara gratis. Aplikasi baca novel gratis ini lengkap, ada novel, puisi, cerpen, dan karya tulis lain.

Wattpad dapat di download melalui Playstore maupun App Store. Kamu bisa membaca banyak karya hidden gem dari penulis biasa. Dari segi pembaca, dapat menghubungi penulis favoritmu dengan mengetik pesan di berandanya.

Cakupan genrenya sudah lengkap, sehingga kamu bisa membaca lintas genre atau memilih genre novel. Misalnya, fiksi, non fiksi, sastra, adventure, hingga romance. Pembaca bisa menulis komentar pada setiap paragraf tulisannya.

Di aplikasi baca novel gratis ini penulis bisa mendapat dukungan lain berbentuk vote sebagai wujud apresiasi dari pembaca. Untuk terus mendapatkan update cerita, kamu dapat menambahkan cerita ke perpustakaan.

Mau menambah penghasilan dari menulis? Wattpad dilengkapi sistem berlangganan premium untuk meningkatkan pelayanan pembaca. Di mana kamu akan mendapatkan free trial selama 7 hari dan 24 cerita berbayar.

Baca Juga  Cara Efektif Dan Efisien Mengatasi Touchscreen Error Di Ponsel Android

Wattpad didominasi warna oranye dan putih supaya memudahkanmu dalam membaca. Pada versi terbarunya, background menyesuaikan default settingan hpmu. Misalnya, settingan hpmu dark mode maka backgroundnya mengikuti warna hitam dan orange.

Pendaftarannya cukup dengan memakai akun Gmail atau Facebook. Fitur lain yang membuat nyaman adalah adanya pengaturan ukuran tulisan, jenis huruf, dan lainnya. Kamu juga bisa mendownload cerita untuk dibaca offline.

  • iPusnas

Bila ingin membaca buku lokal, kamu bisa mendownload aplikasi baca novel gratis iPusnas. Aplikasi ini dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berbasis sosial media.

Cara membaca novel di iPusnas mirip dengan cara pinjam di perpustakaan. Dengan begitu, iPusnas mampu memberikan kesan meminjam buku di perpustakaan digital. Peminjaman buku tidak dipungut biaya sama sekali.

Kamu dapat mendownloadnya di Google Playstore atau App Store. Setelah itu daftarkan dirimu menggunakan email atau akun Facebook. Bila sudah aktif, pengguna dapat langsung mengetik judul atau nama penulis.

Koleksinya tergolong lengkap, mulai dari buku lama hingga terbitan terbaru. Saat sudah memilih, tertera jumlah copy number menandakan jumlah ketersediaan buku. Jika berjumlah 0 book berarti sedang dipinjam orang lain.

Akan tetapi, aplikasi baca novel gratis iPusnas memberikan fasilitas antrean dengan mencantumkan jumlah antrean. Caranya, pilih opsi queue lalu tunggu saja. Kamu bisa melihat ketersediaan buku antrean pada lonceng kanan.

Bila berhasil meminjam, buku akan masuk ke rak buku digital. Jangka waktu peminjamannya 3-5 hari, sebelum iPusnas menarik otomatis dari rak buku digitalmu. Peminjam juga dapat mengembalikan secara mandiri.

iPusnas mengategorikan pembaca menjadi 3 tingkatan, yaitu Newbie, Book Worm, dan Socializer. Di mana masing-masing kategorinya memiliki kriteria tertentu berdasarkan keaktifan membaca buku pengguna aplikasi baca novel gratis iPusnas.

Baca Juga  Download GBWhatsApp Clone Android Terbaru 2020

iPusnas memiliki tampilan antar muka yang mudah digunakan (user friendly) memungkinkan pengguna dapat langsung mengoperasikannya. Dari segi ukuran tidak sampai 35 Mb, sehingga tergolong ringan.

Terdapat fitur info yang memberitahu kapan waktu peminjaman berakhir. Yaitu simbol ‘i’ pada bagian kiri bawah buku. Seperti membaca pada umumnya, iPusnas menyediakan fitur bookmark untuk memudahkan pembaca.

  • Ruang Buku Kominfo

Selain iPusnas, aplikasi baca novel gratis buatan anak bangsa selanjutnya adalah Ruang Buku Kominfo. Sesuai namanya, aplikasi ini dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Kamu bisa mengunduh e-library ini gratis di Playstore atau App Store. Cara mengaksesnya harus melalui email [email protected] dulu dengan subjek “Pendaftaran Ruang Buku Kominfo”. Email balasannya berupa username/email dan password.

Platform ini memungkinkanmu membaca berbagai cerita lokal gratis. Dari segi penulis bukunya kebanyakan penulis terkenal dengan karya trendingnya. Sebut saja Laut Bercerita, Amba, Gadis Kretek, dan masih banyak lagi.

Ruang Buku Kominfo termasuk aplikasi baru, jadi antreannya tidak sepanjang iPusnas. Dengan begitu pembaca memiliki peluang besar mendapatkan novel bagus. Menariknya, kamu bisa mengirim email permohonan menambahkan judul novel.

Tidak seperti iPusnas, tersedia fitur notifikasi ketika buku sudah tersedia dan bisa dipinjam. Keberagaman buku pada aplikasi baca novel gratis milik Kominfo ini mampu menarik minat baca masyarakat.

Kamu juga bisa melihat jumlah stok novel dan jumlah rating pada awal halaman. Setelah meminjam, pembaca dapat memberikan rating sekaligus ulasan. Berbagai macam genre hadir agar semakin membuat pembaca nyaman.

Dalam satu hari, kamu dapat meminjam hingga 3 buku. Dalam jangka waktu peminjaman lebih lama dari iPusnas, yaitu 7 hari waktu pinjam. Jumlah salinan buku masih terbatas, tapi koleksinya bagus.

Tidak hanya tampilan sampul, Kominfo menyertakan ringkasan mengenai novel-novel tersebut. Sehingga pembaca dapat melihat sinopsis sebelum memutuskan untuk meminjam buku. Ada juga detail informasi terkait novel seperti siapa penulisnya.

  • NovelToon
Baca Juga  13 Aplikasi Edit PDF Gratis, Cara Mudah Mengedit Dokumen PDF

Aplikasi baca novel gratis NovelToon memiliki banyak cerita menarik. Sama seperti platform Wattpad, pembaca tidak hanya dapat membaca novel fiksi, namun bisa menerbitkan karya dengan gratis.

NovelToon mempunyai beragam fitur menarik, salah satunya pembaca dapat berdiskusi langsung bersama penulis favorit. Ketersediaan ruang interaksi ini tentunya akan semakin membuat pembaca merasa nyaman.

Untuk membaca sekaligus menjadi penulis di NovelToon mudah saja. tinggal download aplikasi, lakukan sign up akun, kemudian isi data-data yang sudah disediakan pihak NovelToon. Setelah diverifikasi, kamu bisa mengakses NovelToon.

Pembaca bisa memberikan rating sekaligus ulasan tentang cerita yang sudah dibaca. Kamu juga bisa memberikan tip bagi penulis-penulis favorit. Jadi selain sekedar menulis, bisa menambah pendapatan.

Selain tip, sistem fee yang didapatkan penulis melalui sistem poin. Pembaca harus menyelesaikan misi untuk menghasilkan banyak poin. Poin ini digunakan untuk membaca cerita online, maupun cerita favorit lain.

NovelToon memiliki genre lengkap, seperti romantic, fantasi, aksi, petualangan, dan masih banyak lagi. Keunggulan lainnya, NovelToon memiliki audio book yang bisa didengarkan gratis. Desain antar mukanya praktis dan sederhana.

Kamu bisa mencari judul cerita sesuai kategori atau pilihan berdasarkan genre kesukaan. Ada juga laman komunitas, wadah untuk para pengguna berinteraksi langsung. Dengan begitu, kamu bisa menemukan teman sesama komunitas.

Pengguna dapat mengunduh sub bab cerita untuk dibaca secara offline. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa menghemat kuota. Selanjutnya, pengembang NovelToon menyediakan rak buku online.

Penulis yang mendapat rating tertinggi, memiliki kesempatan dilirik editor untuk kemudian dipasarkan ke publik. Kamu bisa memilih mau jadi pembaca atau penulis? NovelToon mampu menampung keduanya.

Adanya beberapa platform membaca online akan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Selain itu, aplikasi baca novel gratis menjadi wadah para penulis pemula guna mengasah bakatnya.

Leave a Comment