Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Dan Kinerja Komputer

Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Dan Kinerja Komputer - Tidak dapat disangkal bahwa semua komputer akan mengalami perlambatan kecepatan di beberapa titik. Ketika perangkat lunak menjadi semakin menuntut, cara PC Anda bereaksi terhadap perubahan ini dapat berdampak besar pada kinerjanya. Sistem operasi yang Anda punya dan apakah Anda telah memilih untuk meningkatkan ke Windows 10 juga dapat membuat perbedaan besar.

Meskipun Anda dapat melakukan perbaikan pada laptop Anda untuk membuatnya berjalan lebih cepat, ada perbaikan yang dapat Anda lakukan yang lebih hemat biaya dan lebih mudah untuk dilakukan. Penyesuaian kecil ini mungkin tidak tampak seperti mempercepat kinerja komputer Anda, tetapi jika digabungkan, mereka dapat membuat PC Anda tetap berjalan selama bertahun-tahun.

Ada juga beberapa jenis perangkat lunak yang tersedia yang dapat membantu Anda menyingkirkan file lama saat mencari aplikasi yang jarang Anda gunakan dan mungkin ingin dihapus. Program ini juga dapat memperingatkan Anda tentang file dan perangkat lunak apa pun yang mungkin menyebabkan komputer Anda melambat dan yang mungkin layak untuk dihapus. Berikut adalah beberapa Tips untuk Meningkatkan Kecepatan Dan Kinerja Komputer Anda secara keseluruhan.

Hapus Instalasi Perangkat Lunak Yang Tidak Perlu

Komputer Anda telah dimuat sebelumnya dengan sejumlah aplikasi yang tidak digunakan banyak orang, tetapi dapat menguras sumber daya sistem. Anda biasanya dapat mengidentifikasinya ketika Anda melihat pesan pop-up yang meminta Anda untuk memperbarui program yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya.

Atau, Anda dapat mengklik kanan Mulai dan pergi ke Program dan Fitur. Asisten Windows Cortana juga berguna karena dapat mencari "Program" di kotak pencariannya. Dari sana, Anda akan menemukan catatan tentang aplikasi yang baru-baru ini Anda gunakan dan yang menggunakan paling banyak ruang. Setelah memeriksa aplikasi yang diinstal, Anda dapat memutuskan program mana yang akan dihapus untuk membantu meningkatkan kinerja sistem.

Anda juga akan mengetahui program mana yang dibutuhkan komputer Anda untuk beroperasi dengan benar dan program mana yang dapat dihapus. Salah satu alasan aplikasi ini memperlambat PC Anda adalah karena mereka sering mulai secara otomatis saat Anda mem-boot komputer Anda. Jika Anda ragu apakah Anda ingin aplikasi ini dihapus secara permanen, Anda dapat melihat lebih dalam pada menu yang disebutkan di atas.

Batasi Program Saat Startup

Bersamaan dengan itu, Anda juga dapat menentukan aplikasi mana yang berjalan saat PC Anda boot. Windows 10 memiliki Task Manager versi terbaru yang memudahkan Anda untuk menentukan aplikasi apa yang ingin Anda jalankan di latar belakang dan aplikasi apa yang dapat Anda mulai sendiri.

Anda selalu dapat mengubah pengaturan ini jika Anda melihat bahwa sebuah program tidak lagi beroperasi, yang memengaruhi cara Anda menggunakan PC. Jika ragu, Anda selalu dapat me-restart komputer Anda dan melihat bagaimana komputer Anda beroperasi tanpa aplikasi tertentu saat startup.

Tambahkan RAM Yang Lebih Besar Ke PC Anda

Dalam hal penggunaan memori, Windows 10 menggunakan lebih sedikit RAM daripada versi sebelumnya, tetapi meningkatkan memori RAM telah menjadi cara yang dicoba dan diuji untuk mempercepat perangkat selama bertahun-tahun. Jika Anda memiliki laptop konvertibel atau yang dapat dilepas, Anda mungkin harus puas dengan fitur yang disertakan dalam kotak. Beberapa laptop bisnis dan game memungkinkan penambahan RAM, tetapi langkah ini masih cukup rumit.

Menambahkan lebih banyak RAM ke komputer desktop jauh lebih mudah dan juga jauh lebih murah. Siapa pun yang memiliki ide dasar interior desktop menara dapat memasang lebih banyak RAM dalam waktu sekitar satu jam.

Anda juga bisa membawa komputer Anda ke toko profesional untuk memasang lebih banyak RAM. Jika Anda khawatir tentang kemungkinan merusak sistem Anda atau melakukan kesalahan, carilah pendapat ahli untuk menenangkan pikiran Anda dan membuatnya lebih mudah untuk menambahkan memori ekstra.

Demikian ulasan tentang Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Dan Kinerja Komputer semoga bermanfaat.