Apa Itu AU di Twitter? Yuk, Cari Jawabannya di Sini!


Twitter adalah media sosial yang kini sangat populer. Bahkan platform ini sama ramainya seperti Instagram dan menjadi salah satu media yang banyak digemari oleh anak muda. Di Twitter, pengguna pasti sering melihat istilah AU. Sebenarnya, apa itu AU di Twitter? Ini merupakan salah satu istilah yang sangat populer di kalangan pengguna Twitter, mari cari tahu penjelasan lebih lengkap tentang AU di sini!

Pengertian AU

AU itu sendiri merupakan kependekan dari Alternate Universe. AU ini masuk menjadi salah satu jenis istilah gaul di Twitter. Alternate Universe bisa diartikan sebagai jenis cerita fiksi yang dibuat oleh pengguna Twitter. Namun tidak sembarang pengguna yang menggunakan istilah AU dan membuat cerita ini di Twitter.

Pembuat AU adalah orang-orang yang menggemari industri hiburan Korea, bisa K-pop maupun K-drama. Umumnya para pencipta AU ini memiliki bias atau idola tersendiri dan menggunakan bias tersebut di dalam cerita AU. Konsepnya sangat menarik dan AU ini ternyata banyak digemari oleh para pengguna Twitter. Penikmatnya cukup banyak sehingga istilah AU tak butuh waktu lama untuk jadi populer.

Bagaimana Bentuk Cerita dan Tokoh di AU?

Sebagian besar AU yang ditemukan di Twitter memang dibuat oleh para pecinta K-pop. Tokoh-tokoh yang biasanya digunakan pada cerita AU ini adalah personil atau member dari sebuah idol group asal Korea Selatan. Nantinya penulis AU akan mengambil salah satu karakter dan menceritakannya dengan latar belakang yang berbeda.

Sebagai contoh, seorang penulis AU membuat kisah tentang Jisoo BLACKPINK. Nantinya nama karakter tersebut tetap digunakan sama seperti asli namun latar belakang tokoh berbeda jauh. Penulis bebas membuat latar belakang karakter Jisoo ini. Sebagai contoh, Jisoo dikisahkan sebagai mahasiswa yang bekerja part time di toko buku.

Penulis bisa bebas mengembangkan cerita AU tersebut sesuai dengan karakter utama yang sudah dibuatnya sendiri. Konsep inilah yang membuat AU berbeda dari fan fiction. Fan fiction umumnya akan dibuat tanpa membuat perubahan latar belakang karakter utamanya. Jadi untuk fan fiction, karakter Jisoo tadi tetap dikisahkan sebagai penyanyi dan aktris. Hanya saja ceritanya juga tetap dikembangkan oleh penulis sendiri.

AU akan disajikan dalam bentuk thread oleh sang penulis. Thread ini akan dibuat panjang sesuai dengan isi cerita yang ingin disampaikan. Biasanya penulis akan membuat pin khusus untuk mempermudah pembaca menemukan thread AU tersebut.

Poin Menarik dari AU

Setelah memahami apa itu AU di Twitter, pasti penasaran juga apa poin menarik dari kisah ini?  AU memiliki banyak sisi menarik. Cerita AU ini membuat penggemar jadi merasa lebih dekat dengan tokoh-tokoh atau bias favoritnya. Selain itu AU juga membuat karakter idol tersebut jadi lebih realistis sehingga terasa lebih nyata dan masuk akal.

AU juga bisa menjadi media untuk mengembangkan kreativitas para penggemar k-pop. Melalui AU ini penulis bisa dengan mudah mengekspresikan jalan cerita dan imajinasi yang dimiliki. Selain itu AU juga menjadi sebuah hiburan yang menarik bagi para pengguna Twitter. Cerita ini cocok sekali dijadikan sebagai bahan untuk mengisi waktu luang.

Kini jelas sudah apa itu AU di Twitter. AU ini bisa jadi sebuah karya yang menarik untuk diikuti. Penulis AU juga perlu diapresiasi karena bisa mengembangkan cerita yang menarik dari karakter bias yang disukai. Para pecinta K-pop biasanya akan saling memberikan dukungan dan membantu penulis untuk mengembangkan cerita agar terlihat lebih menarik lagi.