Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Bisa Disentuh

Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Bisa Disentuh - Penggunaan ponsel layar sentuh saat ini semakin diminati oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Namun banyak juga pengguna yang belum memahami cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android yang tidak bisa disentuh. Ini membutuhkan pengetahuan dasar terkait dengan smartphone.



Permasalahan Pada Layar Sentuh

Fasilitas yang dimiliki ponsel layar sentuh atau smartphone semakin canggih dan memanjakan penggunanya. Sehingga penggunaannya menjadi berlebihan yang dapat menyebabkan gangguan pada ponsel atau smartphone. Yang pada akhirnya membuat sulit untuk digunakan sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini, kita membutuhkan tips praktis yang cepat dan mudah tentang cara memperbaiki ponsel layar sentuh yang tidak bisa disentuh. Sehingga ketika ada masalah terkait layar sentuh, pengguna bisa menyelesaikannya dengan cepat.

Penyebab gangguan layar sentuh pada smartphone bisa terjadi karena ada masalah dengan software atau hardware. Masalah software yang sering ditemui seperti; pemuatan lambat dan pekerjaan aplikasi. Pada perangkat keras meliputi; gangguan pada pelindung layar, konektor rusak, baterai bocor atau kembung, dan sebagainya

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Hp Android

Perlu mempelajari cara memperbaiki gangguan layar sentuh yang biasanya terjadi pada layar ponsel cerdas. Dengan rajin berlatih agar masalah layar sentuh cepat dan mudah teratasi. Ada beberapa cara untuk memperbaiki ponsel layar sentuh yang rusak pada layar sentuh, di antaranya:

Kalibrasi Android

Penggunaan smartphone dalam waktu lama dapat menyebabkan layar ponsel menjadi hangat bahkan panas. Kalibrasi pada smartphone sudah tersedia secara langsung, sebagai default langsung yang juga dapat digunakan pengguna.

Untuk mengetahui cara memperbaiki layar sentuh hp android yang tidak bisa disentuh, dilakukan kalibrasi sederhana. Biasanya layar sentuh pada ponsel langsung membaik setelah dikalibrasi. Jika mengalami kesulitan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti; kalibrasi layar sentuh.

Bersihkan RAM HP

Random Access Memory atau RAM adalah jenis penyimpanan data dan aplikasi smartphone yang dapat digunakan setiap saat. Jadi secara tidak langsung RAM merupakan memori utama dari smartphone. Dan ketika terjadi masalah pada layar sentuh pada smartphone yaitu dengan cara mengecek RAM.

Kemungkinan ponsel layar sentuh yang tidak bisa disentuh adalah akibat dari penggunaan RAM yang berlebihan pada ponsel tersebut. Menghapus atau menghapus aplikasi yang tidak diperlukan merupakan salah satu langkah untuk menjaga kinerja RAM pada smartphone. Sehingga aplikasi akan dapat berjalan dan bekerja lebih baik dan lebih cepat.

Restart Ponsel

Cara mengatasi hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh dengan mudah dan cepat adalah dengan mematikan power smartphone. Kemudian keluarkan atau keluarkan baterai, SIM Card dan Micro SD dari smartphone. Setelah beberapa saat pasang kembali kartu SIM, Micro SD dan baterai. Setelah semuanya terinstal kemudian hidupkan kembali smartphone. Biasanya smartphone akan kembali normal.

Bijak Memakai Smartphone

Jangan hanya menggunakan charger saat mengisi ulang baterai smartphone, gunakan charger yang sesuai peruntukannya. Karena terburu-buru menggunakan charger yang memiliki ampere besar, smartphone akan menjadi panas dan dapat merusak layar dan hardware.

Memasukkan smartphone ke dalam saku, terutama celana, dapat menyebabkan gangguan pada LCD, seperti retak, tergores, bahkan pecah. Untuk itu, simpan smartphone Anda dengan baik dan gunakan screenguard untuk melindungi layar sentuh.

Menggunakan smartphone terlalu lama, seperti bermain game online, akan menyebabkan gangguan pada kerja ponsel. Apalagi jika Anda menggunakannya sambil mengisi daya ponsel, lama kelamaan akan menyebabkan layar sentuh dan perangkat lunak dari smartphone menjadi terganggu. Untuk alasan ini, adalah bijaksana untuk menggunakan smartphone.

Demikian ulasan tentang Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Bisa Disentuh semoga bermanfaat.