Rekomendasi Software Web Design yang Ramah bagi Pemula


Profesi web designer saat ini semakin banyak diminati dan peluangnya juga semakin besar. Bidang ini tentu akan sangat menarik untuk ditekuni jika memang punya bakat IT yang mencukupi. Selain itu, sebelum menekuni bidang web design ini penting sekali untuk memahami pilihan software apa saja yang bisa digunakan. Berikut adalah rekomendasi software web design yang dinilai sangat cocok bagi para pemula:

1. Adobe DreamWeaver

Pilihan pertama ada Adobe DreamWeaver yang cukup canggih untuk digunakan. Software ini memungkinkan penggunanya untuk menuliskan kode serta membuat desain template web sesuai keinginan. Menariknya lagi, pengguna juga bisa melakukan drag and drop design yang sudah dibuat sehingga preview dari desain tersebut bisa dilihat dengan mudah. Artinya, pengguna bisa melihat hasil pengkodean secara live.

Fitur inilah yang mempermudah para pengguna pemula dalam membuat desain website sesuai keinginan. Menariknya lagi dua fitur tersebut bisa digunakan secara bersamaan. Jadi pengguna bisa membuat desain dan menuliskan kode sekaligus melihat preview. Nantinya pengguna bisa menyeret opsi yang sudah terlihat di-preview kembali ke layar pengkodean untuk diperbaiki.

2. Figma

Berikutnya ada Figma yang sangat bermanfaat untuk membuat mockup sebuah website. Software ini memang bersifat multifungsi karena pengguna bisa menggunakannya untuk membuat mockup serta wireframing. Cukup direkomendasikan bagi pemula karena memang fiturnya simple dan mudah untuk dipahami.

Software ini juga bisa digunakan secara gratis dan pengguna bisa mengaksesnya dalam bentuk tim. Jadi satu template desain website bisa dikerjakan bersama-sama dengan anggota tim yang lain. Figma juga dianggap sebagai software web design terbaik yang bisa digunakan untuk berbagi proyek dengan klien sehingga diskusi lebih mudah untuk dilakukan.

3. Bootstrap Studio

Rekomendasi lainnya adalah Bootstrap Studio. Software ini sangat cocok dipakai untuk membuat desain web bagi pengguna yang belum menguasai coding. Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan waktu loading-nya juga terbilang sangat cepat. Selain itu software ini juga bisa menampilkan grafik yang interaktif sehingga cukup mudah untuk digunakan.

Di Bootstrap Studio, pengguna bisa menemukan banyak pilihan template dan widget. Tinggal dipilih saja sesuai kreativitas dan keinginan dalam pembuatan desain website. Selain itu software ini juga mengembangkan sebuah framework yang akan mempermudah proses pembuatan desain web. Framework ini memungkinkan pengguna untuk menguji website yang sedang dirancang secara live.

4. InVision Studio

Desainer web pemula juga bisa mencoba software InVision Studio. Ini merupakan sebuah software berbasis desktop yang sangat sering dipakai untuk membuat prototipe. Software ini lebih fokus pada pembuatan animasi dalam prototipe dari sebuah desain website. Salah satu keunggulan dari InVision Studio adalah langsung terkoneksi dengan sistem cloud sehingga desain yang dibuat bisa disimpan dan dibagikan dengan mudah.

5. Wix

Software Wix juga sangat direkomendasikan untuk membuat sebuah desain web. Software ini sangat mudah untuk digunakan dan punya banyak koleksi template beserta widget. Para pemula pasti akan sangat senang menggunakan Wix karena pemakaiannya tidak butuh pengetahuan dasar coding. Semua fitur yang tersedia di Wix ini bisa diakses melalui sistem drag and drop.

Semua pilihan software web design ini dinilai cocok untuk para pemula. Selain mudah untuk digunakan, fitur-fiturnya juga terbilang lengkap sesuai kebutuhan pembuatan desain web. Tak ada salahnya untuk mencoba satu per satu software yang tersedia agar bisa ditemukan mana software yang paling cocok dan mudah untuk digunakan.