Keuntungan Investasi Reksadana yang Harus Diketahui Pemula


Saat ini investasi sudah menjadi pilihan hidup bagi sebagian besar orang dengan tujuan untuk menata masa depan. Salah satu alat investasi yang banyak digunakan adalah reksadana karena dianggap lebih mudah. Keuntungan investasi reksadana memang cukup menjanjikan bagi investor pemula. 

Selain mudah dilakukan instrumen investasi ini tidak membutuhkan modal yang besar. Bagi pemula yang ingin memulai investasi pasti penasaran apa keuntungan yang akan didapatkan. Apa saja keuntungan investasi reksadana ini? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Nominal Return yang Menarik

Return reksadana bisa dilihat langsung oleh calon investor sebelum melakukan pembelian produk. Investor bisa memilih produk reksadana sesuai imbal balik yang diinginkan dan tenor sesuai kebutuhan. Besarnya keuntungan investasi reksadana sangat beragam untuk tenor 5 tahun, nominal return reksadana bisa mencapai 45-100%. Produk reksadana yang memiliki potensi return tertinggi adalah RDS (reksadana saham).

2. Pengelolaan Investasi Mudah

Saat melakukan investasi reksadana  artinya investor mempercayakan asset kepada manajer investasi dari sebuah perusahaan investasi. Investor tidak perlu repot lagi melakukan pengelolaan asetnya, karena manajer investasi lah yang akan mengambil alih. Dari aset para investor yang terkumpul, manajer investasi akan melakukan pengelolaan aset.

Manajer investasi melakukan investasi yang menguntungkan pada perusahaan atau pasar uang sehingga aset akan berkembang. Para investor tinggal menunggu saja hasil atau keuntungan investasi setiap harinya tanpa repot-repot melakukan pengelolaan sendiri.

3. Bebas Pajak

Investor reksadana akan mendapatkan keuntungan yang diupdate setiap hari oleh perusahaan investasi. Keuntungan yang didapatkan oleh investor tersebut adalah keuntungan bersih yang sudah bebas pajak. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi investor karena tidak perlu lagi membayar pajak dari keuntungan yang didapatkan saat penjualan produk.

4. Modal Awal yang Dibutuhkan Terjangkau

Investasi reksadana bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan oleh pemula yang memiliki modal kecil. Hal ini karena modal yang dibutuhkan untuk investasi reksadana cukup terjangkau. Investor hanya perlu menyiapkan uang di rekening 100ribu rupiah untuk melakukan pembelian minimal produk reksadana.

5. Kemudahan Membeli Produk

Selain pembeliannya yang murah hanya butuh sedikit modal, keuntungan investasi reksadana lainnya  yang bisa dirasakan adalah kemudahan proses pembelian produk. Investor bisa melakukan pembelian produk secara online melalui aplikasi penyedia. Pilih saja aplikasi yang kredibel, install dan mulailah melakukan investasi dengan membeli produk reksadana yang diinginkan.

6. Tidak Ada Resiko Kehilangan

Melakukan investasi memang harus siap menanggung resiko bahkan resiko kehilangan aset. Namun bagi investor reksadana tidak perlu khawatir karena tidak ada resiko kehilangan aset jika melakukan investasi produk reksadana. Investor hanya perlu sabar dan menunggu nilai aset naik kebai jika produk yang dibeli sedang mengalami penurunan, sehingga tidak akan rugi atau kehilangan aset.

7. Bisa Melakukan Diversifikasi Investasi

Bagi investor sangat penting melakukan diversifikasi investasi, hal ini bertujuan untuk melindungi aset. Pada investasi reksadana, sangat meungkinkan bagi investor elakukan diversifikasi investasi karena banyak pilihan instrument yang bisa dipilih, seperti pasar uang, pendapatan tetap dan saham. Dengan melakukan diversifikasi pada instrumen yang berbeda maka keuntungan akan semakin maksimal dan resiko kerugian akan semakin kecil.

Itulah ulasan lengkap tentang keuntungan investasi reksadana yang ternyata benar-benar menguntungkan bagi investor. Bagi yang ingin memulai berinvestasi reksadana memang bisa jadi pilihan yang tepat, apalagi jika ingin investasi dalam jangka panjang. Dengan melakukan investasi secara konsisten maka return yang akan diterima akan cukup untuk menikmati masa depan.