Cara Mengatasi Komputer Lemot Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Mengatasi Komputer Lemot Dengan Mudah Dan Cepat - Perangkat elektronik seperti komputer, laptop dan handphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Komputer dan laptop sangat dibutuhkan, mengingat kepraktisan penggunaan dan fungsinya yang lengkap. Bagi pekerja hingga anak sekolah dan mahasiswa, komputer dan laptop adalah tempat untuk melakukan segala macam tugas.



Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pengguna komputer dan laptop adalah penurunan kapasitas kinerja perangkat. Komputer akan menjadi berat dan lambat jika menyimpan terlalu banyak data dan digunakan terus menerus tanpa istirahat. Faktor usia komputer juga bisa menjadi penyebab komputer lambat.

Umumnya cara mengatasi komputer lemot bisa dengan menyesuaikan software yang diinstal dengan spesifikasi hardware yang diinstal. Anda juga dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan, menginstal anti virus, memperhatikan kebersihan perangkat keras dan sebagainya. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara Mengatasi Komputer Lemot dengan mudah dan cepat agar dapat berfungsi kembali secara maksimal.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Bersihkan Komputer Dari Virus Atau Malware

Sangat penting untuk memeriksa apakah komputer Anda terinfeksi sebuah virus atau tidak. Salah satu penyebab kinerja komputer lambat biasanya karena komputer Anda mengandung sebuah virus atau malware. Serangan virus atau malware yang tidak disadari bisa membebani perangkat komputer yang Anda gunakan. Ada banyak jenis virus dan malware.

Cara tercepat dan paling praktis untuk memperbaiki sebuah komputer yang lambat karena virus atau malware adalah dengan menginstal program anti-virus di perangkat Anda. Ada beberapa program anti-virus yang tersedia, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Jangan Buka Terlalu Banyak Startup Program

Terlalu banyak program startup di komputer Anda juga menjadi salah satu penyebab komputer lambat. Banyaknya aplikasi yang berjalan pada saat start-up membuat RAM bekerja terlalu keras dalam mengalokasikan seluruh ruang yang dimilikinya pada aplikasi yang berjalan saat start-up.

Hal ini tentu saja membuat RAM sangat terbebani. Cara mengatasi komputer yang lemot akibat hal tersebut dengan cara menonaktifkan atau mematikan beberapa program start up yang berjalan secara default di komputer. Di Windows 10, Anda dapat membatasi aktivitas beberapa aplikasi otomatis dengan membuka task manager, memilih tab Startup, lalu pada tab itu pilih beberapa aplikasi yang akan dibatasi, lalu restart.

Periksa Kondisi Harddisk Komputer

Seringkali, komputer menjadi lambat karena terlalu panas atau terlalu panas. Bisa juga karena ada masalah dengan harddisk. Masalah hardisk yang sering ditemui adalah karena hardisk memiliki space yang sedikit, terfragmentasi, terlalu lama hingga rpm turun, atau hardisk mengalami error/bad sector. Penumpukan file-file temporer pada hard disk juga berdampak pada melambatnya kinerja komputer.

Cara mengatasi komputer lemot akibat masalah hardisk adalah, jika hardisk yang anda miliki sudah tua, maka lebih baik anda menggantinya dengan yang baru. Perangkat elektronik memiliki batasan usia dan masa pakai. Jika perangkat elektronik sudah tua, maka akan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan.

Jika penyebabnya adalah harddisk yang terfragmentasi, maka solusinya Anda perlu melakukan defragment pada harddisk minimal sekali atau dua kali dalam seminggu. Caranya, ketik Disk Defragmenter di Start Menu, maka Anda bisa melakukannya secara berkala.

Uninstall Program Yang Tidak Perlu

Komputer pribadi biasanya diisi dengan berbagai program, bahkan program yang tidak diperlukan dan tidak pernah digunakan sama sekali. Masalahnya, beberapa program ini dapat berjalan di latar belakang proses dan memakan sumber daya komputer yang tersedia.

Selain membuat harddisk anda penuh, program yang tidak terpakai yang berjalan di background dapat membuat komputer menjadi lambat. Cara Mengatasi Komputer Lambat Karena Ini Anda harus menghapus atau uninstall program yang tidak Anda gunakan dan tidak perlukan. Ini akan mengurangi beban kerja CPU komputer dan meningkatkan kinerjanya.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Komputer Lemot Dengan Mudah Dan Cepat semoga bermanfaat.