Cara Mencari Akun Twitter dengan Nomor Telepon Pakai Aplikasi Kontak


Pengguna Twitter memiliki kemudahan pencarian akun lewat adanya fitur search yang sudah disediakan. Namun, ternyata ada lagi cara untuk mencari akun Twitter tanpa memakai fitur search dan tanpa menggunakan nama akun. Ada cara mencari akun Twitter dengan nomor telepon dan belum banyak yang tahu tentang hal ini. Mari simak seperti apa caranya melalui penjelasan berikut ini:

Mencari Akun Twitter dengan Nomor HP

Tak sulit sebenarnya untuk menemukan akun Twitter meskipun hanya bermodalkan nomor HP. Pencarian ini tidak akan menggunakan fitur search yang sudah disediakan oleh Twitter. Pengguna akan memakai aplikasi kontak yang ada di perangkat HP masing-masing. Prinsipnya mudah, pengguna hanya perlu menyambungkan Twitter dengan aplikasi kontak yang dimiliki di perangkat.

Mencari Twitter dengan menggunakan nomor HP biasanya dilakukan jika tak ingin bertanya langsung kepada pemilik akunnya. Banyak pengguna Twitter yang ingin stalking dulu tanpa bertanya langsung ke si pemilik akun. Selain itu cara ini juga dibutuhkan jika sudah dicoba untuk mencari nama akun di fitur search namun tidak berhasil.

Lalu, bagaimana caranya melakukan penyambungan agar Twitter dan kontak bisa tersinkronisasi? Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Silakan masuk ke aplikasi Twitter.
  • Klik menu yang ada pada ikon garis tiga di sebelah kiri layar.
  • Selanjutnya pilih opsi Profile dan masuk ke menu Pengaturan dan Privasi.
  • Setelah itu carilah menu Privasi dan Keamanan lalu klik di sana.
  • Pilih opsi Ketertemuan dan Kontak untuk melakukan sinkronisasi Twitter dengan aplikasi kontak di smartphone.
  • Temukan Sinkronisasi Kontak Buku Alamat lalu klik pada opsi tersebut.
  • Tunggu sampai proses sinkronisasi selesai dilakukan.

Proses sinkronisasi ini bisa berjalan lama maupun singkat tergantung koneksi internet. Selain itu beban data dari aplikasi kontak juga akan berpengaruh pada kecepatan sinkronisasi. Tunggu saja sampai muncul notifikasi bahwa proses sinkronisasi dengan kontak sudah selesai dilakukan.

Jika proses sinkronisasi ini selesai, maka pengguna bisa langsung melihat akun Twitter orang lain yang nomor HP-nya tersimpan di aplikasi kontak. Jadi pengguna tak harus mencari nama akun lewat kolom search di Twitter. Selain itu pengguna juga bisa langsung klik tombol follow jika memang ingin mengikuti akun yang bersangkutan tadi.

Hal yang Penting Diperhatikan

Cara mencari akun Twitter dengan nomor telepon ini mungkin sangat mudah. Proses sinkronisasinya juga terbilang praktis dan dapat berlangsung dengan cepat. Namun penting sekali untuk dipahami bahwa ada risiko yang harus siap ditanggung saat melakukan sinkronisasi tersebut.

Proses sinkronisasi ini bisa saja membuat data pribadi terutama nomor HP pengguna bocor dan dimanfaatkan oleh hacker atau pelaku cyber crime. Sebelumnya pernah diberitakan kasus peretasan yang ternyata mendapatkan nomor telepon korban dengan cara sinkronisasi seperti ini. Tentu bisa lebih buruk lagi jika nomor tersebut kemudian tersebar ke tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, langsung saja hentikan sinkronisasi jika sudah berhasil menemukan akun Twitter berdasarkan nomor HP. Cara menghentikan sinkronisasi ini sangat mudah. Langsung saja masuk ke menu sinkronisasi Twitter seperti yang sudah dijelaskan tadi dan hapus tanda centang pada kolom sinkronisasi.

Gunakan cara mencari akun Twitter dengan nomor telepon ini secara bijak. Pakailah jika memang dibutuhkan dan tetap ikuti ketentuan pemakaian yang sudah diatur oleh twitter. Tetap jaga keamanan data pribadi demi kenyamanan selama menggunakan media sosial Twitter.

\