Inilah 6 Aplikasi Investasi Syariah OJK yang Aman Bagi Pemula


Bagi seorang muslim, investasi syariah bisa menjadi pilihan ketika hendak menyiapkan dana di masa mendatang. Sebab, investasi semacam ini akan dilaksanakan berdasarkan syariat Islam, termasuk memilih produk-produk yang halal sebagai pasar modal.  Bisa dilihat beberapa aplikasi investasi syariah OJK yang bisa menjadi pilihan tatkala bingung mengambil pilihan investasi yang tepat.

Pada investasi syariah, dana yang terkumpul tidak akan ditempatkan pada perusahaan yang menawarkan produk non halal. Selain memperhatikan produk, pembaca juga harus mencari aplikasi investasi yang berada di bawah pengawasan OJK. Sehingga, investasi yang dijalankan sudah dijamin keamanannya. Berikut rekomendasi investasi syariah yang telah berizin OJK:

1. LinkAja Syariah

Pembaca mungkin lebih familiar dengan aplikasi ini sebagai salah satu media dalam membayar berbagai transaksi. Seperti transportasi, pulsa, listrik, dan sebagainya. Akan tetapi, aplikasi yang dikembangkan oleh PT Fintek Karya Nusantara ini juga bisa menjadi media dalam berinvestasi syariah. Layanan yang tersedia aman dan menjamin keuntungan bagi para pengguna, terutama dalam mempersiapkan dana jangka panjang.

2. Bibit

Aplikasi ini dirilis oleh PT Bibit Tumbuh Bersama pada tahun 2019. Bibit menawarkan pilihan reksadana yang secara umum berbeda dengan investasi saham. Pilihan ini sangat cocok bagi pembaca yang baru mencoba investasi dengan modal terbatas. Sebab, untuk deposit awal bisa dilakukan dengan dana minimal Rp10 ribu hingga Rp100 ribu saja.

Adapun dana dari investor yang terkumpul akan dikelola oleh manajer yang profesional, sehingga lebih aman. Melalui investasi syariah OJK ini, pengguna dapat memulai investasi dengan tetap mempertimbangkan syariat Islam. Selain itu, ada banyak pilihan jenis reksadana lain seperti obligasi, reksadana saham, dan pasar uang yang bisa dioptimalkan untuk mempersiapkan dana masa depan.

3. IPOT

Aplikasi IPOT merupakan besutan PT Indo Premier Sekuritas yang rilis pada Mei 2020. Salah satu kelebihannya adalah menyediakan fitur Robot Trading yang memungkinkan pembelian dan penjualan saham sesuai harga yang diinginkan investor. Melalui fitur fund evaluator, pengguna dapat menentukan jenis investasi reksadana sesuai dengan kebutuhan.

4. HPX Syariah

Sistem perdagangan saham dengan prinsip syariah kini bisa dikerjakan melalui aplikasi HPX Syariah. Transaksi yang dilakukan sesuai dengan saldo cash, sehingga investasi ini sifatnya bebas riba. Investor juga tidak diperkenankan untuk melakukan short, sebab investasi telah diatur oleh Fatwa Dewan Syariah Nasional. HPX Syariah mulai dirilis tahun 2018 dengan fitur analisis yang mudah dioperasikan.

5. MOST Mobile Mandiri

Menyiapkan dana untuk kepentingan masa depan bisa dengan cara berinvestasi melalui MOST Mobile Mandiri. Aplikasi yang rilis pada tahun 2016 ini memfasilitasi pengguna untuk berinvestasi saham sesuai dengan prinsip syariah. Guna memotivasi rencana investasi, MOST Mobile Mandiri dilengkapi dengan fitur simulasi investasi yang dapat dicoba secara gratis. Sehingga, investor bisa memperkirakan target yang akan dicapai kelak.

6. RHB TradeSmart

Melalui aplikasi RHB TradeSmart, pengguna bisa menikmati transaksi jual beli saham dengan sangat terjangkau. Aplikasi yang rilis di tahun 2018 ini mempunyai fitur ARO guna mendukung setiap keputusan investasi. Pengguna juga akan mendapatkan koin setiap kali melakukan transaksi dan bisa diakumulasi pada e-wallet. Pembukaan akun bisa dilakukan dengan melakukan deposit minimal Rp100 ribu.

Demikian rekomendasi investasi syariah OJK yang bisa dimulai bagi investor dalam rangka menyiapkan dana jangka panjang. Pada dasarnya aplikasi investasi syariah di atas sangat bisa diandalkan, terutama bagi pemula. Mengingat pengguna hanya perlu memanfaatkan smartphone saja agar bisa memulai melakukan investasi dengan mudah dan lebih praktis.