Begini Cara Mengatasi USB Not Recognize dengan Mudah

cara mengatasi usb not recognize

Memang tidak dapat dielakkan bahwa pada masa sekarang ini, masih banyak ditemukan beberapa permasalahan genting seperti USB yang tidak masuk. Untungnya semakin ke sini semakin banyak pula beberapa jenis cara mengatasi USB not recognize dengan mudah tanpa membuang waktu banyak. Belum lagi jika beberapa orang membutuhkan solusi yang memang cepat.

Sebenarnya, bukan lagi hal yang termasuk mengejutkan ketika USB yang ingin dipakai ternyata malah tidak bisa terdeteksi di laptop. Apalagi banyak faktor yang terjadi memang secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan jenis benda yang penting tersebut tidak dapat dipakai. Simak beberapa cara mengatasinya berikut ini agar urusannya bisa diselesaikan:

1. Memasang Ulang USB

Pertama, setiap orang sebenarnya bisa mengatasi permasalahan yang umum terkait dengan USB yang tidak terdeteksi dengan melepaskan USB terlebih dahulu. Nantinya juga sudah dilepaskan, maka silahkan tunggu dahulu selama beberapa detik lalu coba kembali pasang USB tersebut dengan lebih hati-hati. Pastikan proses pemasangan USB tersebut memang sudah tepat sesuai tempatnya.

2. Mencoba Port Lain

Sementara itu, untuk solusi yang kedua ini juga tidak kalah menarik dan mudah untuk dicoba secara langsung tanpa harus ribet. Setiap orang hanya perlu mencabut dahulu USB yang sebelumnya terpasang kemudian mencobanya di bagian port yang lainnya yang sudah ada. Tunggu selama beberapa waktu karena biasanya ada proses loading dahulu. 

3. Menghidupkan Kembali Laptop

Jenis cara mengatasi USB not recognize yang berikutnya ini secara sederhana bisa dicoba tidak hanya dengan mudah namun juga sederhana. Bahkan setiap pemula juga bisa mencobanya secara langsung hanya dengan menggunakan bantuan dari menu Restart yang sudah ada di laptop. Namun sebaiknya tunggu selama beberapa waktu setelah laptop hidup kembali.

4. Menghapus Instalasi Driver

Tidak dapat dielakkan bahwa terkadang permasalahan USB yang sudah dipasang namun tidak terdeteksi berkaitan erat dengan Driver yang ternyata eror. Silakan atasi permasalahan ini dengan mudah dan langsung membuka bagian Driver Manager khusus USB yang ada dan coba cek bagian instalasi. Lanjutkan dengan menghapus instalasi tersebut sebelum nantinya mencoba memasukkan USB.

5. Mematikan Power Management

Jangan sampai ketinggalan untuk dipraktekkan secara langsung, ada juga jenis cara mengatasi USB not recognize yang direkomendasikan untuk dijadikan pilihan. Bahkan cara ini hanya perlu dilakukan dengan membuka bagian Device Manager yang sudah ada dan melanjutkan memilih bagian Power Management. Silakan coba untuk mematikannya dahulu lalu mencoba memasukkan lagi USB.

6. Memperbaharui Device Driver

Kemudian ada juga jenis cara yang lainnya yang bisa memberikan banyak keuntungan terutama terkait dengan akses USB yang sempat terkendala. Setiap orang bahkan hanya perlu memanfaatkan menu khusus Diver Manager yang sudah tersedia di laptop masing-masing sebelum nantinya memeriksa versinya. Langsung saja lanjutkan dengan memperbaharui bagian Device dan tunggu prosesnya.

7. Melakukan Scan Hardware

Cara yang terakhir ini tentu saja jangan sampai dilewatkan untuk dicoba secara langsung terutama bagi yang ternyata memiliki banyak waktu. Bahkan sebenarnya jenis cara ini juga dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan memanfaatkan bantuan tombol dari Windows ditambah huruf R. Walaupun begitu, proses scanning bisa cukup menghabiskan durasi yang lama.

Ulasan mengenai beberapa jenis cara mengatasi USB not recognize secara detail di atas tentu saja dapat dimanfaatkan oleh setiap orang. Namun sebaiknya setiap orang sudah mengetahui dan memahami jenis cara tersebut secara detail sehingga nantinya bisa lebih mudah dalam mempraktikkan. Selain itu, sesuaikan pula uraian di atas dengan kebutuhan masing-masing.