5 Aplikasi Detak Jantung Janin Paling Direkomendasikan


Di masa kehamilannya, calon ibu pasti ingin selalu memantau perkembangan janin dalam kandungan. Kini calon ibu bisa dengan mudah memantau kondisi janin melalui aplikasi detak jantung janin. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini digunakan untuk mendengar dan memantau detak jantung janin di dalam rahim. Berikut ini adalah 5 pilihan aplikasi yang bisa digunakan ibu untuk mendengar detak jantung si janin:

1. My Baby’s Beat

Aplikasi pertama adalah My Baby’s Beat. Aplikasi ini banyak disukai oleh para ibu hamil karena memiliki kemampuan memperdengarkan suara detak jantung bayi dengan sangat baik. Hanya saja memang aplikasi ini merupakan jenis aplikasi berbayar sehingga calon ibu harus mengeluarkan uang agar bisa menggunakannya.

My Baby’s Beat bisa mulai digunakan kapan saja. Hanya saja hasil paling maksimal yang ditunjukkan oleh alat ini baru bisa terlihat ketika usia janin sudah memasuki 30-40 minggu. Aplikasi ini dapat digunakan di perangkat Android maupun iOS dan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya untuk memantau perkembangan janin di dalam kandungan sang ibu.

2. Sprout

Berikutnya ada aplikasi Sprout yang juga sangat direkomendasikan bagi ibu hamil. Aplikasi ini memberikan banyak sekali informasi penting seputar kehamilan dan perkembangan calon bayi sebelum lahir. Selain itu, Sprout juga menjadi aplikasi kontrol kehamilan yang sangat membantu ibu untuk mengetahui usia kandungan sekaligus perkembangan di usia tersebut.

Melalui Sprout, ibu hamil bisa mendengarkan detak jantung si kecil di dalam rahim. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghitung berapa banyak tendangan si kecil setiap hari. Jadi sangat bagus untuk memantau apakah kondisi janin sehat atau ada gangguan tertentu. Sprout juga bisa menjadi alat bantu untuk memantau kondisi kandungan sebelum ibu hamil melakukan kontrol rutin ke dokter.

3. Baby Heart Beat

Ibu hamil juga bisa memantau detak jantung janin dengan menggunakan aplikasi Baby Heart Beat. Aplikasi satu ini punya fitur yang sangat lengkap dan bermanfaat sekali untuk dimiliki oleh ibu hamil. Pada dasarnya prinsip kerja aplikasi ini mirip dengan alat pendeteksi doppler hanya saja lebih sederhana karena bisa diakses mobile. Pemakaian Baby Heart Beat ini lebih optimal pada usia janin di atas 30 minggu.

4. Bellabeat Sistem Connected

Aplikasi detak jantung janin berikutnya yang juga direkomendasikan untuk ibu hamil adalah Bellabeat Sistem Connected. Aplikasi ini akan merekam suara serta gerakan yang dibuat oleh janin ketika masih berada dalam kandungan. Menariknya lagi, aplikasi ini juga bisa memperkirakan berat janin sehingga mempermudah pemantauan janin oleh sang ibu. Bellabeat Sistem Connected bisa diakses siapa saja secara gratis.

5. I’m Expecting

Rekomendasi berikutnya adalah aplikasi I’m Expecting. Aplikasi ini juga tak kalah populer dan sangat efektif membantu ibu hamil menghitung detak jantung janin di dalam kandungan. Selain menghitung detak jantung, aplikasi ini bisa membantu memberikan informasi mengenai pergerakan janin di dalam kandungan.

Menariknya lagi, I’m Expecting juga dilengkapi dengan fitur untuk menghitung berat badan. Nantinya ibu hamil juga bisa memberikan tips dan informasi yang bermanfaat selama masa kehamilan. Tersedia juga fitur diskusi dimana ibu hamil bisa saling bertukar cerita dan informasi dengan pengguna yang lain.

Itulah tadi 5 pilihan aplikasi detak jantung janin yang paling direkomendasikan. Semua aplikasi ini memang sangat efektif membantu ibu hamil memantau kondisi janin. Namun perlu dipahami juga bahwa ibu hamil tetap harus berkonsultasi dengan dokter kandungan agar bisa mengetahui kondisi janin secara pasti.