Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Garansi Oppo dan Hal yang Membuatnya Tidak Berlaku


Memahami cara cek garansi Oppo dibutuhkan untuk membantu apabila hp mengalami masalah atau terjadi kerusakan. Selain itu garansi yang masih berlaku juga berguna pada saat menjual hp sehingga bisa mematok harga yang cukup tinggi. Apalagi saat ini semakin banyak terjadi penipuan yang mengatakan bahwa ponsel memiliki garansi padahal tidak. Oleh karena itu, memeriksa garansi sangat penting.

Apa Itu Garansi Oppo?

Saat ini semakin banyak produk ponsel pintar yang dilengkapi garansi untuk memastikan keamanan barang, begitu juga dengan smartphone Oppo. Akan tetapi belum banyak orang memahami seputar garansi. Secara sederhana, garansi adalah jaminan kualitas sebuah produk sudah terjual. Kerusakan yang terjadi akan ditanggung oleh vendor/produsen sesuai syarat serta ketentuannya masing-masing.

Layanan garansi ini bisa digunakan sesuai jangka waktu yang sudah ditentukan oleh pihak vendor semenjak tanggal penjualannya. Pengguna bisa melakukan klaim menuju service center yang resmi sambil membawa paket pembelian lengkap sesudah memeriksa garansi ponselnya. Dengan layanan garansi, pengguna Oppo bisa melakukan claim untuk perbaikan, namun bukan untuk hp yang hilang.

Cara Cek Garansi Oppo

Cara termudah untuk mengetahui masa garansi hp Oppo yakni dengan melihatnya langsung pada kartu garansi serta faktur pembeliannya. Keduanya didapatkan pada saat membeli hp baru bersama dengan paket headset, manual book, dan sebagainya. Meski begitu, cek garansi dengan cara ini bersifat estimasi sederhana. Agar mendapatkan informasi lebih akurat, pengguna bisa melakukannya dengan langkah berikut:

1. Memeriksa Nomor IMEI

Periksa kode IMEI yang dimiliki ponsel. Caranya yakni masuk menuju menu “Setelan” lalu klik “Tentang Ponsel”. Lanjutkan dengan memilih “Status”. PIlihlah IMEI sehingga nanti akan ditunjukan nomornya.

Pengguna juga bisa memakai cara lain untuk mengetahui IMEI melalui menu telepon yang terdapat pada semua smartphone. Ketikkan kode berupa *#06# kemudian klik “Ok” atau logo yang berbentuk telepon. Perintah ini akan membuat ponsel menampilkan kotak berisi nomor IMEI milik hp Oppo tersebut.

2. Memeriksa Waktu Garansi di Situs Oppo

Buka browser setelah mendapatkan nomor IMEI dari perangkat Oppo yang digunakan. Cara cek garansi Oppo selanjutnya yaitu masuk ke website resmi Oppo untuk memeriksa garansi. Setelah berhasil masuk, pengguna bisa mengetikkan nomor IMEI yang sudah didapatkan pada langkah sebelumnya. Ketikkan juga kode captcha dengan benar untuk validasi. Tekan “Cek Sekarang” untuk melakukan pemeriksaan garansi. Selanjutnya situs ini akan menunjukkan sisa waktu dari masa garansi perangkat Oppo yang dimiliki.

Apa yang Membuat Garansi Oppo Tidak Berlaku?

Oppo memberlakukan ketentuan untuk layanan garansi. Tentunya pengguna wajib membawa bukti pembelian, kartu garansi beserta faktur. Perangkat Oppo juga haruslah dibeli di Indonesia, bukan dari negara lain. Untuk itu, pengguna perlu memahami beberapa hal yang membuat garansi tersebut tidak berlaku, yakni:

  • Ada kerusakan pada perangkat Oppo akibat kesalahan pengguna (jatuh, terendam, tergencet, dan sebagainya).
  • Pengguna tidak menunjukkan bukti dari pembelian beserta kartu garansi sah (kecuali dapat membuktikan perangkat masih berada pada masa garansi).
  • Sudah melewati masa garansi dari tanggal pembelian.
  • Perangkat rusak akibat pemakaian sehari-hari (tombol rusak, casing baret, terkena suhu ekstrem, dan lainnya).
  • Pengguna melakukan modifikasi pada sistem, rooting, dan kustomisasi ROM.

Demikianlah pembahasan bagaimana cara cek garansi Oppo. Seluruh ponsel Oppo pada dasarnya memiliki garansi 12 bulan. Namun tentunya mengetahui masa garansi yang akurat lebih bermanfaat untuk kedepannya, yakni dengan memakai nomor IMEI secara online. Setelah mengetahui masa garansinya, pengguna lebih aman karena bisa mengetahui yang perlu dilakukan saat perangkat mengalami kerusakan.