7 Cara Screenshot Vivo Y53 Dengan Mudah dan Efektif

Saungfirmware.idCara Screenshot Vivo Y53-Handphone Vivo Y53 adalah salah satunya perangkat populer yang sering dipakai oleh pengguna di Indonesia. Bagi pengguna smartphone, mengambil screenshot merupakan hal yang penting dalam aktivitas sehari-hari. Screenshot dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti berbagi informasi penting, menyimpan momen penting, atau menampilkan pesan atau kesalahan pada perangkat. Karena itu, penting untuk pengguna Vivo Y53 untuk ketahui langkah screenshot HP Vivo Y53 secara gampang dan efektif.

Dengan mengambil screenshot, Anda dapat dengan mudah membagikan informasi penting kepada orang lain. Misalnya, jika Anda menemukan pesan atau informasi yang relevan, Anda dapat segera mengambil tangkapan layar dan mengirimkannya ke teman, keluarga, atau kolega Anda melalui aplikasi perpesanan atau media sosial.

Tangkapan layar juga memungkinkan Anda merekam momen penting di layar perangkat. Misalnya, saat Anda mendapatkan skor tinggi dalam sebuah game atau melihat desain yang menarik, mengambil tangkapan layar memungkinkan Anda menyimpan momen dan membagikannya nanti.

Dalam beberapa situasi, mengambil tangkapan layar bisa menjadi cara efektif untuk mendokumentasikan sesuatu. Misalnya, jika Anda menerima pesan berisi petunjuk penting atau nomor referensi, mengambil tangkapan layar dapat membantu menyimpan riwayat dan mempermudah pengambilan informasi di masa mendatang.

Cara mengambil tangkapan layar (screenshot) Vivo Y53

Vivo Y53 merupakan smartphone terjangkau besutan Vivo yang hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 425, RAM 2GB, dan penyimpanan internal 16GB yang dapat ditambah menggunakan kartu microSD hingga 256GB.

Layarnya berukuran lebar 5 inci dan memiliki resolusi 960 x 540 piksel. Soal sektor kamera, Vivo membekali smartphone ini dengan kamera belakang 8 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.Sistem operasi yang dijalankannya tentunya adalah sistem operasi Android besutan Google yang kini sudah sangat umum ditemukan di smartphone modern. Android tentunya memiliki banyak fitur yang sangat berguna jika dibandingkan dengan ponsel lawas.

Baca Juga  Cara Mudah Ganti Nama Laptop

Salah satu fitur tersebut adalah screenshot untuk menangkap tampilan layar yang muncul. Semua smartphone Android dijamin bisa melakukan screenshot, namun caranya belum tentu sama untuk setiap model.
Bisa dibilang Vivo Y53 memiliki kombinasi tombol yang berbeda dibandingkan smartphone Android pada umumnya untuk mengaktifkan fitur screenshot agar dapat mengambil gambar layar.

Cara screenshot Vivo Y53 secara singkat

  • Pertama, pengguna perangkat dapat mengaktifkan smartphone Vivo Y53 terlebih dahulu
  • Selanjutnya, pengguna alat dapat memilih gambar, video, ikon atau dokumen yang ingin diambil screenshot di ponsel
  • Lalu tekan tombol Power dan Home secara bersamaan selama beberapa detik
  • Nanti layar akan berkedip dan akan terdengar suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah diambil
  • Gambar screenshot yang dihasilkan akan muncul di daftar notifikasi atau dapat diakses langsung oleh pengguna widget di aplikasi Galeri.

Cara mengambil tangkapan layar yang panjang

Mengambil screenshot biasanya memiliki batasan layar. Jadi terkadang semua yang ingin kita gambarkan tidak bisa ada dalam satu layar.Jika sering melakukan screenshot pasti akan sangat melelahkan. Selain itu, seringnya melakukan aktivitas screenshot justru akan membuat memori terisi karena akan ada lebih dari satu gambar yang tersimpan di galeri ponsel Anda.

Mengambil screenshot panjang jelas merupakan solusinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengambil screenshot berukuran panjang, mulai dari menggunakan aplikasi hingga tanpa aplikasi.
Berikut ulasan cara screenshot di hp Vivo untuk screenshot panjang yang bisa Anda lakukan:

Baca Juga  Cara Melacak Nomor HP Lewat Internet Paling Mudah

Cara screenshot hp Vivo melalui S Capture

Cara mengambil screenshot di hp Vivo sama seperti di atas. Namun, Anda dapat memilih beberapa cara untuk mengambil screenshot tergantung keinginan Anda. Misalnya Long Screenshot yaitu melakukan perekaman layar (screen record) pada screenshot biasa yang disebut juga dengan screenshot persegi panjang.

Cara mengambil screenshot ponsel Vivo melalui Control Center

Tampaknya cara mengambil screenshot ponsel Vivo Y12 ini juga menyediakan cara mengambil screenshot dari Control Center. Tangkapan layar ini diambil untuk menangkap tangkapan layar yang cukup panjang. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka tampilan halaman tempat Anda ingin mengambil tangkapan layar panjang
  • Gulir ke atas hingga Anda mencapai panah bawah (V), yang biasanya berada di bagian bawah
  • Pusat Kendali akan muncul
  • Klik pada ikon S-Capture
  • Akan muncul lingkaran menu baru, pilih bagian Long Screenshot
  • Ponsel akan mengambil screenshot secara otomatis, klik untuk menghentikan proses pengambilan screenshot
  • Saksikan atau lihat hasil tangkapan layar di galeri hp

Langkah screenshot hp Vivo lewat Screen Master

Cara mengambil screenshot ponsel Vivo menggunakan aplikasi screenshot. Hal ini bisa dilakukan jika tombol atau fungsi screenshot bawaan ponsel sudah tidak berfungsi lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi Screen Master di Playstore
  • Setelah mengunduh aplikasi, silakan buka aplikasi dan pilih Aktifkan Screencapture untuk mengaktifkan fitur tersebut
  • Pastikan Tampilkan Tombol Mengambang aktif
  • Membuka layar yang ingin Diambil tangkapan layarnya
  • Klik knop widget berwujud camera yang umumnya berada disebelah kanan hp
  • Pilih Mulai Saat ini untuk memulai tangkapan layar di atas jendela pop-up yang ada
  • Pilih Kecualikan Bilah Status untuk hapus bilah status dari tangkapan layar, kemudian simpan
Baca Juga  Cara Restart HP Samsung Mudah dan Aman

Cara screenshot hp vivo menggunakan 3 jari

Anda juga bisa mengambil screenshot HP Vivo Anda menggunakan 3 jari dengan cara di bawah ini:

  • Membuka menu Setting di hp Vivo Anda
  • Pilih bagian menu Screenshot lalu aktifkan Screenshot menggunakan tiga jari
  • Kemudian, silahkan kembali lagi ke halaman beranda
  • Kemudian buka halaman yang ingin Anda ambil screenshotnya
  • Gulir layar dengan tiga jari dari atas ke bawah
  • Layar ponsel akan berkedip jika tangkapan layar berhasil
  • Silakan periksa hasil SS di galeri ponsel Anda

Cara mengambil screenshot di ponsel Vivo Anda sangatlah mudah. Apalagi pada ponsel Vivo terbaru yang menyediakan banyak pilihan screenshot untuk keamanan pengguna.

Akhir kata

Mengambil screenshot di Vivo Y53 adalah tugas yang mudah dengan berbagai metode yang tersedia. Anda dapat menggunakan tombol fisik, gestur tiga jari, atau bahkan mengambil screenshot panjang. Screenshot adalah alat yang berguna untuk berbagai keperluan, seperti berbagi informasi, membuat tutorial, dan mengambil catatan.

Jadi, tidak masalah apakah Anda seorang pengguna reguler atau seorang pengguna yang sering memerlukan screenshot, Vivo Y53 memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mengambil dan mengelola tangkapan layar Anda.

Leave a Comment