Perbedaan Windows 10 Home dan Pro | Apa Saja Keunggulanya?

saungfirmware.id – Perbedaan Windows 10 Home dan Pro – Windows 10 Home adalah edisi Windows 10 yang lebih terjangkau. Dan lebih cocok untuk pengguna rumahan. Dilengkapi dengan fitur seperti Cortana, browser Microsoft Edge. Windows Hello, dan pembaruan otomatis. Namun tidak mendukung beberapa fitur lanjutan. Seperti BitLocker, Windows Remote Desktop, dan Hyper-V.

Di sisi lain, Windows 10 Pro adalah edisi Windows 10 yang lebih mahal. Dan lebih cocok untuk pengguna bisnis atau perusahaan. Fitur yang tersedia lebih kompleks antara lain. Mendukung BitLocker, Windows Remote Desktop, dan Hyper-V.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro.

Hal-hal yang Membedakan Windows 10 Home dengan Pro - TeknosID

Secara keseluruhan Windows 10 Home lebih cocok untuk pengguna rumahan atau pribadi. Yang hanya membutuhkan fitur dasar. Sedangkan Windows 10 Pro lebih cocok untuk pengguna bisnis atau perusahaan. Yang membutuhkan fitur tambahan seperti enkripsi disk, remote desktop, dan pengelolaan kebijakan grup.

Fitur utama atau core feature

Fitur utama atau core feature dari Windows 10 Home dan Windows 10 Pro pada dasarnya sama. Namun terdapat beberapa perbedaan di sisi penggunaanya. Berikut adalah beberapa fitur utama atau core feature. Yang tersedia pada kedua edisi sistem operasi tersebut:

Baca Juga  Laptop Gaming terbaik 2023 Gaming Editing OK!
Fitur UtamaWindows 10 HomeWindows 10 ProPenjelasan
Start MenuStart Menu menyediakan akses cepat ke aplikasi dan file, serta fitur pencarian yang efisien. Fitur ini tersedia di kedua edisi Windows 10 Home dan Pro.
Microsoft EdgeMicrosoft Edge adalah browser web bawaan dari Windows 10. Fitur ini tersedia di kedua edisi Windows 10 Home dan Pro.
Virtual DesktopsVirtual Desktops memungkinkan pengguna untuk membuat desktop virtual. Sehingga memudahkan pengorganisasian aplikasi dan file. Fitur ini tersedia di kedua edisi Windows 10 Home dan Pro.
CortanaCortana adalah asisten virtual yang memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan komputer. Fitur ini tersedia di kedua edisi Windows 10 Home dan Pro.
BitLockerXBitLocker adalah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi hard drive. Fitur ini hanya tersedia di Windows 10 Pro.
Remote DesktopXRemote Desktop memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Fitur ini hanya tersedia di Windows 10 Pro.
Keanggotaan DomainXKeanggotaan Domain memungkinkan komputer bergabung ke jaringan yang dikelola oleh server. Fitur ini hanya tersedia di Windows 10 Pro.
Pengelolaan Kebijakan GrupXPengelolaan Kebijakan Grup memungkinkan administrator . Untuk mengatur pengaturan di beberapa komputer sekaligus. Fitur ini hanya tersedia di Windows 10 Pro.
Hyper-VXHyper-V adalah fitur virtualisasi yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem operasi. Atau aplikasi di mesin virtual. Fitur ini hanya tersedia di Windows 10 Pro.
Baca Juga  Laptop Gaming Murah Ringan dan Spek Tinggi!

 

Kesimpulan

Terdapat beberapa perbedaan antara Windows 10 Home dan Pro. Meskipun keduanya memiliki fitur dasar seperti Start Menu, Microsoft Edge, Virtual Desktops, dan Cortana. Windows 10 Pro dilengkapi dengan fitur tambahan seperti BitLocker, Remote Desktop, Keanggotaan Domain. Pengelolaan Kebijakan Grup, dan Hyper-V. yang biasanya lebih ditujukan untuk keperluan bisnis atau penggunaan di lingkungan kerja. Yang membutuhkan keamanan dan pengelolaan yang lebih ketat.

Namun, Windows 10 Home tetap dapat digunakan untuk penggunaan pribadi. Atau keperluan non-bisnis, dan memiliki kelebihan dalam hal biaya yang lebih terjangkau. Dan kelebihan fitur seperti DirectX 12 Ultimate dan Game Mode yang ditujukan untuk gaming.

Leave a Comment