Ketahui Penyebab Dan Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected

Ketahui Penyebab Dan Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected - Flashdisk adalah media penyimpanan portabel yang menggunakan port USB untuk menghubungkannya ke perangkat komputer. Di era digital seperti sekarang ini, flash menjadi alat penyimpanan yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna PC/laptop, terutama bagi seseorang yang sehari-hari berurusan dengan layar monitor.

Dengan menggunakan flashdisk, memudahkan pengguna untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain secara efisien. Melihat fungsi dan perannya yang begitu penting dalam menunjang produktivitas, bukan berarti Anda selalu bisa menggunakannya dengan lancar.

Terkadang dalam kondisi tertentu, flash juga bisa mengalami malfungsi saat digunakan. Misalnya flashdisk tidak terbaca oleh sistem atau yang sering terjadi adalah munculnya informasi Disket write protected.

Write protected sendiri merupakan kondisi dimana flashdisk yang anda miliki terkunci, sehingga tidak bisa memasukan data, menghapus data bahkan sulit untuk memformat flashdisk tersebut. Meski kesalahan ini bukan masalah besar, Anda tetap akan merasa kesal saat mengalaminya, terutama saat situasi mendesak. Untuk mengetahui penyebab dan cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected, Anda bisa simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Flashdisk Write Protected

Asal Copot Flashdisk Dari Port USB

Meski terlihat sepele, ternyata melakukan eject/safety removable hardware sangat diperlukan saat mengirim atau memindahkan data ke flashdisk. Jika Anda sering melakukannya selama Anda melepas flash, dapat menyebabkan flash tidak berfungsi / error.

Flashdisk Rusak

Tidak hanya itu, lamanya masa pakai juga dapat mempengaruhi kinerja flash saat digunakan untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, jika Anda merasa flashdisk sudah rusak, sebaiknya gunakan flashdisk baru.

Terkena Virus/Malware

Seringkali pemilik flash tidak menyadari bahwa itu adalah virus/malware yang membuat pesan flash write protected terus bermunculan. Sangat disarankan agar Anda lebih berhati-hati dalam mencolokkan flash drive ke komputer yang mencurigakan, karena kita tidak tahu apakah komputer tersebut aman atau tidak.

Cara memperbaiki Flashdisk Write Protected

Lakukan Scan Dengan Antivirus

Cara pertama yang perlu Anda coba adalah dengan melakukan scan dengan aplikasi antivirus. Karena biasanya masalah write protected ini muncul karena flashdisk terkena virus/malware yang tidak anda ketahui. Jadi yang pasti, Anda dapat memindai sistem secara menyeluruh untuk hasil yang maksimal.

Selain menggunakan aplikasi bawaan Windows, Anda juga bisa melakukan scan dengan aplikasi antivirus lainnya. Saat ini sudah banyak aplikasi antivirus yang mampu membersihkan virus lebih optimal dibandingkan aplikasi antivirus bawaan.

Jalankan Perintah Command Prompt

Pada opsi kedua ini, Anda dapat menjalankan beberapa perintah Command Prompt untuk memperbaiki kesalahan pada flashdisk. Meski terlihat sederhana, cara ini terbukti ampuh menghilangkan pesan error write protected di flashdisk.

Gunakan Registry Editor

Selanjutnya anda juga dapat menggunakan Registry Editor untuk memperbaiki error pada flashdisk. Registry Editor adalah database yang menyimpan semua pengaturan dan konfigurasi sistem Windows. Melalui fitur ini, Anda dapat melakukan perubahan nilai untuk memperbaiki flashdisk yang menampilkan informasi write protected.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Dan untuk opsi terakhir yang bisa anda coba adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi HDD Low Level Format. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memperbaiki flash drive yang tidak terbaca, rusak, terproteksi tulis dan sebagainya. Soal harga, Anda juga tidak perlu khawatir, karena aplikasi HDD Low Level Format ini tersedia secara gratis dan bisa Anda temukan di pencarian Google.

Demikian ulasan tentang Ketahui Penyebab Dan Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected semoga bermanfaat.