Cara Memperbaiki Play Store yang Mengalami Error

Cara Memperbaiki Play Store yang Mengalami Error - Banyak pengguna Android mengalami kesalahan dalam aplikasi Google Play Store mereka. Proses download aplikasi yang gagal atau Google Play Store yang tidak bisa dibuka merupakan masalah yang sering dialami oleh pengguna Android.  Beberapa contohnya adalah “Google Play Mengambil Informasi Dari Server”, “Google Play Error 491”, “Google Play Error RPC”, atau “Google Play Error No Connection”.



Cara Memperbaiki Play Store

Hapus Cache dan Data Google Play

Dalam beberapa kasus, masalah dengan Google Play Store bisa diselesaikan dengan mengosongkan cache. Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara agar data aplikasi dapat dibuka dengan cepat tanpa perlu melakukan reload. Coba masuk ke menu pengaturan -> manajemen aplikasi dan pilih aplikasi Google Play Store, lalu klik tombol hapus cache. Jika masalah tidak teratasi, coba hapus data di aplikasi Play Store dengan mengklik tombol hapus data.

Perbarui Google Play

Hal ini mungkin jarang terjadi, namun terkadang handphone yang kita pakai tidak otomatis mengupdate Play Store. Jika Play Store Anda memiliki kesalahan, tidak ada salahnya untuk memeriksa versinya. Dan pastikan Anda menggunakan versi terbaru.

Reboot / Restart Ponsel

Hal selanjutnya yang bisa kamu coba jika google play store masih loading dan tidak bisa dibuka adalah kamu bisa reboot atau restart hp kamu. Mem-boot ulang ponsel atau perangkat dapat memberikan 'kelegaan' pada sistem ponsel, karena me-reboot sendiri seperti sistem yang lelah bekerja dan kemudian 'ditidurkan' terlebih dahulu untuk membuat kinerja sistem berjalan dengan baik dan kembali normal.

Untuk me-reboot ponsel, Anda bisa menekan lama tombol power, maka akan muncul beberapa pilihan, Anda bisa memilih restart atau reboot dan tunggu ponsel hidup kembali. Jika masih hidup silahkan buka aplikasi play store apakah berjalan dengan baik atau masih loading.

Sign-in Ulang

Jika masalah dengan Google Play Store masih belum teratasi, maka Anda perlu mengatur ulang akun Google Anda. Coba hapus akun Google yang ada, lalu masukkan kembali akun tersebut. Atau, Anda juga dapat membuat dan mendaftarkan akun Gmail yang benar-benar baru.

Membuat Akun Google Baru

Cara selanjutnya jika play store anda masih loading terus menerus adalah anda bisa mencoba membuat akun google baru. Terkadang akun google kita bisa mengalami masalah, sehingga bisa menyulitkan pengguna untuk mengakses beberapa hal. Seperti mengakses play store. Silahkan deh anda buat akun google baru.

Nonaktifkan VPN

Langkah yang bisa dicoba adalah dengan menonaktifkan VPN. Memang benar, dengan mengaktifkan VPN Anda akan menemukan informasi menarik di luar lokasi geografis Anda. Anda bahkan dapat menginstal aplikasi Play Store dari negara lain. Namun, VPN dapat menyebabkan masalah di Google Play Store di wilayah tempat Anda tinggal saat ini.

Perbarui Sistem Handphone

Cara selanjutnya jika Anda masih mengalami Play Store yang terus memuat adalah dengan memperbarui sistem handphone Anda. update sistem bisa sangat membantu, nantinya sistem terbaru bisa mengatasi bug yang sering muncul, menghilangkan virus, meningkatkan tingkat keamanan data, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jika ponsel Anda belum diperbarui, harap perbarui terlebih dahulu. Dan jika sudah di update kalian bisa buka play store dan cek apakah masih loading terus atau berjalan seperti biasa.

Setel Ulang Pabrik

Cara terakhir yang paling ekstrim tapi pasti berhasil adalah dengan factory reset hp kamu. factory reset artinya membuat sistem seperti saat pertama kali membeli perangkat ini alias kembali ke sistem semula atau original. Untuk factory reset atau reset hp sendiri caranya sedikit berbeda untuk setiap perangkat atau hp.

Demikian ulasan tentang Cara Memperbaiki Play Store yang Mengalami Error, semoga bermanfaat.