Perlu Di Perhatikan Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Perlu Di Perhatikan Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal - Masyarakat di tanah air kini tidak akan kesulitan lagi memenuhi kebutuhan keuangan mereka yang mendesak karena ada pinjaman online bisa menjadi solusinya. Sayangnya, lembaga pemberi pinjaman ilegal yang membebankan suku bunga pinjaman sangat tinggi dan mengancam keamanan data pribadi masih beredar.



Hal ini tentu membuat Anda harus ekstra waspada dan harus mengetahui ciri-cirinya. Pinjaman online ilegal agar Anda tidak terjerat. hutang atau mengalami pencurian data pribadi. Mengenali pinjaman ilegal sebenarnya tidak sulit asalkan Anda melakukannya dengan hati-hati. Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut.

Tidak Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Fitur pinjaman ilegal yang paling penting dan mudah dideteksi adalah tidak terdaftar di OJK. Hal ini menunjukkan bahwa semua kegiatan lembaga pemberi pinjaman tidak diawasi dan dijamin oleh OJK. Cara mengecek apakah lembaga pinjaman tersebut terdaftar di OJK atau tidak sangatlah mudah. anda tinggal akses ke situ OJK lalu pilih menu IKNB kemudian sub menu fintech.

Promosi Melalui SMS

Salah satu fitur pinjaman online ilegal yang menonjol adalah promosi melalui SMS. Karena lembaga pemberi pinjaman yang sah tidak diperbolehkan melakukan penawaran melalui SMS berdasarkan Peraturan OJK Nomor 07 Pasal 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan.

Bunga Pinjaman Sangat Tinggi

Asosiasi Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) telah menetapkan tingkat bunga maksimum lembaga pemberi pinjaman hukum sebesar 0,8% per hari atau maksimum 24% per bulan. Peminjam juga dapat dikenakan biaya keterlambatan dan biaya lainnya dengan jumlah maksimal 100% dari nilai pokok pinjaman.

Jangka Waktu Pinjaman Sangat Pendek

Disini jangka waktu pinjaman yang sangat pendek dalam hitungan hari atau kurang dari dua minggu. Parahnya lagi, peminjaman ilegal juga melanggar perjanjian jangka waktu pinjaman yang dibuat di awal transaksi. Misalnya, peminjam ilegal mulai menagih di minggu kedua meskipun telah menyepakati tenor 1 bulan. Hal ini jelas sangat meresahkan pihak peminjam karena penagihan tidak dilakukan sesuai kesepakatan.

Lokasi Kantor dan Layanan Pengaduan Tidak Jelas

Lembaga pinjaman harus memiliki lokasi kantor yang jelas dan layanan call center yang mudah dihubungi. Namun, tidak demikian halnya dengan pinjaman ilegal. Ciri-ciri pinjaman online ilegal sebenarnya mengacu pada lokasi kantor yang tidak jelas dan tidak adanya layanan pengaduan sebagai fasilitas bagi peminjam.

Pencurian Data Pribadi Peminjam secara sepihak

Lembaga pemberi pinjaman ilegal  ini berupa kontak ponsel, foto, video, atau data penting lainnya seringkali mengakses data pribadi peminjam. Ini sering digunakan untuk meneror peminjam ketika mereka gagal membayar. Tren ini jelas bertentangan dengan peraturan OJK yang mewajibkan lembaga pemberi pinjaman untuk tetap menghormati privasi peminjam dana.

Penagihan Pinjaman Dilakukan Tanpa Etika

Tidak dapat dipungkiri bahwa peminjaman ilegal juga identik dengan proses penagihan pinjaman yang dilakukan tanpa etika. Ada juga yang langsung menghubungi nomor kontak pribadi orang yang dikenal dan biasanya pinjaman ilegal menggunakan jasa debt collector untuk mengancam para peminjam.

Banyak Testimonial Negatif di Internet

Satu lagi ciri khas pinjam meminjam uang ilegal yang mudah dikenali adalah testimoni negatif dari masyarakat yang telah menggunakan jasanya. Anda bisa mendapatkan informasi tentang lembaga pinjaman melalui orang-orang terdekat Anda atau informasi di internet. Luangkan waktu sejenak untuk mencari tahu sebelum anda meminjam uang.

Demikian penjelasan dari saya tentang perlu di Perhatikan Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal semoga bermanfaat, terimakasih.