Begini Cara Screenshot Laptop Asus Paling Mudah

Saungfirmware.idCara Screenshot Laptop Asus-Apakah Anda menggunakan laptop Asus dan ingin tahu cara mengambil tangkapan layar?Bila iya, Anda ada di tempat yang pas. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah untuk melakukan screenshot pada laptop Asus. Screenshot adalah cara yang berguna untuk merekam apa yang terjadi di layar laptop Anda. Ini dapat berguna dalam berbagai situasi, seperti berbagi informasi, membuat panduan, atau menyelesaikan masalah teknis. Mari kita lihat cara melakukan screenshot pada laptop Asus.

Menggunakan Tombol Print Screen

Cara termudah untuk melakukan screenshot pada laptop Asus adalah dengan menggunakan tombol Print Screen di keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda tangkap layarnya.
  • Temukan tombol Print Screen (biasanya terletak di sebelah kanan atas keyboard) dan tekan tombol ini. Tombolnya mungkin ditandai sebagai “PrtSc” atau “PrtScn”.
  • Setelah Anda menekan tombol Print Screen, screenshot akan disimpan ke clipboard komputer Anda.
  • ┬áBuka aplikasi pengedit gambar, seperti Microsoft Paint atau Adobe Photoshop.
  • Pada aplikasi pengedit gambar, buka “Edit” dan pilih “Paste” atau tekan kombinasi tombol “Ctrl + V” untuk memasukkan screenshot dari clipboard.
  • Setelah screenshot ditampilkan, Anda dapat menyuntingnya, menyimpannya, atau membagikannya sesuai kebutuhan Anda.
Baca Juga  Bypass FRP Asus Zenfone 4 Max X00HD Android 7.1.1

Menggunakan Kombinasi Tombol Fn + Print Screen

Beberapa laptop Asus mungkin memiliki tombol Print Screen yang berfungsi ganda dengan tombol lain. Jika tombol Print Screen pada laptop Anda berlabelkan “PrtSc” dan “Fn”, Anda perlu menggunakan kombinasi tombol Fn + Print Screen untuk melakukan screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda tangkap layarnya.
  • Temukan tombol Fn dan Print Screen di keyboard Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Fn, kemudian tekan tombol Print Screen.
  • Setelah Anda menekan kombinasi tombol tersebut, screenshot akan disimpan ke clipboard.
  • Buka aplikasi pengedit gambar, seperti Microsoft Paint atau Adobe Photoshop.
  • Pada aplikasi pengedit gambar, buka “Edit” dan pilih “Paste” atau tekan kombinasi tombol “Ctrl + V” untuk memasukkan screenshot dari clipboard.
  • Setelah screenshot ditampilkan, Anda dapat menyuntingnya, menyimpannya, atau membagikannya sesuai kebutuhan Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan tombol Print Screen, Anda jugadapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengambil tangkapan layar pada laptop Asus. Berikut beberapa aplikasi populer yang bisa Anda pakai:

  • Lightshot: Aplikasi ini menyediakan fitur tangkapan layar yang mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk mengedit tangkapan layar sebelum menyimpannya.
  • Snagit: Snagit adalah aplikasi tangkapan layar yang canggih dengan fitur yang lebih lengkap. Anda dapat mengambil tangkapan layar penuh, tangkapan layar jendela, tangkapan layar daerah tertentu, dan banyak lagi.
  • Greenshot: Aplikasi ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk mengambil tangkapan layar pada laptop Asus. Greenshot menawarkan berbagai opsi tangkapan layar dan memungkinkan Anda untuk melakukan anotasi pada tangkapan layar.
Baca Juga  13 Cara Daftar Shopee Food Dengan Mudah dan Cepat

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memiliki lebih banyak kontrol dan fleksibilitas dalam mengambil dan mengedit tangkapan layar sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Mengambil tangkapan layar pada laptop Asus adalah tugas yang mudah jika Anda tahu langkah-langkahnya. Dalam artikel ini, kita telah membahas tiga metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan screenshot: menggunakan tombol Print Screen, menggunakan kombinasi tombol Fn + Print Screen, dan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pilih metoda yang paling sesuai opsi dan keperluan Anda.

Dengan menggunakan salah satu metode ini, Anda akan dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar pada laptop Asus Anda dan menggunakan screenshot tersebut untuk berbagai keperluan.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apakah semua laptop Asus memiliki tombol Print Screen?

Ya, hampir semua laptop Asus dilengkapi dengan tombol Print Screen di keyboard mereka.

Apakah saya bisa langsung menyimpan screenshot tanpa mengeditnya?

Ya, Anda dapat langsung menyimpan screenshot yang diambil tanpa mengeditnya terlebih dahulu.

Apakah aplikasi pihak ketiga untuk tangkapan layar berbayar?

Tergantung pada aplikasinya. Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat digunakan secara gratis dengan fitur dasar, sementara yang lain mungkin memerlukan pembelian lisensi untuk mengakses fitur yang lebih lengkap.

Baca Juga  Panduan Praktis Cara Mematikan Laptop Dengan Mudah
Apakah tangkapan layar mengambil tempat di penyimpanan laptop?

Ya, tangkapan layar yang disimpan akan mengambil ruang penyimpanan pada laptop Anda, meskipun ukurannya relatif kecil.

Apakah saya bisa membagikan screenshot langsung dari aplikasi pengedit gambar?

Ya, sebagian besar aplikasi pengedit gambar memungkinkan Anda untuk langsung membagikan screenshot melalui email, media sosial, atau aplikasi lainnya.

Jadi, sekarang Anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengambil tangkapan layar pada laptop Asus. Praktikkan langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini, dan Anda akan menjadi mahir dalam mengambil screenshot dalam waktu singkat.

Leave a Comment