Cara Mengecek Sinyal di Area Sekitar Kamu!

Saungfirmware.idCara Mengecek Sinyal. Di dunia yang sama-sama tersambung sekarang ini, menjaga signal yang kuat dan handal penting untuk komunikasi yang mulus dan koneksi internet tanpa masalah. Apa Anda sedang pecahkan permasalahan sambungan atau cuma ingin pastikan Anda memperoleh signal terbaik, ketahui langkah mengecek kemampuan signal benar-benar berharga. Pada artikel berikut, kami akan menelusuri beragam sistem dan alat untuk menolong Anda tentukan kemampuan sinyal.

Cara Mengecek Sinyal

Berikut kami sajikan beberapa cara mengecak sinyal, antara lain sebagai berikut:

1. Pahami Kemampuan Signal

Saat sebelum mempelajari sistem pemeriksaan kemampuan signal, penting untuk pahami apakah yang diwakilinya. Kemampuan signal merujuk dengan tingkat daya signal elektromagnetik yang diterima piranti Anda, baik itu handphone, router Wi-Fi, atau piranti nirkabel lainnya. Umumnya diukur dalam desibel (dBm) atau bilah signal, yang berikan tanda-tanda relatif kemampuan sinyal.

2. Mengecek Kemampuan Signal Jaringan Mobile

Bila Anda ingin mengecek kemampuan signal jaringan mobile Anda, ikutinya beberapa langkah berikut ini:

Baca Juga  Cara Bypass FRP Samsung J2 Prime G532G/DS Tanpa PC

A. Membuka Program Telephone: Luncurkan program telephone di handphone pintar Anda.

B. Enter the Dialer:

Masukan dialer mengetok knop yang selaras ataukah icon papan knop.

C. Masukan Code: Pencet code khusus yang sesuai penyuplai jaringan mobile Anda. Berikut beberapa code umum:

  • Untuk piranti Android: ##4636## atau 3001#12345#
  • Untuk piranti iOS: 3001#12345#

D. Penampilan Kemampuan Signal:

Sesudah masukkan code, Anda akan ditujukan pada menu terselinap yang tampilkan beragam info mengenai piranti Anda. Mencari nilai kemampuan signal atau RSSI (Received Sinyal Strength Indicator). Nilainya umumnya diukur dalam dBm, di mana angka yang semakin lebih tinggi memperlihatkan signal yang semakin lebih kuat.

3. Mengecek Kemampuan Signal Wi-Fi

Untuk mengecek kemampuan signal jaringan Wi-Fi Anda, Anda bisa memakai sistem berikut ini:

A. Fungsionalitas Piranti Bawaan:

Beberapa handphone pintar, tablet, dan computer mempunyai feature bawaan untuk tampilkan kemampuan signal Wi-Fi. Mencari icon Wi-Fi di bilah bilah menu atau pemberitahuan. Umumnya, kemampuan signal diwakilkan oleh tangkai, lebih banyak tangkai memperlihatkan signal yang semakin lebih kuat.

Baca Juga  2 Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga Dengan Android?

B. Program Penganalisis Wi-Fi:

Instal program penganalisis Wi-Fi dari toko program piranti Anda. Program ini berikan info yang semakin lebih mendalam mengenai jaringan Wi-Fi disekitaran Anda, termasuk kemampuan signal, masalah aliran, dan aliran yang direferensikan untuk perform maksimal. Contoh program penganalisis Wi-Fi terkenal termasuk Penganalisis WiFi untuk Android dan NetSpot untuk Windows dan macOS.

4. Alat Pengetesan Kemampuan Signal

Selainnya sistem yang disebut sebelumnya, ada beragam alat pengetesan kemampuan signal khusus. Alat ini direncanakan khusus untuk menghitung dan menganalisa kemampuan signal di beberapa piranti dan jaringan. Beberapa alat pengetesan signal yang terkenal mencakup:

A. Speedtest:

Speedtest.net ialah program website dan mobile yang sering dipakai untuk menghitung kecepatan internet, termasuk kecepatan ambil dan upload, dan ping. Ini tampilkan info kemampuan sinyal.

B. OpenSignal:

OpenSignal ialah program yang ada untuk piranti Android dan iOS yang berikan info mendalam mengenai jaringan mobile dan Wi-Fi. Ini tampilkan kemampuan signal, peta capaian jaringan, dan data berkaitan jaringan lainnya.

Baca Juga  Mudah dan Praktis, Begini Cara Top Up Flazz BCA via OVO

Kesimpulan

Cara Mengecek sinyal penting untuk pastikan jaringan yang handal dan konstan. Dengan mengikuti sistem dan memakai alat yang disebut dalam artikel berikut, Anda akan bisa memandang kemampuan signal pada jaringan mobile dan jaringan Wi-Fi Anda. Dengan bekal pengetahuan ini, Anda bisa membuat keputusan yang pas untuk memaksimalkan kemampuan signal, tingkatkan sambungan, dan memperbaiki pengalaman komunikasi Anda secara kesemuaan.

Leave a Comment