Berikut Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

saungfirmware.id – Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI – Kehilangan smartphone meruapakan hal yang sangat mengecewakan bagi semua orang. Apalagi HP yang di gunakan sudah banyak data yang tersimpan. Maka dari itu kita perlu lebih berhati-hati serta mengantisipasi kehilangan HP apabila hal tersebut sewaktu-waktu dapat terjadi.

Ada beberapa cara yang dapat kalian coba untuk mengecek HP yang hilang. Salah satunya yang paling akurat adalah dengan menggunakan nomer IMEI yang terdaftar di dalam smartphone.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Cara ini di anggap efetif karena setiap smartphone memiliki IMEI yang berbeda-beda. Sehingga dapat di deteksi dengan mudah saat kehilangan HP. Namun pastikan segera mungkin melakukan pengecekan. Karena HP harus selalu aktif agar IMEI mudah terdeteksi.

HP Hilang? Ini Cara Melacak HP Dengan IMEI! - RuangLaptop

Apa itu IMEI ?

IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity, adalah nomor identifikasi unik yang terkait dengan setiap perangkat seluler. Nomor IMEI terdiri dari 15 digit dan biasanya tercetak pada label di bawah baterai atau di kotak perangkat.

Baca Juga  Cara Mengecek Imei Xiaomi dan Langkah Mudah Verifikasinya

Nomor IMEI digunakan oleh operator seluler dan penyedia layanan untuk mengidentifikasi perangkat seluler tertentu. Serta untuk melacak dan memblokir perangkat yang hilang atau dicuri. Dan digunakan untuk tujuan perbaikan perangkat seluler dan untuk memeriksa apakah perangkat seluler tertentu diizinkan untuk digunakan pada jaringan tertentu.

Cara mengecek nomor IMEI pada perangkat

Anda dapat mengecek nomor IMEI pada perangkat seluler Anda dengan beberapa cara, di antaranya:

  1. Cek label pada perangkat atau kotak kemasan: Nomor IMEI biasanya tercetak pada label di bawah baterai perangkat atau pada kotak kemasan perangkat.
  2. Cari di menu Pengaturan: Buka menu “Pengaturan” pada perangkat seluler Anda, cari opsi “Tentang Perangkat” atau “Tentang Telepon”. Kemudian cari nomor IMEI pada daftar informasi perangkat.
  3. Cek dengan menekan kode dial: Pada layar telepon, ketik kode *#06#, maka nomor IMEI akan ditampilkan pada layar.

Setelah Anda menemukan nomor IMEI, pastikan untuk mencatat dan menyimpan nomor tersebut di tempat yang aman. Karena dapat berguna jika perangkat hilang atau dicuri dan perlu dilacak.

Baca Juga  Cara Flash Oppo Find 5 Mini (R827) Tested | Fix Getar Only

Cara melacak HP hilang dengan nomor IMEI

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melacak HP hilang dengan nomor IMEI:

  1. Cari tahu nomor IMEI HP Anda. Beberapa cara untuk mengecek sudah di jelaskan di atas. Kalian bisa mencoba salah satunya.
  2. Laporkan kehilangan HP Anda ke penyedia layanan seluler Anda dan berikan nomor IMEI HP Anda. Mereka dapat membantu melacak perangkat Anda dan menonaktifkan SIM card Anda agar tidak dapat digunakan.
  3. Laporkan kehilangan HP Anda ke polisi. Berikan nomor IMEI HP Anda kepada polisi dan mereka dapat mencari perangkat Anda jika perangkat tersebut ditemukan.
  4. Gunakan layanan pelacakan pihak ketiga. Ada beberapa layanan pelacakan pihak ketiga yang dapat membantu Anda melacak perangkat Anda. Biasanya mengunakan aplikasi yang suport dengan data yang tersedia.

Kesimpulan

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identifikasi unik yang terkait dengan setiap perangkat seluler. Yang terdiri dari 15 digit dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler tertentu, serta untuk melacak dan memblokir perangkat yang hilang atau dicuri. IMEI biasanya tercetak pada label di bawah baterai perangkat, pada kotak kemasan perangkat, dapat ditemukan di menu pengaturan perangkat, atau dengan menekan kode dial *#06#.

Baca Juga  3 Cara Melihat Password Wifi di Laptop

Leave a Comment