Cara Mudah Melakukan Root Pada Xioami Mi 5

saungfirmware.id – Cara Root Xiaomi Mi 5 adalah proses untuk memperoleh akses administrator penuh pada perangkat Android. Sehingga Anda dapat mengontrol dan memodifikasi semua aspek sistem dan aplikasi yang ada di dalamnya.

Dalam hal ini root pada Xiaomi Mi 5 dapat memberikan kebebasan dan fleksibilitas lebih besar dalam mengoptimalkan kinerja perangkat. Menginstal aplikasi khusus, atau menyesuaikan sistem operasi Android yang ada.

Namun proses root juga dapat membawa risiko dan konsekuensi negatif seperti voiding garansi perangkat. Kehilangan update sistem, atau bahkan merusak perangkat jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan sesuai prosedur yang benar.

Cara Root Xiaomi Mi 5.

Oleh karena itu sebelum melakukan root pada Xiaomi Mi 5. Pastikan untuk memahami risiko dan konsekuensi yang mungkin terjadi. Serta melakukan backup data penting sebelum memulai proses root.

Pengertian Root Android

Root Android adalah proses untuk memperoleh akses administrator penuh pada sistem operasi Android pada perangkat Anda. Saat Anda melakukan root pada perangkat Android, maka Anda dapat mengakses dan mengontrol sistem operasi secara lebih mendalam.

Termasuk menghapus aplikasi bawaan, mengubah tampilan sistem, meningkatkan kecepatan perangkat. Dan menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root.

Proses root pada Android memungkinkan pengguna untuk mengeksploitasi kerentanan sistem operasi dan memberikan hak akses superuser. Yang memungkinkan pengguna untuk mengubah atau memodifikasi sistem operasi dan aplikasi yang sudah terpasang pada perangkat Android.

Baca Juga  Cara Registrasi Kartu Telkomsel Dengan Mudah dan Praktis

Cara Mudah Root Xiaomi Mi5/Mi5i/Mi5 PRO "Gemini" Tanpa PC | Penjaga Konter

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi5

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan root di Xiaomi Mi 5:

Kelebihan root di Xiaomi Mi 5:

  1. Akses Administrator Penuh: Dengan melakukan root pada Xiaomi Mi 5, pengguna dapat memperoleh akses administrator penuh pada perangkat. Sehingga dapat mengontrol dan memodifikasi semua aspek sistem dan aplikasi yang ada di dalamnya.
  2. Memungkinkan Pengoptimalan Kinerja Perangkat: Dengan root, pengguna dapat melakukan tweak pada sistem operasi dan aplikasi yang ada. Sehingga dapat meningkatkan kinerja perangkat, meningkatkan daya tahan baterai, dan lain sebagainya.
  3. Instalasi Aplikasi Khusus: Rooting juga memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi khusus yang tidak tersedia di Play Store. Seperti aplikasi pihak ketiga yang lebih canggih dan khusus.

Kekurangan root di Xiaomi Mi 5:

  1. Membatalkan Garansi: Jika Xiaomi Mi 5 masih dalam masa garansi, maka melakukan root dapat membatalkan garansi tersebut. Hal ini karena vendor Xiaomi biasanya tidak memberikan dukungan untuk perangkat yang sudah di-root.
  2. Keamanan: Rooting juga dapat membuat perangkat menjadi rentan terhadap serangan malware dan virus. Karena pengguna dapat memodifikasi sistem operasi dan aplikasi yang ada. Oleh karena itu, pengguna harus selalu berhati-hati dalam mengunduh aplikasi dan menginstal modifikasi pada sistem.
  3. Potensi Merusak Perangkat: Jika pengguna melakukan rooting dengan tidak benar, maka ada risiko merusak perangkat atau menyebabkan bootloop. Oleh karena itu, pengguna harus memastikan bahwa mereka telah memahami risiko. Dan tahu bagaimana cara melakukan rooting dengan benar sebelum melakukannya pada Xiaomi Mi 5.
Baca Juga  Cara Menghubungkan E-Rapor dengan Banyak Laptop

 

Cara Root Xiaomi Mi5 Dengan SuperSU

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan root pada Xiaomi Mi5 dengan menggunakan SuperSU:

Catatan: Sebelum melakukan root, pastikan Anda telah melakukan backup data penting Anda dan baterai ponsel memiliki daya yang cukup.

  1. Download SuperSU.zip dan pindahkan ke Xiaomi Mi5.
  2. Matikan Xiaomi Mi5 dan masuk ke mode recovery dengan menekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan.
  3. Setelah masuk ke mode recovery, pilih “Install” dan cari file SuperSU.zip yang sudah di-download pada langkah pertama.
  4. Setelah menemukannya, pilih file tersebut dan konfirmasi untuk memulai proses instalasi.
  5. Setelah selesai, reboot Xiaomi Mi5.
  6. Setelah reboot selesai, buka aplikasi SuperSU dan pastikan bahwa proses root sudah berhasil dengan mengecek apakah ada ikon SuperSU di dalamnya.

Sekarang, Xiaomi Mi5 Anda sudah di-root dengan SuperSU. Pastikan untuk menggunakannya dengan hati-hati dan memahami risiko dan konsekuensi yang mungkin terjadi.

 

Cara Root Xiaomi Mi5 Dengan Magisk

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan root pada Xiaomi Mi5 dengan menggunakan Magisk:

Catatan: Sebelum melakukan root, pastikan Anda telah melakukan backup data penting Anda dan baterai ponsel memiliki daya yang cukup.

  1. Download Magisk Manager APK dan pindahkan ke Xiaomi Mi5. Dan Buka Pengaturan -> Tentang telepon -> Ketuk opsi Nomor Build hingga muncul pesan “Anda sekarang adalah pengembang.”
  2. Kembali ke menu Pengaturan dan buka Opsi Pengembang -> Aktifkan opsi “Debugging USB”. Lalu Hubungkan Xiaomi Mi5 ke komputer melalui kabel USB.
  3. Download dan install driver USB Xiaomi pada komputer Anda. Dan Buka Magisk Manager APK yang sudah di-download sebelumnya. Ketuk opsi “Install” -> “Install” -> “Select and Patch a File”.
  4. Cari file firmware Xiaomi Mi5 pada perangkat (biasanya berada di folder /sdcard/download atau /sdcard/Downloaded_rom). Pilih file firmware dan ketuk “Start” untuk memulai proses patching file.
  5. Setelah selesai, file patched akan berada di folder /Download/magisk_patched.img. Salin file patched ke komputer Anda dan letakkan di folder adb yang terinstal.
  6. Buka command prompt pada komputer Anda dan ketik “adb devices” untuk memastikan Xiaomi Mi5 terhubung ke komputer. Kemudian ketik “adb reboot bootloader” untuk memasukkan perangkat Xiaomi Mi5 ke mode fastboot.
  7. Setelah perangkat masuk ke mode fastboot, ketik “fastboot flash boot magisk_patched.img” untuk mem-flash file patched Magisk pada perangkat. Tunggu hingga proses flash selesai dan ketik “fastboot reboot” untuk reboot perangkat Xiaomi Mi5.
  8. Setelah perangkat reboot, buka Magisk Manager dan pastikan bahwa proses root sudah berhasil dengan mengecek apakah ada ikon Magisk di dalamnya.
Baca Juga  Cara Bayar PLN Non-Taglis via BCA Mobile: Mudah dan Efisien

Sekarang, Xiaomi Mi5 Anda sudah di-root dengan Magisk. Pastikan untuk menggunakannya dengan hati-hati dan memahami risiko dan konsekuensi yang mungkin terjadi.

Leave a Comment