Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh, Di Jamin Ampuh

saungfirmware.id – Cara Mengatasi Memori HP Penuh – Memori dalam HP merupakan hal yang paling penting karena dalam memori sobat bisa menyimpan berbagai macam file. Seperti foto, video, game, dan aplikasi namun sering terjadi lupa untuk mengatur kapsitas yang tersedia dalam HP sehingga penyimpanan yang di pakai menjadi penuh.

Untuk mengatasai masalah memori internal HP penuh sobat perlu mengetahui bagaimana management pemakaian. Baik dalam segi ruang yang tersedia ataupun yang sudah terpakai. Dengan mengatur kebutuhan aplikasi yang akan di instal.

Bagi sobat yang saat ini memiliki permasalahan dalam memori. Berikut cara mengatasi serta penggunaan yang bener. Sehingga memori yang terpakai menjadi lebih tertata dan tidak cepat penuh.

Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android

1. Hapus Aplikasi atau Game Yang Jarang di Pakai

Banyak para user HP lupa jika telah mengistal banyak sekali aplikasi serta game berat lain. namun penggunaan dalam aplikasi yan di pakai tidak lah semua. Tidak jarang banyak apliksi yang malah hanya sebagai pajangan semata.

Baca Juga  Daftar Kode Transfer DANA Lengkap Semua Bank

Apalagi untuk game banyak yang mengistal game dengan penyimpanan besar sehingga memunuhi kapasitas memori. Padahal kapasitas yang di berikan biasanya ada batasan yang di gunakan. Dengan memperhatikan kebutuhan pemakaian aplikasi sobat dapat lebih menghemat kapasitas yang ada dalam memori internal.

2. Perhatikan Kapasitas Memori Aplikasi Yang Akan Di Instal

 

Penyebab memori yang cepat penuh adalah tidak memperhatikan aplikasi yang akan di instal. Padahal dalam memori internal sudah hampir penuh. Biasanya orang mengisatal game dengan penyimpanan yang besar sampai dengan 17 GB. Nah itulah yang memberikan masalah yang menjadi penuhnya memori internal.

Untuk mengurangi masalah tersebut, pastikan sobat telit dan lebih mengerti kapasitas yang perlu di perhatikan dalam HP. Instal aplikasi atau game yang perlu dan benar-benar di butuhkan. Sehingga masalah dalam memori tidak akan terjadi.

3. Matikan Opsi Update Otomatis Google Play Store

Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh adalah dengan mengatur pengaturan pada Google Play. Biasanya aplikasi akan mengupdate aplikasi secara otomatis karena belum di matikan. Sehingga mengakibatkan proses update yang memakan ruang penyimpanan.

Baca Juga  Begini Cara Bayar Kode Billing STR lewat M Banking BCA

Sebaiknya kalau sobat sudah mengerti pengaturan ini untuk di matikan update secara otomatis. Sobat bisa meng update aplikasi yang di butuhkan secara manual satu persatu. Sehingga kapasitas memori tidak menjadi masalah.

4. Membersihkan Cache atau Sampah file

Cara Mengatasi Memori Internal OPPO A3S Penuh 100% Berhasil - 1NFOKODE

Hal kecil ini memang kadang terlupakan bagi sobat yang memiliki HP android. Apalagi dengan penggunaan yang luamyan lama. Biasanya file sampah ini berada dalam aplikasi yang sobat instal. Walaupun jumlahnya tidak begitu banyak, namun jika di biarkan akan menjadi menumpuk.

Sampah file yang di hapus akan tetap muncul secara sendirinya sesuai dengan penggunaan aplikasi. Sehingga sobat perlu secara rutin membersihkan file ini dengan cara berikut.

  • Buka pengaturan
  • Masuk dalam menu aplikasi
  • Pilih aplikasi yang akan di hapus cache nya
  • Klik clear cache pada menu app info

5. Hapus Foto atau Video Yang Tidak di Perlukan

File yang membuat memori cepat penuh biasanya berasal dari foto atau video yang di dapat dari kamera. Kebanyakan orang tidak sadar dalam pemakaian memori nya karena sering menyimpan foto atau video yang banyak sehingga kapsitas memori menjadi penuh.

Baca Juga  Cara Memindahkan Foto ke Kartu SD: Panduan Lengkap

Apalagi sekarang banyak HP yang memiliki resolusi kamera yang tinggi. Sehingga ukuran foto atau video yang di hasilkan makin besar. Itulah yang menjadi masalah dalam penyimpanan, untuk mengatasi hal tersebut. Usahakan sobat menghapus bebrapa foto atau video yang sudah tidak di perlukan. Sehingga ruang penyimpanan menjadi lebih lega kembali.

Leave a Comment