Apa Perbedaan GPU dan VGA ? Ini Penjelasannya

saungfirmware.id – Perbedaan GPU dan VGA – Dalam komputer terdapat beragam komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya GPU dan VGA keduanya merupakan komponen dari komputer untuk menjalankan proses grafik yanga ada. Sehingga pengelolaan grafik yang muncul dari layar menjadi lebih tajam.

Selain itu VGA da GPU juga memiliki peran dalam menjalankan beberapa aplikasi editing multimedia. Yang membutuhkan proses besar untuk menjalankanya. Pemrosesan grafik dari GPU dan VGA ini lah yang membantu dalam menghasilkan proses grafik yang baik.

Lalu apa sih Perbedaan GPU dan VGA ini? Apa keduanya sama atau berbeda. Berikut ini membahas mengenai GPU dan VGA agar sobat sekalian tidak salah persepsi antara keduanya.

Perbedaan GPU dan VGA

Apa itu GPU ?

GPU (Graphics Processing Unit) merupakan bagaian dari komputer yang memiliki program khusus untuk menjalankan proses serta menampilkanya menjadi gambar di layar komputer. Bagain dari GPU ini berupa sirkuit yang menjadi kesatuan antara motherboard atau chip itu sendiri yakni onboard.

Baca Juga  Rekomendasi Laptop Untuk Proses Rendering Terbaik

Pada GPU berkerja dengan operasi paralel. Yang biasanya di gunakan pada data 2D untuk memperbesar atau menggesera layar. GPU sendiri memiliki peran yang penting pada bagian rendring editing animasi atau video yang di hasilkan.

Apa itu VGA ?

VGA (Video Graphics Adapter) merupakan salah saru jenis koneksi yang ada pada komputer untuk perangkat monitor atau proyektor. VGA biasanya berbentuk kabel, port, konektor yang di hubungan ke monitor. Untuk menggunakan VGA ini di butuhkan konektor.

Konektor ini yang menghubungkan perangakt sehingga menmpilkan video, jenis yang di pakai biasanya konektor D-sub 15-pin berdensitas tinggi (disebut DE-15. Port konektor ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke monitor atau layar.

Fungsi GPU

Vertical or Horizontal GPU Mounting – What's the Difference? | AORUS

GPU di rancang untuk melakukan proses perhitungan matematika dan geometrik. Dimana fungsi ini di perlukan untuk melakukan proses rendering grafik yang di proses.

Pada tampilan monitor yanga ada terbuat dari titi-titik kecil yang di sebut engan pixsel. Untuk menjalankannya layar menampilkan lebih dari2 juta pixsel. Komputer bertugas untuk mengatur masing-masing piksel itu untuk menjadi gambar.

Baca Juga  Rekomendasi Laptop 8 Jutaan Terbaik Di Tahun 2023

Pengolahan itu di perlukan penerjemahan yang di ambil dari data biner CPU. Lalu mengubahnya menjadi gambar penerjamahan ini lah yang di sebut dengan grafik GPU.

Perbedaan GPU dan VGA

GPU

VGA

GPU adalah komponen perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memproses video dan gambar sehingga pengguna bisa melihatnyaKonektor D-Subs yang menyalurkan sinyal analog RGB dengan HSync dan VSync. VGA juga mengacu pada Video Graphics Array, yang dikembangkan oleh IBM untuk PS/2.
GPU adalah Graphics Processing Unit pada motherboard atau disebut juga sebagai graphics card dan GPU.GA adalah standar tampilan input output yang berada di graphics card. VGA memiliki standar display I/O yang kecepatan, resolusi, perlindungan, dan teknologinya berbeda.
GPU memproses data yang sudah diproses CPU untuk ditampilkan ke layar monitor dan merupakan otak dari VGA.VGA adalah tempat di mana semua grafis diproses GPU. Mirip dengan Motherboard, hanya saja pemrosesan Motherboard terjadi di CPU dan VGA terjadi di GPU.
Chip utama untuk mengolah grafis, Chip utama untuk mengolah grafis.Chip utama untuk mengolah grafis, Mengacu pada kabel untuk kartu grafis.
Baca Juga  Laptop Lenovo terbaru New Update 2023

 

Leave a Comment