Cara Menyembunyikan Aplikasi Supaya Privasi Terjaga

Cara menyembunyikan aplikasi kerap dicari supaya bisa menjaga privasi. Terlebih untuk kamu yang HPnya sering dipinjam orang, baik keluarga maupun teman. Hal itu membuat khawatir apabila orang lain mengetahui privasimu.

Memang ada beberapa privasi yang biasanya ingin dijaga oleh seseorang dalam ponselnya. Misalnya, ada orang menjaga galeri karena tidak ingin foto atau video rahasianya dilihat oleh orang lain.

Ada juga orang tua menyembunyikan apk e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain dalam ponselnya. Hal itu dilakukan agar anak tidak membeli barang secara sembarangan dan tanpa izin orang tua.

Baca Juga : Beach Buggy Racing 2 MOD APK 1.6.4 (Unlimited Money) Terbaru 2020

Cara Menyembunyikan Aplikasi Paling Simple

Penyembunyian aplikasi tertentu juga bisa bermanfaat sebagai langkah antisipasi adanya pencurian data ketika HP sedang dicuri. Kalau tidak disembunyikan, pencuri bisa saja mengetahui data pribadi tertentu dan disalahgunakan.

Ada beragam cara agar apk tertentu dapat disembunyikan dan tidak diketahui orang lain. Kamu bisa menentukan cara paling mudah dan ampuh untuk dilakukan, yakni dengan mencobanya satu per satu.

  1. Memanfaatkan Pengaturan Bawaan

Trik pertama yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan pengaturan bawaan. Pada umumnya, setiap HP mampu melakukan trik ini. Pada Android, cobalah dengan mengikuti tutorial sederhana berikut.

  • Masuklah ke menu “Pengaturan” atau “Settings” pada ponselmu
  • Pilihlah pada bagian “Home Screen”
  • Ketuklah pilihan “Sembunyikan aplikasi”
  • Setelah itu, tentukanlah apk yang hendak disembunyikan
  1. Menggunakan Secured Folder

Cara menyembunyikan aplikasi berikutnya ialah menggunakan secured folder. Secured folder sendiri juga disebut sebagai folder aman. Pada dasarnya, secured folder mempunyai biometrik dan keamanan tersendiri.

Kamu tidak perlu pusing karena langkah-langkahnya sangat mudah dilakukan. Pertama, mulailah dengan membuka menu “Pengaturan” atau “Settings” pada handpohnemu. Kedua, carilah opsi “Biometrik dan Keamanan”. Ketiga, pilihlah opsi “Secured folder”.

  1. Menggunakan Private Mode

Cara menyembunyikan aplikasi menggunakan private mode dapat ditemukan pada beberapa jenis HP Android. Trik menggunakan Private mode sendiri bisa juga disebut sebagai pemanfaatan Google Account.

Baca Juga  Inilah Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Gratis Terbaik

Bila kamu ingin menerapkannya, mulailah dengan membuka menu “Pengaturan” atau “Settings”. Langkah berikutnya, bukalah menu “Akun dan Cadangan”. Setelah itu, ketuk pada pilihan “Beberapa Pengguna”, kemudian pilihlah opsi “Tamu”.

  1. Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Disable

Berikutnya kamu bisa melakukan disable supaya apk tertentu dapat disembunyikan. Alternatif ini juga bisa dibilang sangat praktis dan mudah untuk dilakukan, bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

  • Bukalah menu “Pengaturan” atau “Settings” pada ponselmu
  • Carilah opsi “Applications”
  • Kalau sudah ketemu, pilihlah opsi “Application Manager”
  • Pilihlah tab “All”, kemudian sentuhlah apk yang hendak disembunyikan
  • Kalau sudah ditentukan, ketuklah “Disable”

Dengan langkah-langkah di atas, aplikasi tertentu tidak akan tampak di home screen ponselmu. Kemudian, bagaimana jika yang ingin disembunyikan ialah apk bawaan? Kamu bisa disable juga dengan panduan berikut.

  • Bukalah menu “Pengaturan” atau “Settings” pada ponselmu
  • Carilah opsi “Applications”
  • Carilah pilihan “Devices” atau “Perangkat”
  • Pilihlah tab “All”, kemudian sentuhlah apk yang hendak disembunyikan
  • Kalau sudah ditentukan, ketuklah “Disable”
  1. Melalui OnePlus

OnePlus juga bisa digunakan untuk melakukan cara menyembunyikan aplikasi. Caranya juga tidak kalah gampang dengan beberapa alternatif di atas. Buat kamu yang ingin melakukannya, berikut disajikan tutorialnya.

  • Bukalah App Drawer
  • Tekanlah bagian layar sebelah kiri
  • Tekanlah tanda atau ikon + di pojok kanan sebelah atas
  • Tentukanlah aplikasi yang hendak disembunyikan
  • Langkah terakhir, kamu bisa mengklik “Kembali”
  1. Melalui Google Pixel

Google Pixel merupakan perangkat buatan Google dan memiliki kemampuan untuk hide apk. Melakukan pencadangan melalui Google Pixel memiliki keunggulan, yakni penyimpanannya tidak terbatas. Berikut cara menyembunyikan aplikasi lewat Google Pixel.

  • Pada bagian home screen, geserlah ke atas untuk menemukan Apps Tray
  • Masuklah ke bagian “Settings”
  • Ketuk pada pilihan “Apps & Notifications”
  • Ketuk pada bagian “All Apps”
  • Tentukanlah App yang ingin di-hide
  • Kalau sudah ditentukan, kamu bisa mengakhirinya dengan mengklik “Disable”
Baca Juga  download aplikasi alight motion

Rekomendasi Aplikasi Penyembunyi untuk Pengguna Android

Selain menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh handphone, kamu juga bisa meminta bantuan kepada apk pihak ketiga. Langkah-langkahnya juga tidak ribet dan dapat dilakukan tanpa root.

Ada beberapa pilihan apk yang dapat melakukan cara menyembunyikan aplikasi secara mudah. Kali ini akan disajikan empat rekomendasi untuk kamu coba, yakni Applock, Apex Launcher, PrivateMe, dan Hide App.

  1. Applock

Rekomendasi pertama adalah Applock yang sangat populer karena menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Applock dapat diunduh secara gratis di Play Store dengan ukuran 20 MB saja.

Melalui Applock, kamu tidak hanya bisa melakukan hide apk, tetapi juga data dan file pribadi lainnya agar lebih aman. Keunggulan dari Applock adalah adanya pilihan berbagai tema sehingga tidak membosankan.

  1. Apex Launcher

Rekomendasi berikutnya ialah Apex Launcher karena telah diunduh sebanyak 10 juta lebih di Play Store. Untuk mengunduhnya, kamu hanya perlu menyiapkan ruang sebesar 18 MB saja.

Cara menyembunyikan aplikasi melalui Apex Launcher sangatlah praktis. Pengguna bisa masuk ke “Settings”, kemudian memilih “Drawer Settings”. Pada bagian “Hidden Apps”, tinggal memilih mana saja untuk disembunyikan sesuai keinginan.

  1. PrivateMe

Hide apk juga dapat dilakukan tanpa root menggunakan PrivateMe. Keunggulan dari Private Me ialah dapat digunakan untuk Android versi lama. Bagi pengguna Android Lollipop, PrivateMe bisa menjadi salah satu solusinya.

  1. Hide App

Rekomendasi terakhir adalah Hide App untuk menyembunyikan App maupun game. Untuk menggunakannya, masuk saja ke “Settings”, lalu mengklik “ON” pada bagian “PIN Protection”. PIN khusus tersebut diperlukan agar lebih aman.

Baca Juga  Bypass Frp Huawei Y9 Prime 2019 STK-L21 EMUI 9.1.0 New Security

Ketahui Manfaat dan Dampak Melakukannya

Dengan melakukan berbagai cara menyembunyikan aplikasi di atas, kamu bisa memperoleh manfaat. Misalnya, data dan file pribadi menjadi lebih aman dan tidak diketahui oleh orang lain.

Berbagai App juga tersimpan lebih aman karena dapat dicegah dari terjadinya penghapusan instalasinya. Selain itu, handphone kesayangan kamu juga bisa bekerja secara lebih optimal. Hal itu terjadi kalau dilakukan penonaktifan.

Manfaat lainnya adalah berbagai informasi sensitif pada ponsel dapat terlindungi. Hal itu karena orang lain tidak bisa mengakses informasi tersebut sehingga tidak perlu khawatir adanya pencurian data atau informasi.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa penyembunyian tersebut tidak hanya memberikan manfaat. Ada beberapa dampak juga untuk perlu disadari agar lebih berhati-hati sebelum melakukan penyembunyian app.

Apabila menggunakan third-party application, maka diperlukan ruang penyimpanan tambahan. Hal itu tidak cocok bagi pengguna dengan kapasitas memori terbatas. Sebab, kinerja ponsel juga akan menjadi tidak optimal.

Penyembunyian App juga berisiko lupa dengan PIN khusus atau password yang dipakai dalam melakukan hide. Kalau itu terjadi, kamu bisa saja kehilangan file tersembunyi selamanya dan tidak dapat mengaksesnya kembali.

Dampak terakhir dilakukannya penyembunyian App ialah salah menempatkan ketika melakukan hide. Kesalahan tersebut bisa membuatmu lupa tempat atau folder untuk menyembunyikan aplikasi. Jika demikian, risikonya adalah file tersembunyi selamanya.

Menyembunyikan aplikasi memiliki banyak manfaat, terutama dalam melindungi data atau informasi penting dari pencurian. Akan tetapi, cara menyembunyikan aplikasi harus dilakukan dengan pertimbangan terlebih dahulu karena ada dampak negatifnya.

Leave a Comment