Aplikasi Radio Garden Dengarkan Saluran dari Seluruh Dunia

Saungfirmware.id Pada kesempatan kali ini kami akan membahas aplikasi radio garden yang dapat digunakan untuk mendengarkan saluran dari seluruh dunia. Ini sebenarnya adalah sebuah sarana streaming radio berbasis internet.

Jadi kita bisa mendengarkan hampir semua kanal terdaftar dari 216 negara dari seluruh dunia. Jumlah kanalnya juga ada puluhan ribu sehingga kita bisa mencari sendiri mana yang ingin didengarkan.

Meskipun sekarang sudah ada media seperti internet namun radio masih menjadi salah satu sumber informasi akurat. Jadi kita bisa mendengarkan musik, berita, laporan cuaca, bahkan prediksi bencana.

Sehingga fungsinya bukan hanya sekedar sebagai entertainment saja namun juga memberikan informasi lengkap. Bahkan disini kita bisa mendapatkan banyak berita yang jarang ditayangkan di televisi.

Baca Juga : Adobe Capture Illustrator Bikin Fotografi Makin Artsy

Apabila Kamu memang sudah bosan dengan berita dalam negeri yang monotone coba saja aplikasinya. Jadi kita bisa tahu apa saja yang detik ini sedang terjadi di seluruh dunia menggunakan satu aplikasi saja.

Apa Itu Aplikasi Radio Garden dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pada dasarnya ini adalah sebuah layanan streaming yang menyebarkan kembali semua siarannya secara digital. Artinya kita bisa mengaksesnya menggunakan internet seperti ketika melihat kanal Youtube.

Disini pengguna diberikan kebebasan memilih sendiri dari saluran mana dan negara apapun untuk didengarkan. Sehingga kita bisa seperti berkeliling dunia dalam mencari informasi terkini.

Aplikasi radio garden memiliki cara kerja menangkap saluran dari sebuah stasiun terdaftar. Jadi stasiun radionya harus didaftarkan dulu pada developer kemudian disimpan semua detailnya.

Setelah semua detailnya diketahui maka developer bisa ikut mendengarkan saluran radionya secara bebas. Kemudian developer mengudarakan kembali saluran radionya menggunakan kanal internet.

Sehingga semua orang bahkan di luar jangkauan radionya bisa mendengarkan semua salurannya. Ini adalah cara kerja dari aplikasinya sehingga Kamu bisa menikmati semua informasi dari seluruh dunia.

Baca Juga  Cara Membuat Kata Sandi Di Android (Pola, PIN, Kata Sandi Biasa)

Aplikasi radio garden ini juga sangat terbuka pada para pengguna untuk mengunggah detail kanal radionya. Misalnya di daerah ada sebuah stasiun resmi namun belum ada dalam aplikasinya kita bisa mengunggah detail sendiri.

Hal tersebut akan menambah library dari aplikasinya sehingga semakin banyak kanal dapat kita dengarkan. Dengan begitu para pendengar bisa selalu mengikuti semua perkembangan secara mudah.

Keunggulan Aplikasi Radio Garden

Ada beberapa keunggulan dari perangkat lunak ini yang tidak kita temui pada para kompetitor lainnya. Berikut ini akan langsung kami jelaskan apa saja sehingga dapat Kamu jadikan sebagai acuan.

1.     Mengakomodasi kanal dari seluruh dunia

Hanya dengan menggunakan aplikasi radio garden saja kita sudah bisa mendengarkan semua kanal dari seluruh dunia. Tentu saja hal ini membuat kebutuhan semakin sederhana.

Kita tidak perlu lagi repot melakukan setup station sendiri karena sudah diakomodasi oleh sebuah perangkat lunak. Pengguna hanya tinggal menyambungkan saja lewat internet agar bisa mendengarkannya.

2.     Gratis

Jangan tergiur dengan beberapa APK serupa yang harus membayar dulu untuk menggunakan layanan. Disini kita bisa mendengarkan secara bebas tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Jadi ini jelas worth it untuk digunakan dalam jangka panjang atau sebagai pembunuh sepi. Apabila Kamu memang ingin menggunakan versi pro perbedaannya hanya tidak ada visual ads saja.

Visual ads tersebut akan muncul setiap beberapa waktu atau setelah kita minimize aplikasinya. Ini tidak mengganggu atau mengurangi pengalaman mendengarkan hanya saja tentu sebuah iklan harus dihilangkan.

3.     Ringan

Jangan salah meskipun aplikasi radio garden ini mengakomodasi seluruh kanal dari seluruh dunia ternyata ini cukup ringan. Jadi perangkat android dengan spesifikasi rendah juga bisa menggunakannya tanpa kesulitan.

Bagi perangkat low end yang minim hiburan tentu saja ini dapat menjadi sebuah opsi paling tepat. Kita bisa membunuh sepi sangat mudah tanpa harus menyiksa device menggunakan APK berat.

Baca Juga  Ketahui Faktor Risiko Forex sebagai Investasi

4.     UI sederhana

Meskipun nanti akan kami jelaskan bagaimana caranya bahkan tanpa tutorial siapa saja bisa menggunakannya. UI sangat sederhana sehingga semua orang tidak perlu kesulitan melakukan navigasi.

Dengan mengetahui keempat keunggulan tersebut tentu saja sekarang Kamu tahu bagaimana potensinya. Apakah ini adalah salah satu opsi tepat untuk membunuh sepi atau justru kurang menarik.

Kekurangan Aplikasi Radio Garden

Sekarang mari kita telanjangi apa saja kekurangan dari aplikasinya sehingga bisa menilai secara seimbang. Berikut adalah beberapa kekurangan yang terletak pada aplikasinya sehingga perlu diperhatikan.

1.     Tidak semua radio lokal dapat ditemukan

Bagi para pengguna aplikasi radio garden dari dalam negeri mungkin akan sedikit kecewa. Karena mayoritas radio lokal daerah tidak bisa kita temukan menggunakan aplikasinya.

Memang ada beberapa kanal besar yang dapat kita dengarkan langsung dari dalam negeri. Sehingga ini tentu saja akan membatasi para pengguna apabila ingin mendengarkan radio favoritnya.

Oleh karena itu apabila fokusnya hanya ingin mendengarkan saluran lokal saja lebih baik pakai lainnya. Banyak opsi lebih lengkap terutama ketika kita memang ingin mendengarkan kanal lokal.

2.     Fitur search cukup membingungkan

Bagi orang yang memang tidak pernah mendengarkan radio kemungkinan akan sulit mengoptimalkan fitur search. Karena orang awam kemungkinan hanya mengenali beberapa nama besar saja.

Sebenarnya jika fitur terpopuler atau favorit ditambahkan pada aplikasinya akan sangat membantu. Sehingga semua orang bisa jauh lebih mudah ketika hendak menggunakannya sehari-hari.

3.     Dibatasi di negara tertentu

Apabila Kamu memang ingin menggunakan aplikasi radio garden untuk negara tertentu kemungkinan bisa kecewa. Karena ada beberapa negara yang membatasi aksesnya sehingga tidak terdeteksi.

Tentu saja hal ini cukup merugikan para pengguna namun beberapa negara tersebut memang tidak terlalu familiar bagi telinga dalam negeri. Sehingga aspek ini sebenarnya tidak terlalu mengganggu.

Baca Juga  Cara Menampilkan Subtitle di YouTube yang Tidak Ada CC pada PC dan Smartphone

Dengan mengetahui ketiga pertimbangan tersebut tentu sekarang Kamu dapat menilainya sendiri. Apakah ini memang worth it digunakan sebagai opsi atau hanya gimmick saja dari developernya.

Cara Menggunakan Aplikasi Radio Garden

Pada segmen terakhir ini akan kami ajari bagaimana cara efektif menggunakan aplikasinya. Terutama bagi mereka yang tidak familiar dengan media seperti ini sehingga masih sulit mengoperasikannya.

1.     Navigasi dasar

Pada tampilan awal ketika membuka aplikasinya kita hanya perlu memutar globe. Tentukan negara mana yang ingin dijadikan target kemudian pilih node untuk mulai mendengarkan siarannya.

Navigasi dasar ini juga bisa kita zoom in atau zoom out untuk meningkatkan akurasi dalam navigasinya. Sehingga para pengguna bisa lebih akurat dalam menentukan pilihan targetnya.

2.     Menggunakan opsi browse

Jika ingin lebih mudah atau sudah kenal dengan kanalnya kita bisa langsung masuk ke menu browse. Itu ikon ketiga dari kiri pada bagian bawah UI dari tampilan awal membuka aplikasinya.

Ketikkan saja nama atau frekuensi dari radionya sehingga kita bisa diarahkan langsung ke sana. Jika frekuensinya sudah ketemu langsung saja klik putar untuk mulai mendengarkan siarannya.

3.     Menambahkan ke favorite

Apabila Kamu memang memiliki beberapa frekuensi favorit maka kita bisa menambahkannya ke list khusus. Sehingga ketika nanti membuka aplikasinya lagi kita mudah menemukannya.

Caranya pergi dulu ke frekuensi kesukaan kemudian tekan tombol hati untuk memasukkannya dalam list favorit. Jika ingin mendengarkannya lagi kita hanya perlu masuk dalam list tersebut.

Dengan mengetahui semua informasi tadi tentu sekarang Kamu jadi lebih tahu bahwa bisa mendengarkan radio dari seluruh dunia secara gratis. Jika tertarik langsung saja unduh aplikasi radio garden sekarang juga untuk mencoba.

[button color=”red” size=”small” link=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jonathanpuckey.radiogarden&hl=id&gl=US” icon=”” target=”false”]Download Radio Garden[/button]

Leave a Comment