Signal Private Messenger APK Chat Anti Hack Terbaik

Saungfirmware.id Bosan dapat pesan tidak diinginkan dari setiap aplikasi chat mengapa tidak mencoba signal private messenger saja. Ini adalah salah satu aplikasi chat dengan sistem keamanan paling terpercaya di antara lainnya.

Lupakan Whatsapp, Facebook messenger, bahkan telegram semuanya lewat jika dibandingkan dengan APK satu ini. Kita bisa mendapatkan privasi sesungguhnya yang merupakan hak setiap manusia.

Signal adalah salah satu software yang menjaga arus pertukaran data tetap private, end to end encryption. Sistem open source digunakan sehingga pemantauan terkait arus data dapat diklasifikasi.

Aspek seperti itu mungkin bukan menjadi leverage bagi orang Indonesia yang tidak peduli pada privasi. Namun bagi segelintir orang yang menginginkan privasi dirinya kembali ke tangannya sendiri ini dapat dijadikan opsi.

Jadi kita tidak lagi sebagai manusia yang dinilai sebuah angka saja namun makhluk seutuhnya. Jika tidak mempertahankan hak privasi sekarang mau kapan lagi kita dijadikan bulan-bulanan.

Baca Juga : GTA SA Grapich V3 Direct v2.0 MOD Apk Android | The Latest Version 2020

Apa Saja Fitur Signal Private Messenger?

Kami tidak akan membuang waktu menjelaskan fitur yang sudah jelas ada untuk sebuah aplikasi chat. Namun kami akan jelaskan selling point yang membuatnya worth it untuk dicoba sendiri.

1.     End to end enkripsi yang bisa dicek sendiri

Sistem open source dari signal private messenger membuat para pengguna dapat membedah sendiri metrik aplikasinya. Jadi kita bisa lihat seperti apa arus pertukaran data ketika digunakan.

Ini berguna untuk mengecek apakah benar bahwa end to end encryption diimplementasikan oleh developer. Tidak seperti Whatsapp yang mengaku punya end to end encryption namun backdoor terbuka lebar.

Jadi kita bisa benar-benar tahu bahwa aplikasinya menjaga data terkirim hanya diketahui oleh pengirim A ke B. ini adalah sebuah fitur yang tidak boleh dianggap sebelah mata dalam aspek privasi.

Baca Juga  aplikasi download video instagram

2.     No ads, no tracker, no gimmick

Biasanya aplikasi android yang tidak memberikan ads seperti Whatsapp pasti memasang tracking. Jadi biometrik pengguna dapat dianalisa berdasarkan perilaku penggunaannya.

Pada signal private messenger semua itu tidak ditemukan sehingga kita bisa menggunakannya secara pribadi. Bahkan log data penggunaan tidak disimpan oleh server.

Sehingga ini memang membuktikan bahwa privasi para penggunanya mendapatkan perhatian khusus. Ini juga membuat setiap orang bisa memakainya tanpa takut dimonitor oleh pihak lain.

3.     Private contact discovery

Sebuah aplikasi chat jelas mampu mengidentifikasi kontak di perangkat yang menggunakan software serupa. Ini juga dilakukan oleh signal namun ada catatan penting untuk diperhatikan.

Database dari kontak tersebut tetap menjadi hak pengguna sehingga tidak tersimpan pada server signal. Ini adalah sebuah langkah agar privasi dari setiap pengguna tetap terjaga selagi mereka terhubung bersama pengguna lainya.

Ketiga fitur tersebut jelas tidak dimiliki perangkat serupa terutama Whatsapp yang sudah jelas mengkompromikan privasi penggunanya. Jadi kita bisa jadikan ini sebagai opsi apabila ingin lebih privasi ketika melakukan pengiriman pesan.

Kelebihan Signal Private Messenger

Selain berdasarkan fitur tadi yang jelas menjadi kelebihannya kami akan jelaskan kelebihan lainnya. Ada beberapa poin penting yang mungkin menjadi daya tarik lain ketika menggunakan aplikasinya.

1.     Lebih ringan

Signal private messenger adalah salah satu APK chat paling ringan dibandingkan lainnya. Tidak adanya tracking biometrik membuat aplikasinya berjalan dengan kebutuhan RAM rendah.

Ini memungkinkan kita melakukan multitasking tanpa terganggu meskipun perangkat spesifikasinya rendah. Sehingga para pengguna sebenarnya bisa lebih mobile menggunakannya.

Jika Kamu punya alasan bahwa APK chat itu ringan silahkan rasakan sendiri ketika ada ribuan pesan masuk secara tiba-tiba. Pasti android akan langsung lag dan sulit untuk mengoperasikannya, itu tidak terjadi pada signal.

2.     Secure group video call

Banyak orang tidak tahu bahwa signal private messenger dapat digunakan untuk melakukan video conference. Memang tidak sekuat aplikasi seperti zoom yang mampu mengakomodasi ribuan orang.

Baca Juga  Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android dengan Mudah Tanpa Root 100% Berhasil

Disini jumlah maksimalnya hanya empat puluh orang saja namun privasi jelas terjaga. Ketika kita menggunakan seperti zoom atau teamviewer keamanan data para peserta jelas kurang terjamin.

Sedangkan ketika kita menggunakan signal sistem enkripsi end to end tetap diterapkan. Sehingga metrik data yang terkirim akan tetap pada lingkaran pengguna saja.

3.     X3DH (Extended Triple Diffie-Hellman)

Ini adalah salah satu bentuk enkripsi yang memungkinkan bahwa semua metrik data dari pengguna hanya keluar dan masuk sesuai tujuan mereka. Secara teknis ini mirip seperti end to end namun lebih bagus lagi.

Jadi tidak ada jejak digital ketika memang data tersebut dihapus karena manusia punya hak untuk dilupakan. Bagi orang Indonesia ini memang fitur yang aneh, namun sebenarnya penting dimiliki.

Banyak orang dalam negeri tidak peduli dengan privasi mereka lagi dalam melakukan aktivitas digital. Padahal data pribadi yang tersebar di dunia maya tentu dapat dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Kekurangan Signal Private Messenger

Dari semua glorifikasi tentang privasi tadi mari kita bedah apa sebenarnya kekurangan dari aplikasinya. Karena bagi orang dalam negeri tentu akan banyak kekurangan untuk kebutuhan harian mereka.

1.     Pengguna dalam negeri sedikit

Dari segi pengguna memang signal private messenger ini tidak laku di Indonesia. Jadi ketika Kamu bertanya pada teman apakah mereka menggunakan signal sebagai aplikasi chat jelas tidak.

Kecilnya user base dalam negeri membuat aplikasinya jelas kurang efektif digunakan sehari-hari. Ini adalah alasan terbesar pengguna jarang menjadikannya opsi utama dalam berkirim pesan.

Apa gunanya sebuah aplikasi dengan keamanan tinggi jika orang lain tidak menggunakannya. Jelas ini hanya akan menjadi bloatware saja dalam device karena penggunaannya minim.

Baca Juga  Mengatasi Stuck Recovery Redmi 5 (Rosy) via Ufi Box | One Click

2.     Tidak terkenal

Salah satu alasan lain mengapa ini bukan menjadi sebuah opsi tepat adalah karena tidak terkenal. Bagi kalangan awam yang tidak peduli dengan privasi untuk apa mereka menggunakannya.

Sehingga hal tersebut semakin mempersempit niche market dari para pengguna aplikasinya. Jarang sekali orang dalam negeri menggunakan signal private messenger untuk berkirim pesan.

3.     UI berbeda

Biasanya para pengguna terutama dalam negeri memang suka dengan perangkat yang UI sama dengan lainnya. Jadi tidak perlu lagi beradaptasi ketika ingin menggunakan aplikasinya.

UI yang berbeda dari signal jelas membatasi hal tersebut sehingga penggunanya semakin sedikit. Ini adalah alasan mengapa di Indonesia aplikasinya tidak ada penggunanya.

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Signal Private Messenger

Dalam pengaturan default sebenarnya signal sudah memberikan opsi optimal bagi para pengguna. Namun apabila Kamu peduli dengan privasi ada beberapa metode penggunaan yang lebih advance, berikut akan kami jelaskan.

1.     Aktivasi X3DH enkripsi

Apabila belum puas dengan end to end encryption silahkan aktifkan sendiri X3DH. ini bisa membuat percakapan antara dua pengguna tidak meninggalkan jejak digital sama sekali kecuali dalam device mereka.

  • Masuk ke menu setting
  • Cari tab privacy
  • Scroll paling bawah
  • Pilih developer mode
  • Aktifkan centang X3DH encryption

2.     Aktivasi double ratchet secure group video call

Takut grup video call di hack oleh orang lain dengan mudah seperti pada zoom terapkan enkripsi ini. Signal memberikan opsi tambahan double ratchet bagi para pengguna dengan cara.

  • Masuk menu setting
  • Cari tab privacy
  • Scroll ke bawah
  • Cari developer mode
  • Pilih tab group activity
  • Centang double ratchet

Dengan menggunakan semua opsi tadi sekarang komunikasi dua arah akan semakin terjamin privasinya. Jadi jika Kamu memang peduli dengan data diri pakai signal private messenger untuk menjaganya.

Leave a Comment