Download Aplikasi Telegram, Alternatif WhatsApp Terbaik

Saungfirmware.id Meski jumlah download aplikasi Telegram di Play Store atau App Store masih terpaut jauh dengan WhatsApp. Fakta bahwa platform ini memiliki banyak keunggulan dibanding WhatsApp tidak bisa dipungkiri.

Hal itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk download Telegram ini. Tidak sedikit juga yang akhirnya lebih nyaman menggunakannya dibanding WhatsApp. Bahkan, mereka juga menjadikannya sebagai aplikasi percakapan utama.

Baca Juga : 8 Kelebihan Aplikasi TikTok Sebagai Salah Satu Sosial Media

Saat kita membukanya, aplikasi ini sangat ringan dan cukup gegas dalam menampilkan menu-menu di dalamnya. Jika kamu ingin mencoba platform satu ini, silakan simak terlebih dahulu ulasan singkatnya di bawah!

Mengenal Lebih Jauh Aplikasi Telegram

Sebelum mulai download aplikasi Telegram ke ponsel, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang software percakapan berwarna biru muda ini. Dengan begitu, kita bisa tahu bagaimana awal mula software ini dibuat.

Telegram adalah sebuah aplikasi chat layaknya WhatsApp dengan beragam fungsi percakapan instan. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Telegram Messenger LLP serta mendapat dukungan dari pengusaha asal Rusia bernama Pavel Durov.

Secara umum, platform berkirim pesan instan ini memiliki tampilan yang cukup sederhana, ringan, bersih, tidak ada iklan, dan terbukti sangat aman. Itulah kenapa banyak orang mulai download aplikasi Telegram di ponselnya.

Kelebihan Telegram Jika Dibandingkan dengan WhatsApp

Banyak pengguna sudah membuktikan bahwa fitur-fitur di Telegram sejatinya memiliki fungsi lebih baik dibanding WhatsApp. Adapun Kelebihan yang cukup disukai oleh pengguna adalah sebagai berikut:

  1. Mengirim File dalam Ukuran Besar

Salah satu kelebihan paling banyak disukai oleh pengguna chatting apps satu ini tentu saja adalah kapasitas pengiriman file berukuran besar. Di sini, kamu bisa mengirimkan file dengan ukuran hingga 2 GB dalam format apa pun.

Baca Juga  Simak Cara Menyembunyikan Aplikasi WA Untuk Menjaga Privasi

Hal itu jelas tidak bisa dilakukan saat kita menggunakan WhatsApp. Pasalnya, aplikasi tersebut membatasi pengiriman file hanya mencapai ukuran 16 MB saja. Kemampuan ini jelas membuat software milik Pavel Durov ini jauh mengungguli WhatsApp.

  1. Kualitas Multimedia Tidak Dikurangi

Alasan banyak orang download aplikasi Telegram selanjutnya adalah karena kualitas foto atau gambar yang dikirimkan melalui platform ini tidak dikurangi sama sekali. Dengan begitu, foto tersebut akan tetap dikirim dengan kualitas terbaiknya.

Sementara di WhatsApp, kualitas foto atau gambar akan cenderung diturunkan agar proses pengirimannya lebih efisien. Sayangnya, hal itu justru membuat sebagian orang tidak puas dan enggan melakukannya lewat Whastapp.

  1. Login di Banyak Perangkat

Saat menggunakan WhatsApp, kita akan otomatis keluar dari sebuah akun jika akun yang sama telah login di perangkat ponsel berbeda. Kita hanya bisa login secara bersamaan jika perangkatnya berbeda seperti HP dengan desktop.

Sementara jika kamu download aplikasi Telegram, kamu bisa login menggunakan lebih dari satu perangkat smartphone sehingga penggunaannya lebih fleksibel. Terlebih, platform ini juga sudah mendukung versi desktop dengan diluncurkannya software khusus.

  1. Dapat Menampung Member Grup Lebih Banyak

Satu lagi alasan yang membuat download aplikasi Telegram wajib kamu lakukan, yaitu memiliki daya tampung anggota grup sangat banyak. Dalam satu grup, kita bisa memasukkan anggota hingga 200.000 nomor.

Jumlah tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan WhatsApp yang hanya mencapai 512 nomor saja. Dengan kapasitas sebesar ini, kamu bisa membuat skala grup lebih besar lagi seperti membuat komunitas atau fanbase.

  1. Memiliki Fitur Channel

Berbeda dengan grup, channel Telegram merupakan salah satu fitur komunikasi masal satu arah yang mana pembuat channel bisa menyebarkan chat atau informasi ke semua member atau subscribernya secara mudah.

Baca Juga  Download GTA 5 New Visa Best HD Grapich Mod Apk Android | The Latest Version 2020

Siapa saja bisa bergabung ke dalam channel dengan jumlah tidak terbatas sehingga dengan download aplikasi Telegram bisa menjadi cara efektif untuk membangun brand, membentuk fanbase atau hal-hal lain yang melibatkan banyak member.

  1. Memiliki Fitur Bot yang Interaktif

Kelebihan selanjutnya yang tidak dimiliki oleh WhatsApp adalah penggunaan fitur bot di dalamnya. Bot di dalam Telegram sendiri memiliki beragam fungsi berbeda sehingga membuatnya lebih seru dan menyenangkan.

Dari bot tersebut, kita bisa membuat kuis di dalam grup chat, mengadakan polling, mencari teman secara random, menjadikannya pengingat, dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Itulah kenapa download aplikasi Telegram sangat direkomendasikan.

  1. Mengedit Pesan yang Sudah Dikirim

Jika kamu salah mengirim pesan pada seseorang, maka hal itu bisa diatasi dengan mudah setelah download Telegram. Pasalnya, platform ini akan memungkinkan kita untuk mengedit dan memperbaiki pesan tersebut.

Nantinya, penerima akan mengetahui bahwa pesan yang sudah kamu kirim telah diedit. Meski begitu, orang bersangkutan tidak akan tahu isi pesan sebelumnya jika memang belum sempat untuk membacanya.

  1. Pesan Rahasia

Selanjutnya, kamu juga akan mendapatkan kelebihan lain setelah download aplikasi Telegram ke dalam ponsel. Kelebihan tersebut berasal dari fitur pesan rahasia atau secret chat yang akan membuat percakapan jauh lebih aman.

Pesan tersebut akan menerapkan sistem enkripsi end-to-end aman dari pihak lain, termasuk pihak Telegram. Selain itu, chat rahasia ini juga dilengkap self-destruct yang akan menghapus percakapan secara otomatis dalam kurun waktu tertentu.

  1. Fitur Last Seen Bisa Diatur secara Flaksibel

WhatsApp memang memiliki fitur Last Seen yang bisa diatur kapan bisa digunakan dan tidak. Hanya saja, penerapannya dilakukan secara umum sehingga semua kontak akan terpengaruh dengan pengaturan tersebut.

Baca Juga  Cara Spam WA Tanpa Aplikasi, Tak Perlu Kirim Satu per Satu

Jika kamu sudah download aplikasi Telegram, fitur Last Seen bisa diatur secara lebih fleksibel. Kita bisa memilih kontak mana saja yang bisa melihat status Last Seen dan siapa saja yang tidak. Hal ini tentu akan lebih relevan digunakan.

  1. Cara menambahkan Kontak Lebih Mudah

Sebagian besar pengguna yang sudah download aplikasi Telegram telah membuktikan jika proses penambahan kontak di platform ini jauh lebih mudah. Kita bisa mencari dan menambahkan kontak menggunakan nomor dan juga username di dalamnya.

Berbeda dengan WhatsApp yang harus menyimpan nomor secara manual terlebih dahulu sebelum bisa melakukan percakapan. Hal inilah yang sering membuat repot ketika ingin melakukan broadcast ke nomor-nomor baru.

Download Aplikasi Telegram secara Gratis

Dari berbagai kelebihan di atas, platform pesan instan satu ini jelas memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan WhatsApp. Kekurangan platform ini sejatinya hanya di popularitas penggunaannya saja yang masih jauh di bawah WhatsApp.

Hal itu membuatnya kurang diminati oleh sebagian besar kalangan terutama para orang tua atau mereka yang hanya mengandalkan percakapan sederhana saja. Sementara jumlah download Telegram lebih banyak dilakukan oleh kaum muda.

Untuk mendownloadnya, kamu bisa menggunakan Play Store atau App Store secara gratis. Tidak perlu khawatir jika ingin menginstalnya di HP dengan spesifikasi minim karena software ini tergolong ringan dan lancar.

Jika dilihat dari fitur-fiturnya, jelas bahwa platform berwarna biru muda ini memiliki segudang kelebihan dibanding aplikasi populer WhatsApp. Untuk itu, silakan download aplikasi Telegram jika ingin mencoba dan merasakan fitur-fitur di dalamnya.

Leave a Comment