Tutorial Investasi untuk Pemula Paling Aman Bisa Langsung Praktik

Saungfrimware.id Bingung bagaimana cara investasi untuk pemula yang paling aman dan langsung bisa dipraktekkan. Jangan bingung lagi karena kami sudah menyediakan informasi paling penting sehingga bisa dijadikan sebagai acuan.

Pada dasarnya sebelum mulai berinvestasi kita harus memahami urgensi, opsi instrumen, manajemen, dan keuntungannya. Jadi tidak sembarangan langsung menyetorkan uang pada aset tertentu.

Kita harus memilih secara teliti agar nantinya uang yang dialokasikan dapat memberikan keuntungan. Namun sayangnya tidak semua orang sadar betapa pentingnya kegiatan berinvestasi dalam kehidupan.

Oleh karena itu tidak jarang orang menyesal karena tidak melakukannya sejak berusia muda. Ini adalah sebuah cara agar nantinya dapat menikmati hari tua lebih aman atau bahkan melipatgandakan kekayaan.

Baca Juga : Instrumen Investasi Paling Aman untuk Pegawai Gaji UMR

Jadi kami akan mengupas semuanya secara detail sehingga Kamu dapat menjadikannya referensi. Diharapkan setelah selesai membaca artikel ini Kamu bisa langsung mempraktikkannya sendiri.

Apa Pentingnya Melakukan Kegiatan Investasi?

Sayang sekali pandangan masyarakat Indonesia dalam dunia investasi masih terlalu sempit. Tidak jarang orang menganggap kegiatan berinvestasi identik pada mereka dengan kemampuan finansial tinggi.

Padahal sebenarnya seseorang dengan gaji UMR juga dapat melakukan investasi dengan instrumen tertentu. Apabila kita tidak melakukannya selagi masih muda mau jadi apa di usia tua nanti ketika finansial semakin tidak menentu.

Ada tiga hal sebenarnya yang melandasi urgensi dalam berinvestasi secara umum untuk dipahami. Berikut ini akan kami jelaskan apa saja sehingga Kamu dapat menjadikannya sebagai acuan melakukannya.

  1. Melindungi nilai kekayaan

Tahukah Kamu setiap hari value dari uang dalam dompetmu terus mengalami penurunan. Oleh karena itu kita harus melakukan sesuatu agar nilai dari uang tersebut tetap bertahan.

Ini adalah salah satu alasan pentingnya investasi untuk pemula yaitu melindungi nilai kekayaan. Apabila uang hanya dibiarkan di rekening atau lebih parah di bawah bantal maka nilainya akan terus turun.

  1. Melawan inflasi
Baca Juga  Manajemen Keuangan Rumah Tangga Terhemat Anti Boros

Salah satu alasan mengapa nilai kekayaan yang Kamu miliki setiap hari terus menurun adalah adanya inflasi. Tidak perlu dipungkiri bahwa setiap tahun setidaknya terjadi penurunan nilai sebesar satu sampai dua persen.

Memang kedengarannya sedikit namun itu sudah berdampak masif dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja berapa jenis barang mengalami kenaikan dengan terjadinya inflasi tersebut.

  1. Memperbaiki taraf hidup

Salah satu manfaat investasi untuk pemula adalah bisa dijadikan solusi memperbaiki kondisi hidup. Meskipun Kamu adalah seorang karyawan dengan gaji UMR jika berinvestasi dengan bijak kemapanan tentu dapat diraih.

Apalagi mayoritas masyarakat produktif di Indonesia hidup dengan bayaran minimum. Apabila kita tidak menginvestasikan kekayaan tentu saja selamanya bisa hidup dalam garis kemiskinan.

Dengan mengetahui tiga urgensi tersebut tentu saja Kamu akan mulai tergugah untuk berinvestasi. Jangan anggap remeh dan tunda lagi ketika hendak melakukannya agar kualitas hidup dapat diperbaiki.

Cara Mulai Investasi untuk Pemula

Sekarang kita masuk pada pembahasan inti terkait bagaimana cara melakukannya dari nol. Berikut ini akan kami jelaskan secara detail sehingga para pemula dapat langsung mengimplementasikannya setelah membaca.

  1. Mengenali profil risiko

Kenali profil risiko diri sendiri ketika hendak melakukan aktivitas investasi baik jangka pendek atau panjang. Rule of thumb agar lebih mudah adalah ketika kamu takut kehilangan dana maka profilnya adalah ringan atau moderat.

Namun ketika Kamu sudah mengetahui bahwa aktivitas ini berisiko tinggi dan siap kehilangan dana maka bisa bermain pada profil agresif. Jika sebelumnya belum pernah sama sekali gunakan profil ringan.

  1. Menentukan instrumen investasinya

Sebagai seorang investor awam kami anggap kamu memiliki profil risiko rendah atau ringan. Jadi instrumen investasi untuk pemula paling cocok digunakan adalah emas, deposito, reksadana, dan obligasi.

Karena bermain di profil risiko rendah artinya Kamu tidak bisa menjadikan investasi ini sebagai cara mencari profit. Pola berinvestasi secara rendah adalah mengamankan nilai kekayaan.

Jadi jika tujuannya adalah menjamin hari tua, tabungan ketika terjadi musibah, atau keperluan jangka panjang masih cocok. Ingat gain diperoleh dengan profil risiko rendah juga sedikit.

  1. Mendaftarkan diri
Baca Juga  Jenis Instrumen Investasi yang Jarang Diketahui oleh Pemula

Cara mendaftarkan diri pada instrumen investasi untuk pemula sebenarnya sangat mudah. Jika ingin deposito bisa langsung ke bank dan buka rekening deposito berjangka melalui customer service.

Apabila ingin menggunakan reksadana bisa instal aplikasi yang ada di playstore seperti ajaib, bibit, dan stockbit. Setelah daftar langsung deposit dana untuk nantinya diinvestasikan pada platform tersebut.

Jika ingin berinvestasi menggunakan emas silahkan gunakan aplikasi pegadaian Indonesia atau langsung datang ke kantornya. Buat tabungan emas di pegadaian seperti kita membuka rekening di bank.

  1. Refil dan menunggu

Langkah terakhir adalah tinggal secara disiplin melakukan refil dana agar nominalnya semakin besar. Memang investasinya bukan langkah satu kali namun perlu dilakukan secara berjangka.

Tinggal tunggu saja nanti setiap tahun nominalnya juga akan naik tergantung pada instrumen digunakan. Selamat Kamu sekarang sudah siap memulai investasi sendiri pada profil risiko rendah.

Cara Mengalokasikan Dana Investasi untuk Pemula

Bagi orang yang ingin berinvestasi namun income setiap bulan pas-pasan jangan khawatir. Selama masih memegang uang, seseorang dapat melakukannya ketika mengetahui bagaimana caranya.

Misalnya Kamu adalah seorang karyawan gaji UMR yang sudah berkeluarga, otomatis anggaran sangat terbatas. Belum lagi kebutuhan anak istri yang wajib dipenuhi setiap bulan, bagaimana bisa berinvestasi.

Sebenarnya kita bisa memperlakukannya sama seperti menabung, jangan terlalu memaksakan diri. Setiap bulan setidaknya sisihkan sepuluh persen saja dari total income digunakan berinvestasi.

Jika gaji 3 juta alokasikan tiga ratus ribu untuk membeli reksadana, saham, atau emas. Dengan anggaran sekecil itu kita tidak perlu melakukan diversifikasi aset sehingga pengelolaannya semakin mudah.

Metode manajemen investasi untuk pemula ini paling efektif dan bisa memberikan kita gain secara optimal. Kita hitung saja begini dalam satu tahun Kamu berhasil menyisihkan 10 persen gaji (UMR 3 Juta).

Baca Juga  Tips Mudah Menabung untuk Karyawan Gaji UMR

Anggaplah efektifnya hanya sepuluh bulan sehingga anggaran total investasinya adalah 3 juta. Nilai 3 juta tersebut ketika kita taruh pada saham blue chip nilainya bisa naik paling tidak sembilan sampai sepuluh persen.

Artinya dengan konsisten menabung seperti itu seseorang dalam enam tahun akan mendapatkan sekitar dua puluh juta. Anggaran tersebut tentu pas untuk kebutuhan pendidikan anak nantinya.

Jadi pertimbangan seperti itu adalah metode investasi untuk pemula paling mudah diterapkan. Tidak perlu repot mengkalkulasi faktor risiko dan sebagainya jika sudah tahu bagaimana cara bermainnya.

Investasi bukanlah hal mengerikan yang harus dihitung setiap hari dan membuat rambut beruban. Konsep berinvestasi paling sederhana adalah tabung uangnya secara rutin dan lupakan maka kemudian hari akan memberikan hasil signifikan.

Apa Saja Keuntungan Investasi untuk Pemula?

Jika masih belum yakin untuk melakukan investasi sendiri akan kami berikan keuntungan lainnya. Berikut ini adalah keuntungan bagi mereka yang melakukan kegiatan investasi sejak dini.

  1. Anggaran keluarga menjadi lebih tertata

Salah satu keuntungan investasi untuk pemula adalah membuat anggaran rumah tangga menjadi tertata. Terutama ketika Kamu berencana untuk memiliki anak bersama dengan pasangan.

Instrumen sederhana seperti blue chip dan reksa dana akan sangat cocok digunakan untuk kebutuhan pendidikan anak ketika sudah lahir. Bahkan jika kamu mampu memanajemen secara optimal hasilnya bisa lebih mengerikan lagi.

  1. Bisa pensiun

Sekarang pensiun adalah sebuah previlege bagi mereka yang memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi. Para pekerja dengan gaji UMR jangan harap bisa pensiun dan menikmati hari tua.

Tidak akan cukup aset atau kekayaan dimiliki ketika tidak menginvestasikan sebagian dari gajinya. Oleh karena itu jika Kamu ingin pensiun dan menikmati masa tua jadi silahkan berinvestasi sejak dini.

Dengan menggunakan semua informasi tadi tentu Kamu akan tergugah untuk memulai mengubah nasib. Tutorial investasi untuk pemula tadi bisa segera Kamu implementasikan sekarang juga.

Leave a Comment