Tips Investasi Emas bagi Pemula Agar Keuangan Masa Depan Stabil

Saungfrimware.id Melakukan investasi emas bagi pemula agar keuangan masa depan stabil mudah dilakukan. Tapi, banyak yang masih ragu memulainya karena khawatir mengalami kerugian di masa mendatang.

Ketika melakukan investasi, apapun jenisnya sangat penting mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Jadi, nantinya bisa melakukan eksekusi dengan baik dan keuntungan besar berpotensi diperoleh. Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang mempunyai banyak peminat.

Sebab memiliki risiko cenderung rendah dan untuk jangka panjang nilainya senantiasa mengalami kenaikan. Selain berisiko rendah, juga sangat praktis dan mudah diterapkan, bagi pemula sekalipun. Supaya memperoleh keuntungan besar, terapkan berbagai tips berikut ini.

Baca Juga : Tips Investasi Emas bagi Pemula Agar Keuangan Masa Depan Stabil

Inilah Beberapa Tips Investasi Emas bagi Pemula Demi Keuangan Masa Depan yang Stabil

Dalam melakukan investasi, termasuk emas, ada trik khusus untuk memperoleh keuntungan besar. Inilah beberapa tips investasi emas bagi pemula yang bisa kamu coba terapkan supaya keuangan masa depan stabil, antara lain:

  1. Menentukan Tujuan Investasi

Tips pertama, tentuan tujuan dari investasi. Apakah ingin menggunakannya untuk membeli rumah, biaya pendidikan, sebagai dana darurat, biaya pernikahan atau lain-lain. Investasi dalam bentuk emas cocok untuk jangka menengah hingga panjang.

Untuk jangka pendek nilai emas masih cenderung labil naik dan turun. Bila tidak tepat saat menjual, akan menimbulkan kerugian. Dengan mengetahui tujuan, bisa menyesuaikan jumlah uang yang perlu disisihkan untuk keperluan investasi setiap bulannya.

Selain itu, juga mempermudah dalam menyesuaikan jangka waktunya. Akan dijual setelah jangka waktu berapa tahun. Penentuan tujuan di awal juga akan menambah semangat agar rutin menabung untuk keperluan investasi.

  1. Membeli Ketika Harganya Murah

Tips investasi emas bagi pemula selanjutnya, beli saat harganya murah. Walaupun hanya dengan modal terbatas, kamu berpeluang memperoleh keuntungan besar bila membelinya saat berharga murah.

Baca Juga  Aplikasi Pinjaman Online Ilegal terbaru 2023, Waspadalah!

Produk aset satu ini banyak jenisnya, di mana masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Untuk varian berwujud ada perhiasan dan batangan. Harga kedua jenis ini berbeda karena kadarnya juga tidak sama.

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, kamu bisa menabung emas dalam bentuk digital. Transaksinya sangat mudah, hanya melalui smartphone yang sudah dipasang aplikasi tersebut.

Tapi, jangan sembarangan dalam memilih aplikasi. Pilih yang benar-benar terpercaya dan sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Sebab, sekarang ini marak aplikasi investasi yang ternyata bodong.

Menariknya, beberapa penyedia layanan menawarkan investasi produk ini dengan sistem mencicil. Bisa dijadikan alternatif investasi emas bagi pemula yang memiliki budget terbatas.

Terkait ketentuan sistem mencicil, biasanya menyediakan berbagai opsi jangka waktu. Pemilihan jangka waktu menyesuaikan dengan biaya yang nantinya perlu dikeluarkan. Bisa dipilih menyesuaikan dengan kesanggupan.

  1. Memantau Secara Rutin Perkembangan Emas

Fluktuasi harga emas dipengaruhi oleh permintaan serta penawaran di pasar global. Itulah yang membuat harganya berubah-ubah setiap harinya. Jenis investasi ini juga tergantung oleh harga pasar dunia satuan US Dollar.

Jadi, sangat penting memantau perkembangan produk ini secara rutin. Tujuannya untuk menganalisa perkembangan harga. Jadi, menjadi lebih bijak dalam mengantisipasi terjadinya kenaikan serta penurunan harga investasi emas bagi pemula.

Melalui metode ini, kamu bisa memperkirakan keuntungan yang diperoleh dalam kurun waktu tertentu, misalnya satu atau dua tahun. Selain itu juga bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk membeli dan menjualnya.

  1. Menjual Saat Harganya Mahal

Membeli emas memang disarankan saat harganya sedang mengalami penurunan. Tapi, untuk metode penjualan, disarankan saat harganya mahal atau sedang mengalami kenaikan.

Apalagi bila kenaikannya cukup signifikan dibandingkan harga saat kamu membelinya. Peluang untuk mendapatkan keuntungan besar lebih tinggi. Tapi sebenarnya untuk jenis investasi emas bagi pemula jangka panjang, kamu tidak perlu khawatir.

Baca Juga  Mengatur Keuangan bagi Freelancer yang Pendapatan Tidak Tentu

Sebab, untuk jangka panjang dipastikan akan memperoleh keuntungan dari penjualan aset. Hal ini karena pergerakan harga emas cenderung mengikuti arah laju inflasi, di mana ketika tinggi, akan mengalami kenaikan.

Supaya memperoleh keuntungan optimal, kamu bisa menyimpan aset dalam kurun waktu lima hingga sepuluh tahun. Dalam kurun waktu ini biasanya potensi untuk merugi akibat harga jual lebih murah dibandingkan harga beli lebih minim.

  1. Menyesuaikan Kemampuan Finansial

Ketika melakukan investasi emas bagi pemula, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan finansial. Alokasikan penghasilan atau pendapatan untuk investasi dengan tidak mengabaikan kebutuhan pokok yang harus dibeli.

Penting diingat bahwa instrumen investasi bukan tempat menyimpan seluruh penghasilan yang diperoleh. Sisihkan dana penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari dan dana darurat terlebih dahulu setiap bulannya.

Baru setelah itu bisa menyisihkan untuk investasi. Bukan berarti harus membeli saat harganya sedang turun. Kamu harus tetap menyesuaikan dengan kondisi keuangan apakah memungkinkan untuk melakukan investasi pada waktu tersebut atau tidak.

  1. Beli di Tempat Terpercaya

Sekarang ini sudah semakin banyak tempat penyedia emas, tapi tidak semuanya terpercaya. Ada yang menyediakan khusus bentuk digital. Ada juga yang menyediakan khusus bentuk fisik.

Tapi, bisa juga melayani keduanya. Melakukan investasi emas bagi pemula yang lebih nyaman dengan produk dalam genggaman atau bisa dilihat, varian fisik merupakan solusi terbaik.

Membelinya bisa di toko emas, pegadaian, butik atau bank. Bahkan sekarang ini produk berbentuk fisik juga banyak ditemukan di marketplace, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan sejenisnya.

Sedangkan dalam bentuk digital, ada aplikasi Pegadaian Digital Emas, Pluang, Brankas Antam, BukaEmas Bukalapak dan lain-lain. Pastikan aplikasi dipilih sudah diawasi Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan.

  1. Memilih Tempat Penyimpanan yang Tepat
Baca Juga  Investasi P2P Lending Opsi Risiko Moderat Meraih Profit Cepat

Ingin menyimpan emas di rumah atau memanfaatkan penyedia layanan penyimpanan sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika memilih menyimpan di rumah, sebaiknya pakai brankas pribadi yang sudah dilengkapi pengaman.

Seperti kunci, sidik jari serta pin. Tapi, metode penyimpanan di rumah berisiko terhadap pencurian. Sedangkan bila ingin investasi emas bagi pemula tapi khawatir dengan risiko pencurian, bisa memanfaatkan penyedia layanan penyimpanan, seperti bank.

Biasanya akan ada biaya penitipan sejumlah tertentu yang harus dibayarkan. Walaupun harus membayar, sebanding dengan keamanan yang nantinya kamu rasakan. Jadi, tidak perlu khawatir aset hilang akibat dicuri.

Bisa juga dengan menyimpan secara digital dalam aplikasi. Karena bentuknya bukan fisik, kamu tidak perlu bingung bagaimana menyimpan aset yang dimiliki. Tapi memang harus benar-benar memastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan terpercaya.

  1. Konsisten dalam Menabung

Tips terakhir, dalam menabung untuk tujuan investasi harus konsisten dan rutin. Diperlukan komitmen dan niat yang tinggi dalam diri. Baik itu dengan metode menabung sejumlah harga emas yang ingin dibeli maupun sistem mencicil.

Ada beberapa orang yang lebih gemar menabung hingga uangnya cukup untuk membeli emas dengan kadar sesuai keinginan. Tapi, ada juga yang lebih gemar mencicil. Apapun pilihannya, harus dilakukan secara konsisten supaya memperoleh hasil maksimal.

Sebenarnya melakukan investasi dalam bentuk emas tidak harus jangka panjang. Tapi, untuk metode jangka pendek, jarang dilakukan mengingat harganya yang labil. Tidak heran bila investasi emas bagi pemula lebih banyak yang menerapkan untuk jangka waktu panjang.

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment