Berbagai Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik Bisa Dirasakan

Saungfrimware.id Ada banyak manfaat mengelola keuangan bisa kamu rasakan bila dilakukan dengan baik. Seperti kita tahu bahwa kebutuhan hidup dari waktu ke waktu terus mengalami kenaikan. Bukan hanya kebutuhan yang sifatnya pokok saja alias primer, tapi juga sekunder bahkan tersier.

Kondisi seperti menuntut banyak orang, terutama yang sudah berkeluarga untuk bekerja lebih keras. Apalagi bila gaji yang diperoleh tetap dan tidak ikut mengalami kenaikan. Bagaimanapun juga dalam hidup penting memiliki tabungan atau investasi untuk kebutuhan jangka panjang.

Tapi, bagi sebagian orang, uang yang diperoleh tidak cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhannya. Bukan hanya karena tingginya kebutuhan, tapi juga tingginya keinginan. Jadi, penting memiliki skill mengelola keuangan dengan baik karena manfaat berikut bisa dirasakan.

Inilah Berbagai Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik yang Bisa Dirasakan

Memang bukanlah hal mudah untuk selalu konsisten dalam mengatur masalah keuangan. Tapi, bila kamu berhasil menerapkannya dengan baik, beberapa manfaat mengelola keuangan ini bisa dirasakan:

  1. Terhindar dari Utang

Manfaat pertama, kamu akan terhindar dari utang karena sudah memiliki dana darurat sebagai antisipasi hal-hal mendesak. Sangat penting diingat bahwa utang itu merupakan sebuah hal yang sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan.

Bila memang tidak sedang dalam kondisi sangat mendesak, sebaiknya jangan berutang. Mengapa? Karena utang, apalagi bila pinjamnya ke lembaga keuangan atau pihak tertentu, biasanya menerapkan bunga dengan persentase cukup besar.

Hal ini tentu akan membuat pengeluaran kamu menjadi lebih besar. Sebelum berutang, selalu ingat dampaknya supaya bisa terhindar. Dengan mengetahui dampaknya, keinginan untuk membeli sesuatu dengan cara berutang menjadi lebih bisa diredam.

Manfaat mengelola keuangan satu ini memberikan dampak cukup signifikan terhadap kondisi finansial. Bila memang menginginkan sebuah barang, tapi sebenarnya tidak terlalu membutuhkan pada saat itu, kamu bisa merencanakannya terlebih dahulu.

Baca Juga  Mengatur Keuangan bagi Freelancer yang Pendapatan Tidak Tentu

Catat barang yang ingin dibeli, lalu sisihkan atau tabung uang secara rutin. Setelah itu, kamu bisa membelinya secara cash tanpa perlu berutang. Pahami dengan baik kondisi bagaimana saja yang memang mengharuskan untuk berutang dan tidak.

Sebab, tidak semua kebutuhan itu harus diselesaikan dengan berutang bila memang sedang krisis keuangan. Apalagi bila jumlahnya besar, belum lagi ditambah bunga, tentu akan menambah beban finansial.

  1. Terlatih untuk Selalu Hemat

Manfaat mengelola keuangan dengan baik selanjutnya, menjadi terlatih untuk selalu hemat. Bukan berarti hidup hemat itu serba kurang dan pas-pasan. Dimaksud hidup hemat dalam hal ini adalah dalam kondisi berkecukupan.

Mampu meraih kebutuhan apa yang ingin diwujudkan. Cara berhemat yaitu dengan mengatur keuangan setiap bulan, terutama mengenai pengeluaran. Salah satu upaya berhemat, dahulukan kebutuhan wajib.

Sebisa mungkin minimalisir utang yang berpotensi menimbulkan permasalahan finansial. Dalam upaya berhemat sangat memerlukan konsistensi dan niat tinggi. Sebab, pengeluaran perlu dikontrol supaya tidak berlebihan.

Selain itu juga sangat penting menjaga diri supaya tidak boros dalam mengeluarkan uang. Tidak bisa dipungkiri bahwa menjaga diri untuk tidak membeli barang-barang yang diinginkan dan sifatnya tidak terlalu penting itu sulit.

  1. Menjadi Terbiasa Lebih Tertib serta Teratur

Pengelolaan keuangan yang baik akan membuat kamu menjadi lebih tertib dan teratur. Disadari atau tidak, manfaat mengelola keuangan satu ini akan menjadi sebuah kebiasaan baik bukan hanya dalam hal finansial kebutuhan pribadi.

Tapi, juga berdampak terhadap aspek kehidupan lain, seperti dalam hal kerjaan. Apalagi bila pekerjaan yang sedang ditekuni berkaitan erat dengan masalah keuangan dan bagaimana upaya meminimalisir pengeluaran dalam bisnis.

Dengan terbiasa hidup tertib dan teratur dalam mengelola keuangan, segala keinginan mampu tercapai. Baik itu keinginan untuk diri sendiri maupun keluarga. Sebab, semuanya sudah terencana dengan detail, ditambah lagi pengelolaan yang diterapkan sangat baik.

Baca Juga  Tips Mudah Menabung untuk Karyawan Gaji UMR

Keinginan yang mampu tercapai bukan hanya berkaitan dengan keperluan pokok saja. Tapi, juga keperluan bukan pokok yang sebenarnya juga penting di agendakan, seperti liburan. Tidak perlu sering, sesekali itu sudah lebih dari cukup.

  1. Mempunyai Perencanaan Masa Depan Lebih Baik

Manfaat mengelola keuangan lainnya yaitu mempunyai perencanaan masa depan lebih baik. Manfaat satu ini relevan dengan kebiasaan berhemat serta terhindar dari permasalahan utang.

Kehidupan yang dijalani akan lebih ringan tanpa adanya masalah utang dan memiliki tabungan dengan jumlah lebih dari cukup. Dengan kondisi seperti ini, bisa dipastikan perencanaan untuk masa depan jauh lebih baik.

Seluruh rencana sudah disusun sedemikian teraturnya demi masa depan bebas finansial. Terlepas dari berjalannya waktu mengalami kendala atau tidak, terpenting sudah memiliki perencanaan dan implementasi yang baik.

Berbeda bila hidup tanpa rencana apapun, hal-hal mengenai masa depan menjadi kurang dipertimbangkan. Padahal merencanakan masa depan itu perlu sebagai pemacu supaya lebih bersemangat menggapainya.

  1. Mempunyai Perlindungan dari Kejadian Darurat Tidak Terduga

Manfaat mengelola keuangan dengan baik yang bisa dirasakan berikutnya, mempunyai perlindungan dari kejadian darurat tidak terduga. Namanya kehidupan seringkali penuh dengan ketidakpastian.

Sekarang ini mungkin sedang baik-baik saja, tapi esok, lusa atau di kemudian hari tidak pernah tahu kejadian apa yang akan terjadi. Bukan hanya kejadian baik saja yang tidak bisa di prediksi, tapi juga hal buruk.

Ada saja risiko buruk yang mungkin terjadi baik pada diri sendiri maupun keluarga. Dengan pengaturan keuangan yang baik, kamu bisa lebih mudah mengatasi kemungkinan hal-hal buruk tersebut.

Manfaat mengelola keuangan satu ini bisa dirasakan ketika kamu mengikuti program asuransi atau melakukan investasi. Paling banyak dipilih sebagai perlindungan diri maupun keluarga dari kemungkinan buruk seperti sakit atau kecelakaan adalah asuransi.

Baca Juga  Tips Mengelola Rekening Bulanan Bisa Diterapkan Kaum Milenial

Sedangkan investasi merupakan metode yang dipilih sebagai antisipasi ketika di kemudian hari membutuhkan dana untuk kebutuhan mendesak. Kita tidak pernah tahu kapan dalam hidup memerlukan banyak uang, sehingga perlu adanya antisipasi sejak dini.

  1. Mengurangi Stress

Manfaat terakhir yaitu mengurangi stress. Beberapa hal pemicu stress akibat finansial yaitu mempunyai utang berjumlah besar, belum lunasnya peminjaman karena persentase bunga semakin tinggi dan permasalahan lain.

Dengan manfaat mengelola keuangan, akan secara otomatis membuat kamu terhindar dari permasalahan kesehatan yang membahayakan. Seperti kita tahu bahwa stress itu tidak baik bila dibiarkan terlalu lama karena berpotensi mendatangkan penyakit.

Bahkan dampak paling buruknya menimbulkan kematian. Tidak sedikit orang yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan bunuh diri karena stress akibat utang menumpuk.

Tapi, dengan pengelolaan finansial tepat, kondisi seperti ini bisa dihindari. Ketika menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik, biasanya akan lebih jarang bagi seseorang untuk berutang atau mengajukan pinjaman bila memang tidak sedang perlu.

Karena bagi mereka, kebiasan berutang hanya akan mempersulit kondisi finansial. Apalagi bila dana yang dipinjam memiliki persentase bunga sangat besar setiap bulan atau tahunnya. Bahkan ada juga yang mencapai dua atau lebih kali lipat dari dana pinjaman.

Sebenarnya tidak sulit mengelola keuangan dengan baik, tapi tidak semua orang mampu melakukannya. Hal ini karena ego dalam diri untuk membeli barang-barang yang sifatnya tidak terlalu penting perlu dikurangi untuk memperoleh manfaat mengelola keuangan di atas.

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment