Tips Mengelola Rekening Bulanan Bisa Diterapkan Kaum Milenial

Saungfrimware.id Sebenarnya bukan hal sulit mengelola rekening bulanan yang bisa diterapkan oleh kaum milenial. Tapi, masih banyak kaum milenial mengabaikan dan menerapkan pola hidup konsumtif. Kerap membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Walaupun penghasilan besar, bila tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, akan membuat uang cepat habis. Pengelolaan keuangan buruk bukan solusi terbaik baik kamu yang menginginkan kondisi finansial membaik di masa mendatang.

Baca Juga : Kesalahan Manajemen Anggaran Rumah Tangga Sering Dilakukan

Mengelola keuangan memang bukanlah hal mudah mengingat setiap orang mempunyai kebutuhan serta jumlah penghasilan berbeda-beda. Tapi, bukan berarti tidak bisa diterapkan. Bagi kamu yang termasuk kaum milenial, bisa menerapkan berbagai tips berikut.

Beberapa Tips Mengelola Rekening Bulanan yang Bisa Diterapkan Kaum Milenial

Walaupun penghasilan bulanan di dalam rekening jumlahnya tidak banyak, kamu tetap bisa menabung asalkan mampu mengelola keuangan dengan baik. Inilah beberapa tips mengelola rekening bulanan yang bisa diterapkan oleh kaum milenial:

  1. Membuat Anggaran Bulanan

Mengeluarkan uang sangatlah mudah, tapi bila tidak dikontrol dengan baik bisa membuat penghasilan bulanan cepat habis. Salah satu upaya dapat dilakukan untuk meminimalisir situasi seperti ini yaitu membuat anggaran bulanan.

Sebaiknya buat anggaran bulanan di awal bulan, tepatnya sebelum mulai mengeluarkan penghasilan yang diperoleh. Pembuatan anggaran bulanan ini perlu dibuat secara rutin untuk mengetahui berapa pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya.

Ketika ternyata terlalu boros, kamu bisa lebih mengontrol pengeluaran lagi dan mengelola rekening bulanan dengan lebih efektif. Sangat penting membuat skala prioritas, membeli barang yang benar-benar dibutuhkan terlebih dahulu.

Biasanya dalam anggaran bulanan akan dicatat pengeluaran yang jenisnya rutin. Seperti tagihan listrik, pulsa, makanan dan minuman, tagihan kredit maupun biaya hidup lainnya. Tapi, jangan lupa menyisihkan dana untuk kebutuhan darurat sebagai antisipasi.

  1.  Menyusun Laporan Keuangan Harian
Baca Juga  Tips Mudah Menabung untuk Karyawan Gaji UMR

Selain anggaran bulanan, kamu juga perlu menyusun laporan keuangan harian. Metode satu ini bisa lebih membantu untuk mengontrol pengeluaran. Laporan harian ini nantinya dipakai sebagai bahan analisa pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting.

Jadi, bisa menghindari pengeluaran tidak terlalu penting di masa mendatang. Belanja memang perlu, tapi harus disesuaikan dengan jenis kebutuhannya, apakah masuk kategori benar-benar butuh atau tidak.

Ketika terbiasa menuruti pembelian barang-barang tidak terlalu penting dan tanpa adanya pengontrolan, akan sulit menyisihkan uang untuk upaya mengelola rekening bulanan lebih baik. Kamu bisa mencatatnya di buku khusus, smartphone atau laptop.

  1. Menyisihkan Sebagian Penghasilan untuk Ditabung

Tips selanjutnya, sisihkan sebagian penghasilan bulanan untuk ditabung. Tanamkan prinsip bahwa menabung itu hukumnya wajib. Sebaiknya jangan menabung dari sisa penghasilan, tapi langsung sisihkan di awal bulan atau sebelum membelanjakannya.

Terdapat banyak manfaat dapat dirasakan bila menjadikan aktivitas menabung sebagai salah satu hal yang dijadikan prioritas. Salah satunya memberikan jaminan bisa menabung secara rutin setiap bulannya.

Melalui metode seperti ini, akan membantu kamu menjadi lebih selektif dalam mengelola pengeluaran. Tapi, masih banyak kaum milenial yang menyisihkan penghasilan bulanan untuk ditabung saat ada sisa uang.

Dan tidak menabung ketika ternyata tanpa sisa. Kebiasaan mengelola rekening bulanan seperti ini perlu diubah. Jadi, alokasikan dana tabungan sesudah menerima gaji dan tetap menyesuaikan dengan kebutuhan rutin bulanan yang perlu dibeli.

Bila merasa cukup sulit untuk memulainya, kamu bisa mencoba dengan persentase berjumlah kecil terlebih dahulu. Misalnya sejumlah 10% dari total penghasilan. Ketika sudah bisa beradaptasi, tingkatkan menjadi 15%, 20%, 25% dan seterusnya.

  1. Menyisihkan Sebagian Penghasilan untuk Investasi

Selain ditabung, sisihkan penghasilan untuk investasi. Masa pensiun perlu dipersiapkan sejak dini, salah satu caranya dengan berinvestasi. Nantinya investasi ini bisa dijadikan passive income untuk membantu memenuhi kebutuhan saat sudah tidak bekerja.

Baca Juga  Tips Investasi Emas bagi Pemula Agar Keuangan Masa Depan Stabil

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan. Bila masih pemula, kamu bisa memilih jenis instrumen investasi yang sudah dikenal. Disarankan bagi pemula agar memilih instrumen dengan risiko rendah untuk meminimalisir potensi mengalami rugi.

  1. Bijak Memakai Kartu Kredit

Tips mengelola rekening bulanan lainnya yaitu bijak dalam menggunakan kartu kredit. Melalui sistem kredit memang sangat menguntungkan dan memudahkan transaksi. Sebab, hanya dengan sedikit modal yang dimiliki, kamu bisa memperoleh barang mahal.

Tapi, penting diingat bahwa pemakaian kartu kredit yang tidak bijak bisa membuat kondisi keuangan menjadi tidak sehat. Sebaiknya pakai kartu kredit untuk kebutuhan belanja berjumlah besar atau dalam kondisi terdesak.

Jangan dibiasakan untuk selalu menggunakan kartu kredit bila ada uang cash yang bisa dikeluarkan. Supaya lebih menghemat pengeluaran, pilih penyedia kartu kredit yang memiliki kebijakan meringankan serta berbunga rendah.

Untuk mendapatkan layanan kartu kredit dengan karakteristik demikian, perlu dilakukan riset, lalu membandingkannya. Metode mengelola rekening bulanan seperti ini bisa diterapkan bagi kamu pengguna layanan kartu kredit.

  1. Membuat Dua Rekening Bank

Untuk membantu pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah, kamu bisa membuat dua rekening bank. Satu rekening digunakan khusus untuk menerima gaji serta memenuhi kebutuhan rutin bulanan.

Sedangkan rekening lainnya digunakan untuk menabung. Jadi, nantinya data pengeluaran untuk kebutuhan dan pemasukan tabungan tidak perlu dikelompokkan secara manual. Sebab, dana tabungan sudah masuk dalam rekening khusus.

Sebaiknya ketika menerapkan metode mengelola rekening bulanan satu ini, cari bank yang menawarkan biaya admin rendah. Akan lebih menguntungkan lagi bila tanpa ada biaya admin sama sekali.

Ada rekening yang hanya dapat digunakan untuk menabung dan bebas biaya admin. Tapi, biasanya rekening dengan jenis seperti ini memiliki fitur terbatas, di mana pengguna tidak bisa memakainya untuk transaksi jenis lain.

Baca Juga  Tutorial Investasi untuk Pemula Paling Aman Bisa Langsung Praktik

Salah satunya tidak dapat dipakai untuk transfer antar rekening. Ada juga yang tidak memberikan kartu ATM dan hanya akan diberikan buku tabungan. Bila tujuan pembukaan rekening hanya khusus untuk menabung, tentu keterbatasan ini tidak menjadi masalah.

Mengingat ada banyak bank penyedia produk rekening dengan fasilitas demikian, kamu perlu memahami karakteristiknya masing-masing. Walaupun tanpa biaya admin bulanan, ketahui berapa besar biaya untuk pembukaan dan pengendapan.

  1. Menghindari Perilaku Konsumtif

Tips mengelola rekening bulanan terakhir yaitu hindari perilaku konsumtif. Namanya manusia memang tidak dapat dipungkiri selalu mempunyai banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Baik yang sifatnya sangat penting maupun tidak.

Tapi, bagaimanapun juga dalam mengeluarkan uang juga perlu bijaksana, apalagi bagi para milenial. Salah satu upaya bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup hemat dan sebisa mungkin menghindari kebiasaan konsumtif.

Selalu membeli sesuatu yang sebenarnya tidak masalah bila tidak dibeli. Membeli sesuatu hanya untuk memenuhi gaya hidup dan mengabaikan pengontrolan dalam mengeluarkan penghasilan bulanan.

Memang bukan hal mudah menghindari perilaku konsumtif ini apalagi sudah menjadi kebiasaan. Tapi, bila kamu berhasil melakukannya, selangkah lebih maju untuk bebas finansial di masa depan.

Bisa dikatakan gampang-gampang susah untuk mengelola penghasilan bulanan. Apalagi setiap bulannya ada saja godaan untuk membeli barang yang menarik perhatian. Dalam mengelola rekening bulanan juga diperlukan niat dan komitmen yang kuat dari dalam diri sendiri.

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment