Tips Mudah Menabung untuk Karyawan Gaji UMR

Saungfrimware.id Pada kesempatan ini kami akan berikan beberapa tips mudah menabung bagi para karyawan dengan gaji UMR (3 juta atau kurang). Sehingga masih bisa menabung untuk kebutuhan masa depan misalnya menikah atau membeli motor baru.

Sudah banyak orang mengulas berbagai macam tips terkait bagaimana menghemat uang gaji. Namun kebanyakan hanya berkutat pada pemotongan spending tanpa mengetahui bagaimana cara paling efektif.

Sekedar mengencangkan sabuk saja tidak akan membawa kita kemana-mana kecuali sengsara karena tidak bisa belanja. Oleh karena itu lakukan tips lebih bijak dan cerdas dalam melakukan pengelolaan.

Apabila memang tidak ada tujuan penting tidak usah menabung, ingat gaji sudah sedikit. Jika tidak ada kebutuhan mendesak jangan buat hidupmu jauh lebih sengsara lagi dari gaji kecil tersebut.

Semua orang di media sosial yang berkata bahwa menabung dulu agar bisa sukses. Mereka berbicara begitu karena itu adalah konten dan bisa mendapatkan uang dari menyebarkan info tidak akurat.

Jadi lupakan sejenak semua tips dari para influencer yang memang sudah kaya tadi. Mari berbicara secara rasional bagaimana caranya menabung menggunakan gaji UMR yang sedikit.

Baca Juga : Aplikasi Reksa Dana Bibit Bisa Dijadikan Alternatif Investor Pemula

Tips Mudah Menabung Pertama Adalah Hitung Value Gaji

Jangan salah pemerintah tidak mendesain upah minimum rata-rata sebagai sebuah standar bahwa bayaran tersebut bisa digunakan untuk hidup. UMR adalah seberapa besar negara memberikan value pada para pekerja di daerah.

Jadi tidak ada hubungannya dapat gaji UMR sudah bisa digunakan untuk menjalani hidup. Memang bisa saja namun kita harus cerdas dan tidak boleh menggunakannya terlalu cepat agar masih menghasilkan sisa.

Pertama kita harus hitung dulu berapa jumlah gaji dengan kebutuhan standar estimasi hidup. Misalnya gaji sebesar 1.8 juta (Sragen) jika dilihat oleh orang Jakarta Selatan tentu tidak masuk akal.

Namun ingat monetary value dari uang di seluruh Indonesia itu jauh berbeda bahkan bisa bumi langit. Di Jakarta misalnya uang lima puluh ribu mungkin hanya bisa digunakan untuk makan satu hari.

Baca Juga  Panduan Pengelolaan Keuangan Atlet Sebelum Masa Pensiun

Namun bagi orang Sragen atau Banyuwangi ini sudah bisa digunakan untuk belanja kebutuhan satu minggu. Jadi tips mudah menabung paling penting adalah menghitung value dari gaji.

Jangan melihat dari nominal angka saja namun juga monetary value atau seberapa berharga uang tersebut. Jika kebutuhan primer seperti makan, tempat bernaung, dan paket data sudah terpenuhi misalnya baru kita boleh menabung.

Daerah dengan monetary value tinggi biasanya dapat mengalokasikan dana jauh lebih tinggi untuk menabung. Misalnya Kamu berasal dari Sragen dengan UMR 1.8 juta, ini sudah bisa menabung setengah gaji (900 ribu) setiap bulan.

Apalagi kalau masih satu rumah dengan orang tua, bahkan tabungannya bisa jauh lebih tinggi. Sudahlah jangan gengsi satu rumah dengan orang tua, karena tidak mungkin UMR kita bisa digunakan untuk beli properti.

Kecuali jika Kamu memang dicoret dari KK dan harus tinggal sendiri baru pertimbangkan membeli sebuah rumah. Jadi urgensi dari tips mudah menabung ini semakin tinggi untuk diimplementasikan.

Mengkalkulasi Value Kebutuhan Hidup Sehari-hari

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang kebutuhan primer tidak hanya dari makanan, pakaian, dan tempat bernaung. Namun juga ada paket data dan berbagai macam periodical liability lainnya bagi setiap orang.

Jadi Kamu harus bisa memanajemen setidaknya dua bagian dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu personal necessity dan juga periodical liability agar dapat menggunakan tips mudah menabung secara optimal.

  1. Personal necessity

Kebutuhan personal mulai dari pakaian yang layak tidak harus branded, makanan agar bertahan hidup, dan tempat bernaung bisa rumah kos. Ketiga hal tersebut setidaknya harus kita penuhi dulu agar kehidupan menjadi lancar.

Makanan dan tempat tinggal jelas menjadi prioritas utama untuk dipenuhi seseorang. Kemudian pakaian jika sudah ada pakai saja tidak perlu malu mengakui bahwa kamu orang miskin.

Dalam tips mudah menabung ini kita harus tahu berapa banyak personal necessity. Jika ternyata sampai memakan 90 persen gaji tentu saja alokasinya hanya sepuluh persen, mau bagaimana lagi itu realitanya.

  1. Periodical liability
Baca Juga  Pentingnya Skala Prioritas Keuangan dalam Kehidupan Sehari-hari

Ini adalah beban periodik yang tidak bisa terhindarkan bagaimanapun keadaan finansial. Seperti paket data, membeli BBM, uang kos, sampai jatah mengirim pada keluarga yang hanya menjadi beban saja.

Seseorang bisa saja mampu memampatkan personal necessity pada tips mudah menabung ini. Namun belum tentu mereka dapat mengurangi periodical liability setiap bulannya.

Jika boleh jujur zaman sekarang periodical liability justru menjadi penguras penghasilan seseorang. Kamu bisa menahan lapar, tidak beli baju, atau menggunakan kos paling fakir.

Namun periodical liability seperti mengirim jatah pada keluarga, uang bensin untuk bekerja tidak dapat dianulir. Oleh karena itu menabung harus mengorbankan personal necessity.

Misalnya Kamu memang sudah dipaksa menikah dengan orang tua tentu harus mengorbankan personal necessity. Setidaknya potong personal necessity menjadi setengah agar bisa menyimpan setengahnya.

Dua prinsip tersebut memang terdengar kejam dan seperti tidak ada orang hendak membantu. Namun realita kehidupan memang seperti itu kejam, pedas, to the point, dan tidak ada toleransi.

Tips Mudah Menabung dengan Mengurangi General Demand

General demand ini bisa kita sebut dengan pemalakan secara halus dari pihak lain. Hampir sama sebenarnya seperti periodical liability namun sifatnya tidak tentu waktunya sehingga sulit diprediksi.

Contoh dari general demand seperti pacar ingin dibelikan sesuatu, teman meminjam uang, paman butuh dana untuk hajatan, dan lain sebagainya. Jadi kebutuhan bodoh yang secara moral kita sulit untuk menolaknya.

Pada tips mudah menabung ini sebaiknya Kamu mulai memperkokoh diri agar tidak mudah dimintai uang seperti itu. Ingat Kamu sudah miskin dengan gaji UMR mengapa masih mau membantu orang yang belum tentu memberikan feedback positif.

Bisa saja dalam tiga bulan lagi pacar putus, atau paman tidak pernah mengembalikan profit hajatannya. Semua itu bisa saja terjadi oleh karena itu pelit adalah salah satu kunci penting agar bisa menabung.

Baca Juga  Tips Manajemen Keuangan Mahasiswa Terbaik Tanpa Masalah

Dirimu hanya kamu sendiri yang mengurus di era ekstra kejam seperti sekarang. Jadi jangan mudah menolong orang karena belum tentu mereka bisa memberikan feedback baik pada kehidupanmu kedepan.

Terdengar kejam dan egois, memang inilah sebenarnya nasib yang digariskan apabila kita memiliki gaji UMR. Misalnya dengan upah setiap bulan hanya 1.8 juta tentu akan semakin sengsara jika mengikuti general demand.

Oleh karena itu pada tips mudah menabung ini jadikan dirimu lebih kokoh agar sulit dimintai uang orang lain. Keegoisan sekarang bukan lagi potret buruk namun kita terpaksa melakukan hal tersebut secara sadar.

Tips Mudah Menabung dengan Splitting

Splitting sebenarnya metode paling tidak kami rekomendasikan kecuali kondisinya terdesak. Jadi langsung saja bagi dua uang gaji, simpan setengahnya pada tabungan deposito sehingga sulit ditarik.

Setelah kita bagi seperti itu otomatis personal akan berusaha beradaptasi pada kepemilikan uang lebih sedikit. Ini tentu saja akan berpengaruh pada personal necessity dan juga periodical liability.

Solusinya tentukan saja mana skala prioritas paling tinggi diantara semua itu yang tidak bisa ditinggalkan. Sehingga nantinya seseorang tetap bisa mengalokasikan sejumlah anggaran untuk menjalani hidup.

Menggunakan barang substitusi dan mengeluarkan effort lebih memang menjadi langkah general paling mudah. Sehingga jelas kehidupan akan semakin sengsara demi menggapai cita-cita dari hasil tabungan tadi.

Dengan mengetahui berbagai tips tadi sepertinya memang cukup sulit dan kejam, tidak seperti para influencer memberikan saran. Namun tips mudah menabung tadi adalah jalan paling realistis agar impian bisa tercapai.

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment