Ketahui Identitas dengan Aplikasi Pelacak Truecaller di Play Store

Saungfrimware.id Ketahui Identitas dengan Aplikasi Pelacak Truecaller di Play Store ,Sudah tahu ada sebuah aplikasi pelacak Truecaller yang bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi siapa identitas penelepon ketika namanya tidak tersedia di kontak? Kini kamu bisa mengenali panggilan spam dan memilih tidak mengangkatnya daripada membuang waktu percuma.

Untuk yang sedang menanti pekerjaan juga bisa mendeteksi adanya panggilan masuk dari HRD perusahaan tempat kamu melamar. Tidak kalah penting adalah ketika kurir pengantar barang mencoba menghubungi nomormu karena kesulitan mendapatkan alamat rumah.

Baca Juga : 6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Ketahui Fitur-Fitur dalam App Truecaller

Sebuah aplikasi pelacak Truecaller adalah app gratisan yang bisa kamu unduh gratis dari Playstore. Uniknya, app ini dapat memberikan data penelepon sekalipun kamu tidak menyimpannya di kontak. Untuk beberapa kontak penting bisa disimpan langsung.

Namun, jika panggilan yang masuk ternyata adalah spam atau tawaran yang terus-menerus mengganggu maka bisa diblokir saja. Layanan menunjukkan kontak penelepon saja sudah menarik, tetapi ternyata selain itu masih ada fitur lain yang tidak kalah menarik juga.

Fitur tersebut merupakan daftar hitam nomor pemanggil yang bisa kamu tentukan melalui panggilan masuk. Kamu bisa memilih dua hal atas daftar hitam tersebut. Pertama, membiarkan app memberi tahu jika ada penelpon dari daftar yang sudah dibuat.

Kedua, tidak memberikan izin aplikasinya untuk memberi tahu bahwa ada panggilan masuk dari salah satu daftar hitam. Nanti, ketika memilih yang kedua maka penelepon akan menerima nada sibuk setiap kali melakukan panggilan ke nomormu.

Begini Cara Kerja Ketahui Identitas dengan Aplikasi Pelacak Truecaller

Kamu pasti penasaran bagaimana sebuah app bisa memberikan informasi akurat terkait data penelpon. Perlu dipahami bahwa app ini bekerja sama dengan penyedia direktori provider global. Selain itu bekerja sama juga dengan berbagai jejaring atau media sosial terkemuka.

Baca Juga  Virtual Xposed Android 0.18.0 MOD APK ( No Root ) Terbaru 2020

Perlu diketahui juga bahwa ketika kamu mendaftar atau mengunduh app, maka secara otomatis app akan memiliki akses ke seluruh kontak pada smartphonemu. Jadi, ketika tidak didapatkan data dari provider maupun jejaring sosial maka yang digunakan data kontak.

Ini kenapa terkadang aplikasi pelacak Truecaller juga memberikan informasi kurang akurat untuk beberapa nomor yang sulit terlacak. Namun, kebanyakan cukup membantu jika tujuannya untuk identifikasi spam karena biasanya akan langsung muncul tanda spamnya.

Sebelum melakukan akses ke seluruh kontak, sejak awal penggunaan, app akan meminta persetujuan akses. Jadi, tindakan yang dilakukan app sama sekali bukan tindakan ilegal sebab secara sadar kamu sendiri telah memberikan izin untuk akses tersebut.

Secara teknis, cara kerja ini disebut sebagai crowdsourcing atau pengumpulan algoritma yang sedemikian rupa memberikan informasi akurat. Proses mencocokkan angka dengan nama pemiliknya menggunakan kecerdasan buatan bernama crawler.

Ingat, aplikasi pelacak Truecaller bisa memberikan informasi dari kontak di smartphonemu. Jadi, jangan kaget jika terkadang kamu iseng mencari data nomor sendiri, ternyata yang keluar adalah nama-nama tambahan seperti yang tersimpan pada buku telepon temanmu.

[button color=”red” size=”medium” link=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.truecaller” icon=”” target=”false”]DOWNLOAD[/button]

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangannya Aplikasi Pelacak Truecaller

Sebagai salah satu app kekinian, tentu terdapat kelebihan berikut kekurangan bisa dirasakan. Agar adil, kami akan membahas keduanya secara bergantian. Pertama, mari cari tahu apa kelebihannya dulu.

  1. Kelebihan

Ada beberapa kelebihan bisa menjadi pertimbangan jika kamu ingin menggunakan app satu ini. Simak beberapa kelebihan tersebut untuk kamu ketahui yang mana meliputi beberapa poin berikut.

  • Memberikan peluang untuk kamu menemukan lokasi ponsel hanya dari panggilan telepon yang masuk.
  • Fitur Siapa yang Melihat Nomor Saya dari aplikasi pelacak Truecaller bisa membantu kamu mencari tahu siapa saja yang mencoba melacak nomor serta lokasimu.
  • Mendapatkan informasi atau data akurat siapa penelpon tanpa nama ke nomormu. Hal ini memberikan kamu kesempatan tidak meladeni nomor spam yang seharusnya diblokir langsung.
Baca Juga  Cara Bayar Shopee Paylater - Belanja Nyaman Bayar Fleksibel!

Untuk poin nomor dua, bisa jadi si pelacak adalah kurir yang ingin mengantarkan barang. Namun, sebagai bentuk antisipasi, tentu kamu harus tetap waspada akan segala kemungkinan terburuk. Gunakan app secara bijak dan apabila diperlukan saja.

  1. Kekurangan

Berbagai kelebihan tersebut tidak terlepas dari berbagai kekurangan di sisinya. Adapun kekurangan-kekurangan tersebut meliputi beberapa poin berikut yang bisa kamu simak dengan teliti.

  1. ID penelepon ternyata tidak selalu kompatibel di segala area.
  2. Untuk bisa menggunakan aplikasi pelacak Truecaller, wajib menggunakan koneksi internet. Jika tidak ada internet maka app tidak dapat melacak identitas penelpon.
  3. Jaminan keamanan informasi masih dipertanyakan.
  4. Terbilang melanggar privasi, sekalipun kamu memberikan izin akses ke kontak. Karena belum tentu kontak yang diakses menginginkan identitasnya dipublikasikan.

Baca Juga : 5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

Kamu bisa mempertimbangkan antara kelebihan berikut kekurangan, mana paling dominan dan paling urgent untuk dilakukan. Jika sekiranya tidak perlu diunduh maka sebaiknya jangan. Namun, barangkali untuk beberapa kepentingan, Truecaller memang membantu.

Catatan penting, kamu bisa membatalkan pemberian data atau informasi pribadi dari app ini. Caranya, klik pilihan Unlisting kemudian nomor dan informasi pribadi kamu akan otomatis terhapus. Jika dirasa mengganggu, kamu bisa lakukan unlisting saja.

Inilah 4 Daftar Aplikasi Lainnya

Mengunduh aplikasi pelacak Truecaller dalam beberapa situasi bisa membantu kamu secara pribadi atau untuk urusan pekerjaan. Ternyata selain app satu ini, terdapat pula beberapa app sejenis lain yang bisa diunduh gratisan juga. App tersebut di antaranya:

  1. Number – Block Calls & Spam

Sesuai dengan namanya, app ini bisa digunakan untuk blokir panggilan telpon dan spam SMS ketika dibutuhkan. Kamu juga bisa memblokir kode negara tertentu dan berbagai panggilan yang dianggap sebagai spam agar tidak bisa menelpon nomor kamu lagi.

  1. Getcontact
Baca Juga  Tinder Aplikasi Pencari Jodoh dengan Fitur Lengkap

App Getcontact di Indonesia juga cukup terkenal karena iklannya kerap hilir mudik di berbagai media online. Selain bisa memberikan kamu data penelpon, app mirip aplikasi pelacak Truecaller ini juga bisa menghadirkan data kontak kamu di handphone orang.

Kamu juga bisa mengakses informasi nama-nama kontak di handphonemu pada handphone orang lain. Contoh, kamu menyimpan kontak bernama Mira. Ternyata pada handphone orang lain, kontak bernama Mira menjadi Mira IPS4, dan contoh lainnya.

  1. Hiya

Hiya sebelumnya bernama Whitepages Caller ID. Namanya boleh berbeda, namun fungsinya tetap sama, yakni memberikan data penelpon dan pengirim SMS. Data yang diberikan tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan penghapusan nomor atau blokir langsung.

Yang menarik adalah Hiya akan memberikan data dari nomor privat yang digunakan untuk melakukan panggilan ke nomormu. Dengan mengunduh Hiya, aksi orang untuk menyembunyikan identitas nomornya tidak akan mempan karena akan terbongkar juga.

  1. Whoscall

Sesuai namanya, Whoscall memberitahukan informasi terkait siapa yang menelpon nomor kamu. Uniknya adalah kamu bisa membuat kategori nomor setiap kali ada panggilan spam masuk. Untuk fungsi, tidak jauh beda dengan aplikasi pelacak Truecaller dan tiga lainnya.

Zaman dan teknologi sudah semakin canggih, namun kamu harus cerdas menjaga privasi. Karena dengan semakin berkembangnya internet, mudah saja melakukan akses hingga ke data pribadi. Ada beberapa hal layak dibagikan, ada beberapa yang sebaiknya privasi.

Batasan antara konsumsi publik dan privasi dikembalikan ke persepsi tiap orang. Kamu bisa menggunakan aplikasi pelacak Truecaller apabila merasa butuh atau mengabaikan untuk mengunduhnya jika dirasa mengganggu privasi.

[button color=”red” size=”medium” link=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.truecaller” icon=”” target=”false”]DOWNLOAD[/button]

 

 

Leave a Comment