Fitur-Fitur Aplikasi Google Drive Mempermudah Setiap Pekerjaan

Saungfrimware.id Fitur-Fitur Aplikasi Google Drive Mempermudah Setiap Pekerjaan, Kamu pasti sering mendengar aplikasi Google Drive, apalagi jika bekerja dalam bidang yang kerap memanfaatkan app ini. Berkirim file menjadi lebih mudah dan praktis dengan satu app saja. App ini biasanya akrab digunakan oleh para desainer dalam mengirim file.

Beberapa pelamar kerja juga akan memilih melampirkan link ke akun GD mereka untuk memberikan contoh portofolio. Karena biasanya beberapa karya, seperti animasi, desain, dan sebagainya tidak bisa sekaligus dikirim melalui satu media saja.

Baca Juga : Ketahui Identitas dengan Aplikasi Pelacak Truecaller di Play Store

Sedikit Mengenal Fitur Aplikasi Google Drive

Google mengeluarkan Google Drive untuk melakukan beberapa fungsi utama. Berbagai fungsi tersebut meliputi menyimpan file, back up file, atau mengedit file pengguna lain. Untuk bisa mengedit file pengguna lain, harus ada izin akses dari pemilik filenya.

Aplikasi Google Drive adalah jenis penyimpanan awan, di mana kamu diberikan kebebasan lebih luas untuk menyimpan file dibandingkan hard drive. Ajaibnya, app ini bisa kamu manfaatkan versi gratisannya dan itu sudah sangat maksimal dukungannya untuk beberapa keperluan.

Tetapi, tentu saja ada versi premium berbayar yang memberikan keleluasaan lebih bagi pengguna untuk mengakses GD secara lebih luas. Perbedaan antara penyimpanan gratis dan berbayar salah satunya terletak pada maksimal kapasitas memori yang ditawarkan.

Untuk jenis aplikasi Google Drive gratisan, kamu diberikan maksimal batas penyimpanan sampai 15 GB saja. Namun, jika kamu membayar sejumlah uang maka batas maksimal penyimpanan bisa mencapai 100 GB, 200 GB, bahkan memungkinkan juga sampai 2 TB.

Besaran memori yang ditawarkan akan semakin maksimal dengan harga lebih mahal. Kamu bisa memilih layanan sesuai kebutuhan. Sebagai informasi, untuk pertama kali app ini muncul ke publik tahun 2012, tepatnya tanggal 24 April.

Karena merupakan layanan dari Google maka app ini juga memiliki akses otomatis yang akan disinkronisasikan ke beberapa akun. Sebut saja sinkronisasi ke Gmail, Google Photos, Hangouts, dan juga lainnya.

Baca Juga  Mudah! Cara Pembayaran Paspor Via ATM BCA

Baca Juga : Identifikasi Musik dengan Aplikasi Shazam di Android, Pasti Akurat

Inilah Fungsi Utama Google Drive Setiap Pekerjaan

Untuk memberikan informasi lebih rinci, kami akan merangkum apa saja fungsi aplikasi Google Drive yang saat ini bisa kamu gunakan. Berbagai fungsi tersebut akan kami sebutkan dan bahas singkat dalam poin-poin berikut:

  1. Edit File

Fungsi pertama yang diberikan app ini adalah mempersilakan para pengguna dengan akses resmi melakukan proses editing. Pekerjaan seorang editor menjadi lebih mudah karena bisa langsung revisi dan mendapatkan acc dari atasan tanpa bertemu langsung di satu lokasi.

  1. Backup File

Beberapa file mungkin penting, tetapi tidak lagi memadai jika disimpan pada hard drive maupun perangkat. Solusinya, tidak mungkin kamu membeli perangkat atau hard drive baru. Paling membantu adalah membackup file ke aplikasi Google Drive gratis atau berbayar.

  1. Membuat Catatan di Google Keep

Fitur ini juga penting untuk profesi editor karena bisa melakukan koordinasi dengan penulis melalui catatan pada Google Keep. Beberapa kesalahan dapat ditandai langsung sehingga penulis bisa mengerti di mana letak perbaikannya. Profesi lain, contohnya akuntan, dsb.

  1. Menyimpan Link

Menyimpan link pada GD memberikan kemudahan akses untuk siapa saja membuktikan bahwa informasi yang dimasukkan akurat. Kamu bisa klik link langsung dan membaca informasi lengkapnya dari sumber terpercaya. Simpan link di GD bisa memperkuat tesis.

  1. Backup Chat WhatsApp

Seringkali kita berkomunikasi via pesan singkat dari jejaring sosial WhatsApp. Tanpa sadar sudah menumpuk memori dan membuat perangkat berat. Jika dirasa penting, riwayat pesan tersebut bisa kamu backup ke aplikasi Google Drive secara berkala.

  1. Berbagi File

Terakhir, fungsi penting dari app ini adalah sebagai sarana berbagi file dengan sesama pengguna. Setelah file dibagikan, ada dua pilihan akses. Pertama, penerima hanya bisa melihat saja. Kedua, penerima diperkenankan melihat sekaligus mengedit file.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Kredit Laptop di Shopee Terbaru

Berbagai fungsi tersebut membantu banyak pengguna dengan berbagai jenis profesi di Indonesia maupun luar negeri. Adanya GD memungkinkan berbagai jenis pekerjaan jarak jauh terselesaikan secara baik sehingga tidak perlu saling bertemu langsung.

Baca Juga : Nonton Video Pakai Aplikasi Disney+ Hotstar, Dijamin Update

Fitur-Fitur Kelebihan Aplikasi Google Drive

Andalan dari Google ini tentunya sudah digunakan banyak orang dengan berbagai tujuan. Tidak heran jika melihat keunggulan yang diberikan memang banyak menguntungkan. Keunggulan tersebut di antaranya meliputi hal-hal berikut.

  1. Mudah Diakses dari Berbagai Perangkat

Selama terkoneksi dengan internet, berbagai file di GD bisa diakses dari jenis perangkat apa saja. Jika menggunakan handphone maka kamu bisa mengunduh app terlebih dahulu. Jika menggunakan PC maka kamu bisa mengunjungi situs resmi Google Drive.

  1. Bisa Diakses di Mana Saja

Akses bisa dari mana saja dan kapan saja, memudahkan koordinasi satu sama lain. Sekalipun kamu sedang berada dalam kendaraan umum maupun pribadi, akses bisa mudah dilakukan. Kemudahan akses sama dengan keefektifan bekerja sehingga hasilnya bisa lebih optimal.

  1. Mudah Mencari File

Proses pencarian file menjadi lebih mudah ketika kamu menyimpannya di aplikasi Google Drive. Jika file tertumpuk dan kamu lupa nama lengkapnya, kamu bisa mengetik beberapa kata kunci di kolom pencarian.

Berbagai kelebihan di atas dapat menjadi alasan kenapa pengguna komputer saat ini beralih ke komputasi awan. Selain gratis, tentu juga memberikan keunggulan dari segi kapasitas memori lebih luas dibandingkan dengan penyimpanan pada hard drive dan perangkat.

Baca Juga : Cara Daftar Internet Banking Bri Lewat hp Android

Kekurangan Penggunaan Aplikasi Google Drive

Bukan teknologi namanya jika kelebihan tidak diiringi dengan kekurangan. Begitu juga dengan app satu ini. Setelah membahas tuntas kelebihannya, kami juga akan memberitahukan kekurangan dalam app, di antaranya:

  1. Harus Terkoneksi Internet

Kekurangan pertama adalah untuk berbagi file, pengguna harus terkoneksi internet 24 jam atau saat dibutuhkan. Kebutuhan akan internet sebenarnya sudah seperti basic untuk manusia zaman sekarang. Namun, saat mati listrik tentu ini menjadi kendala berarti.

  1. Versi Gratisan Bisa Penuh
Baca Juga  Daftar Aplikasi Penghasil Uang yang Dijamin Menghasilkan

Kamu bisa menikmati aplikasi Google Drive versi gratisan dengan maksimal penyimpanan memori sebanyak 15 GB. Jika kapasitas penyimpanan sudah melebihi batas maka kemungkinan besar kamu tidak bisa melakukan simpan file lagi.

  1. Berbayar

Solusi sekaligus salah satu kekurangan lainnya dari kaitannya dengan nomor dua adalah membayar layanan tertentu agar bisa dapat memori lebih besar. Ini artinya, kamu harus mempersiapkan dana untuk bisa menggunakan app.

Kekurangan lainnya lagi adalah beberapa file mungkin rentan terkena malware atau virus. Ini sebabnya kamu harus lebih berhati-hati ketika sudah berurusan dengan internet. Karena akses orang lain luas sekali sehingga kemungkinan serangan dari mana saja.

Baca Juga : 3 Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus di Android

Google Drive dan Kebutuhan Zaman

Banyak membantu dalam berbagai aspek, aplikasi Google Drive bisa dinikmati dari PC maupun smartphone dalam genggaman. Ketika sebelumnya kamu mengakses file dari PC di kantor, kamu bisa mengakses kembali cukup melalui smartphone.

Misal ada laporan yang harus diberikan ke atasan, lalu kamu lupa ada yang harus direvisi, maka pekerjaan tersebut bisa diselesaikan sesegera mungkin. Banyak sekali kemudahan diberikan teknologi saat ini.

Kamu bisa menikmatinya satu per satu asalkan terkoneksi dengan internet. Secara tidak langsung, kebutuhan internet menjadi prioritas utama yang menjadi kunci ke akses berbagai layanan, salah satunya penggunaan aplikasi Google Drive untuk simpan file.

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment